Mobil Bekas
Mobil Bekas Banjir

Waspada Mobil Murah Bekas Banjir, Berikut Tanda-Tandanya

03 Mar 2019 | 17:02 WIB
Pengaruh banjir terhadap kerusakan mobil sangat besar sehingga harga mobil tersebut akan turun tajam. Banyak orang enggan beli mobil seperti ini karena biaya perbaikan yang dibutuhkan terlalu besar. Namun, perlu diingat Sahabat Garasi, tidak semua mobil bekas banjir dijual murah. Untuk menghindari kecurigaan calon pembeli, penjual mobil bisa saja memasang harga mobil murah bekas banjir sesuai pasaran. Mereka tidak memberi tahu calon pembeli kondisi mobil sebenarnya.

Kalau tak teliti, salah-salah Sahabat Garasi akan mendapat mobil bekas banjir dengan harga biasa. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan pengecekan mendetail tentang kondisi mobil. Bahkan ketika Sahabat beli mobil secara online, adalah penting untuk melihat kondisi fisiknya dahulu sebelum menandatangani perjanjian jual beli. Berikut tanda-tanda mobil yang pernah terkena banjir yang harus Sahabat Garasi teliti.

Waspada Mobil Murah Bekas Banjir, Berikut Tanda-Tandanya

Baca juga: Punya Budget Terbatas? Temukan Mobil Murah Seken Di Garasi.id

1. Bagian Bawah Mobil

Mobil yang terkena banjir biasanya berkarat di banyak bagian, khususnya pada bagian bawah mobil yang memang berbahan logam dan tidak memiliki lapisan pelindung. Pastikan Sahabat Garasi melihat ke kolong mobil dan mengecek apakah ada banyak karat di bagian bawah mobil, terutama di bagian rem tromol. Normalnya mobil yang terawat tidak akan banyak karatan, mobil tua yang berusia puluhan tahun pun demikian. Jadi, kalau Sahabat Garasi mendapati ada banyak karat, ada kemungkinan besar mobil tersebut lama terendam air.

2. Interior Mobil 

Tanda berikutnya mobil murah bekas terkena banjir adalah adanya aroma tak sedap begitu Sahabat Garasi melihat ke bagian dalam mobil. Penjual bisa saja sudah mengakali dengan membersihkan mobil dan menggunakan pengharum. Jadi, Sahabat Garasi harus mengecek bagian lain seperti jok dan khususnya karpet dasar.

Kotoran yang dibawa dalam air banjir biasanya mengendap di dalam kabin mobil. Jok yang terendam air susah kembali ke kondisi semula, begitu juga karpet dasar. Cari tahu apakah joknya kotor atau malah baru diganti total. Kalau baru saja diganti, tanyakan pada penjual apa sebabnya. Selain itu, intip sedikit di bagian bawah karpet dasar. Kalau pernah terkena banjir, kemungkinan ada kotoran yang mengendap di sela-sela atau bawah karpet.

3. Fitur Elektronik

Fitur elektronik adalah salah satu bagian yang paling cepat rusak begitu terkena banjir. Periksa semua fitur dan kabel-kabelnya, apakah semuanya masih bekerja dengan baik. Tak jarang, mobil murah bekas banjir dibekali dengan perangkat elektronik baru. Meskipun bagian elektroniknya cukup baik, jangan langsung merasa aman membeli mobil tersebut karena kerusakan akibat banjir terjadi pada bagian mobil lainnya.

4. Kaca Dan Lampu

Banjir memang tidak merusak kaca dan lampu dengan mudah, terutama kalau banjirnya tidak memiliki arus deras. Setelah banjir kering, kaca dan lampu dapat dibersihkan dan tampak seperti sedia kala. Namun, perhatikan apakah pada kaca-kaca dan bagian dalam lampu berembun. Kalau ada embun di sana, ada kemungkinan besar mobil tersebut baru terendam banjir.

5. Sela-Sela Karet

Tanda mobil pernah terendam banjir berikutnya dapat dilihat pada karet di dalam mobil, misalnya di pintu atau bagasi. Pada mobil bekas banjir, karet tersebut biasanya kotor, terutama pada bagian dalam. Sahabat Garasi dapat melihatnya dengan jelas kalau karetnya dilepas.

6. Rekam Jejak Servis

Selain tanda-tanda fisik, coba cari tahu bagaimana rekam jejak servis mobil yang akan Sahabat Garasi beli. Rekam jejak servis ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu masalah yang pernah dialami mobil. Kalau kondisi mobil tidak sesuai dengan apa yang tertulis dalam servis terakhir, cari tahu penyebabnya dengan bertanya pada penjual.

7. STNK

Kalau beli mobil bekas, pertimbangkan pula alamat pemilik mobil yang biasanya tercantum dalam STNK. Hal ini untuk mencari tahu apakah mobil tersebut biasa berada di daerah rawan banjir atau bukan. Meskipun bukan pertanda mutlak, mobil yang berasal dari area rawan banjir memiliki kemungkinan lebih besar akan terendam air.

Itulah tanda-tanda mobil murah bekas banjir yang harus Sahabat Garasi cari tahu saat mengecek mobil yang akan dibeli. Kalau tidak terlalu paham kondisi mobil, ajak orang lain yang benar-benar mengerti otomotif untuk membantu menentukan penilaian ya, Sahabat Garasi.
Foto : Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 06:41 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinebanjir