Ganti Kampas Rem Secara Rutin Untuk Menjaga Keandalannya
Ganti Kampas Rem Secara Rutin Untuk Menjaga Keandalannya

Waspada! Komponen Ini Mesti Dirawat Agar Tak Berakibat Fatal

09 Apr 2022 | 16:06 WIB

Setiap komponen mobil memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing ya, Sahabat Garasi. Kerusakan di setiap komponen bisa mnegakibatkan kecelakaan fatal untuk para pengendara, salah satunya rem.

Masalah pada rem mobil jangan dianggap sepele. Sebab, banyak kecelakaan diakibatkan oleh rem, bahkan sampai menelan korban jiwa. Faktornya beragam, mulai tidak melakukan perawatan rutin, hingga kesalahan dari pengemudinya itu sendiri.


 Kenali Jenis Dan Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Harus Diganti

Kenali Jenis Dan Ciri-ciri Kampas Rem Mobil


Ada beberapa pertanda atau gejala yang bisa dirasakan oleh para pengemudi jika terjadi kerusakan pada sistem pengereman. Salah satunya adalah pedal rem terasa bergetar saat diinjak. Ini faktor utama masalah pada rem mobil:

1.    Udara Masuk Ke Sistem Rem

Penyebab pertama adalah sistem hidrolis rem kemasukan udara dari luar. Ketika minyak rem terbilang kurang, udara bisa akan mudah masuk ke dalam sistem hidrolis rem mobil. Jika hal ini terjadi maka kaliper rem tidak mendapatkan tekanan hidrolis. Cara mengatasinya adalah dengan mengocok pedal rem mobil sampai terasa berat saat diinjak dan tambahkan minyak rem.

2.    Master Rem Rusak

Komponen master rem diketahui memiliki peran penting, yakni mengubah dorongan dari pedal yang diinjak menjadi tekanan hidrolik. Kerusakan master rem mobil nyatanya bisa memengaruhi jumlah tekanan hidrolik yang dihasilkan.

Tak hanya itu, masalah lain yang bisa muncul adalah kebocoran pada minyak rem dan tekanan yang seharusnya dihasilkan pun tidak optimal. Salah satu tips agar kamu bisa mengedepankan keselamatan berkendara adalah memperbaiki seal agar sambungan antara piston dan silinder tidak bercelah.

3.    Minyak Rem Bocor

Penyebab lain adalah mobil kehabisan minyak rem, yang kemungkinan besar terjadi karena kebocoran. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan melihat adanya rembesan pada bagian bak minyak rem di bagian mesin. Solusi dari masalah ini adalah memperbaiki kebocoran dan lakukan pengisian ulang minyak rem.

4.    Kanvas Rem Aus

Kanvas rem diketahui memiliki tugas untuk menghentikan putaran roda. Namun jika komponen ini aus, maka rem mobil bisa sedikit terasa ngempos. Salah satu ciri kanvas rem mobil aus adalah munculnya suara berdecit dan pedal rem bergetar saat diinjak. Maka dari itu, pemilik kendaraan diminta untuk rutin melakukan pengecekan kanvas rem mobil dan jika kondisinya sudah tipis langsung segera diganti.

5.    Vapor Lock

Vapor lock adalah sebuah kondisi suhu rem mobil panas sehingga membuat minyak rem mendidih dan menimbulkan uap air. Salah satu penyebabnya adalah pengendara terlalu lama menginjak pedal rem. Masalah vapor lock sendiri diketahui bisa memunculkan gelembung udara pada sistem pengereman sehingga rem blong. Tips keselamatan berkendara untuk mengatasi kondisi ini adalah melakukan bleeding pada sistem pengereman kendaraan.

 

Perawatan Rem Mobil

Perawatan rem mobil harus dilakukan secara berkala. Sebab, rem merupakan bagian penting dari suatu mobil. Fungsi rem adalah untuk memperlambat laju kendaraan saat dibutuhkan agar tidak terjadi kecelakaan.

Masih banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi sistem pengereman pada mobilnya. Pads sistem rem terdapat beberapa komponen pendukungnya, di antaranya seperti piringan cakram, kanvas rem, selang minyak rem serta master rem dan piston rem.

