Cara Mengidentifikasi Mobil Bekas Yang Pernah Terkena Banjir
Cara Mengidentifikasi Mobil Bekas Yang Pernah Terkena Banjir

Waspada Ketika Membeli Mobil Bekas Banjir, Lakukan Inspeksi di Garasi.id

19 Des 2023 | 23:59 WIB

Membeli mobil adalah impian banyak orang, terutama bagi Sahabat yang saat ini memiliki anggaran terbatas. Membeli mobil bekas adalah pilihan yang masuk akal.


Namun, ada hal penting yang perlu Sahabat waspadai saat mencari mobil bekas, yaitu mobil tersebut pernah terendam banjir. Meskipun mobil bekas tersebut mungkin sudah dicuci dengan bersih, mobil yang pernah terendam banjir seringkali tidak dapat dibersihkan sepenuhnya. Karena sering ditemui bekas lumpur atau jejak jamur masih dapat ditemukan di bagian interior dan eksterior mobil.


Jadi jangan sampai pengalaman kamu membeli mobil bekas menjadi penyesalan setelah membelinya. Bagaimana Sahabat, apakah kamu bisa mengetahui mobil bekas mana yang sudah pernah mengalami banjir atau tidak? Begini ciri-cirinya.


Hati-Hati Sebelum Membeli Mobil Bekas

Hati-Hati Sebelum Membeli Mobil Bekas


  • Bau Tidak Sedap

Salah satu ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir dan paling sulit dihilangkan adalah aroma atau bau tidak sedap pada bagian kabin. Jika Sahabat mencium bau tidak enak seperti bau apek ataupun bau menyengat dari penggunaan zat penghilang bau kabin yang berlebihan, pewangi kabin, atau bau kopi, bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.


  • Cek Interior Mobil

Ciri selanjutnya yang bisa Sahabat lakukan adalah mengecek komponen-komponen interior mobil, termasuk sektor bagasi mobil hingga ke balik karpetnya dimana sebagian mobil menyimpan ban cadangan di dalamnya. Karena daerah tersebut merupakan bagian yang paling jarang dibersihkan. 


Selain itu, kondisi kain pembungkus jok dan karpet juga bisa diperiksa. Apabila sudah diganti, Sahabat bisa tanyakan secara detail alasannya pada pemilik mobil sebelumnya. Di sisi lain, bagian karet pintu yang menempel pada bodi mobil bisa kamu cek juga dengan melepasnya dan mencari tahu apakah terdapat bekas lumpur atau tidak. Jika menemukan terdapat pasir, tanah, ataupun noda air, maka itu termasuk ciri-ciri mobil bekas banjir.


Jangan Sepelekan Bau Tidak Sedap Pada Interior Mobil

Jangan Sepelekan Bau Tidak Sedap Pada Interior Mobil


  • Cek Perangkat Elektronik

Untuk memeriksa fungsi perangkat elektronik yang terdapat pada mobil, Sahabat bisa melakukan test drive sambil memeriksa perangkat-perangkat elektronik seperti radio tape, power window, lampu kabin, lampu sein, sekring, dan wiper.


Sangat disarankan ya Sahabat setelah diperiksa, ulangi pemeriksaan agar mobil bisa dipastikan dapat berjalan dengan baik. Mobil bekas banjir juga biasanya sulit dihidupkan. Ini menjadi salah satu ciri mobil bekas pernah terendam banjir dan perlu diwaspadai.


  • Baut dan Bumper Berkarat

Ciri lainnya bisa dilihat pada baut dan bumper yang terletak di rem tangan. Jika sudah basah atau berkarat, ini menjadi bukti bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir. Periksa dengan teliti hingga detail karat terkecil yang ada pada bagian tersebut.


Perhatikan Dengan Seksama Kondisi Mobil Bekas

Perhatikan Dengan Seksama Kondisi Mobil Bekas


  • Endapan Kotoran di Mesin

Sahabat juga bisa mengetahui ciri-ciri mobil bekas banjir dengan mengecek dari mesinnya, maka disarankan kamu memanggil mekanik terpercaya untuk memeriksa mesin mobil tersebut. Sudah pasti mekanik dapat memberikan informasi lengkap dengan mengenali beberapa tempat bekas endapan kotoran atau lumpur bekas banjir.


  • Cek Asal Muasal Mobil

Hal penting yang harus Sahabat lakukan adalah mengecek asal lokasi mobil bekas sebelum membelinya. Kamu bisa dapatkan informasi dari STNK dengan melihat alamat pemilik sebelumnya, apakah mobil tersebut dikendarai di daerah yang rawan banjir atau tidak. Sebenarnya, tidak semua mobil di daerah rawan banjir pasti terendam, tetapi ini bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli mobil bekas.


Dalam mengejar impian memiliki mobil pribadi, khususnya bagi Sahabat yang memiliki anggaran terbatas, membeli mobil bekas adalah alternatif yang bijaksana. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan memahami ciri-ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir. Meskipun penampilan luar mobil terlihat baik tapi kamu masih bisa tertipu, bekas banjir dapat menyisakan masalah serius yang muncul di kemudian hari.


Waspada Ketika Membeli Mobil Bekas Banjir, Lakukan Inspeksi di Garasi.id


Untungnya, ada cara mudah bagi siapapun, termasuk Sahabat yang bukan ahli otomotif, untuk mengidentifikasi mobil bekas yang pernah terkena banjir. Kamu bisa percayakan pemeriksaan menyeluruh melalui Layanan Inspeksi Mobil bekas yang berkualitas dari Garasi.id. Sahabat bisa mengetahui Tata Cara Inspeksi dan temukan solusi aman dalam mencari mobil bekas banjir dengan melakukan pengecekan mobil yang dilakukan oleh montir handal dari Partner bengkel terpercaya yang meliputi 170 titik pengecekan untuk segala tipe mobil.


Dengan memahami ciri-ciri mobil bekas yang sudah pernah mengalami banjir, Sahabat dapat melindungi diri dari pembelian mobil bekas yang berpotensi bermasalah. Sebelum menandatangani kesepakatan pembelian, selalu lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan mobil bekas yang Sahabat pilih bebas dari jejak banjir yang merugikan.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 20 Des 2023 | 00:28 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikotomotifmobilbanjirmobilbekasmesinmobilakimobilbanmobilbodimobilinspeksimobiljasaservisservismobil
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family