Berbagai komponen pendukung pada sistem rem tersebut tentunya harus mendapatkan perawatan agar fungsinya bisa optimal dan terhindar dari masalah atau kerusakan. Sebab jika sudah terjadi masalah tentunya bisa membahayakan pemilik mobil dan kendaraan di sekitarnya.

Gunakan Kampas Rem Mobil Terbaik

Gunakan Kampas Rem Mobil Terbaik


Nah, bagaimana cara perawatan rem mobil? Ini bahasan lengkapnya:

·         Rutin Ganti Minyak Rem

Salah satu perawatan rem mobil adalah dengan cara rutin mengganti minyak rem secara berkala. Minyak rem mempunyai tugas untuk melumasi komponen cakram dan kanvas. Keduanya bakal bergesekan untuk menghentikan laju mobil. Nah, sedangkan fungsi minyak rem adalah untuk meredakan panas akibat gesekan di antara cakram dengan kanvas rem.

Selain mengganti minyak rem secara berkala, pemilihan minyak rem juga tak kalah pentingnya. Gunakan minyak rem yang sesuai dengan standar pabrikan, tentunya dengan spesifikasi yang sesuai dengan karakteristik mobilnya.

·         Bersihkan Bagian Cakram

Perawatan rem mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian cakram dan kanvas rem mobil. Agak sulit memang, karena perlu buka roda.

Kemudian, bersihkan piringan cakram dengan cairan khusus (disc cleaner), semprotkan ke bagian cakram secara merata. Diamkan selama beberapa detik. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan dengan kain lap secara merata.

Jika kamu kesulitan, bisa lakukan ini di bengkel mobil dengan bantuan mekanik. Lakukan pembersihan rem cakram bersamaan dengan waktu ganti oli atau servis mesin mobil.

·         Cek Kelayakan Kanvas Rem

Kanvas rem merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah sistem pengereman. Bentuknya seperti bantalan yang menempel pada lempengan besi. Fungsi dari bantalan tersebut adalah untuk meredam putaran cakram untuk memperlambat kecepatan sebuah mobil.

Jika kanvas rem sudah menipis atau bahkan habis maka akan terjadi gesekan antara cakram dengan lempengan besi dari kampas rem. Hal tersebut mengakibatkan piringan cakram akan rusak dan rem bisa blong.

Kalau kamu tidak bisa melakukan pengecekan kanvas rem sendiri, bisa minta bantuan mekanik di bengkel. Usahakan periksa ketebalan kanvas rem setiap servis mobil.

·         Cek Kondisi Kaliper Rem Mobil

Meski jarang mengalami kerusakan, pengecekan kaliper rem mobil merupakan salah satu cara perawatan rem mobil. Jika kaliper rem mobil mengalami masalah umumnya rem akan terasa tersendat-sendat saat digunakan. Hal tersebut karena kaliper rem mengalami pergeseran.

Jika kaliper rem sudah mengalami pergeseran yang tidak terlalu parah biasanya bisa diperbaiki dengan melakukan servis pada bagian sistem pengereman di bengkel. Hal ini juga agak sulit dilakukan oleh orang awam. Maka dari itu bisa minta bantuan pihak mekanik di bengkel saat ganti oli mesin.

·         Hindari Pengereman Kasar

Salah satu perawatan rem mobil yang bisa dilakukan sendiri oleh pemiliknya adalah melakukan pengereman secara halus. Pasalnya, kegiatan ini tidak membutuhkan alat-alat. Cukup dengan mengubah cara berkendara.

Lakukan pengeremen secara pelan-pelan, jika pengereman dilakukan secara kasar akibatnya kanvas rem dan cakram akan mudah terkikis. Meskipun melakukan pengereman secara halus juga akan mengikis kanvas rem, namun setidaknya kikisan tersebut tidak sebanyak seperti pengereman secara kasar. Karenanya saat di jalan raya baiknya jaga jarak dengan mobil di depannya agar bisa melakukan pengereman secara halus.

 Waspada! Komponen Ini Mesti Dirawat Agar Tak Berakibat Fatal


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil yang terdampak banjir, Kamu bisa mengecek www.Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Roadtrip Harmoni dengan diskon jasa servis hingga 50%. Promo ini berlaku mulai 1 April 2022 hingga 16 Mei 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 09 Apr 2022 | 16:07 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifremmobiljasaservis
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family