Diskon Soalr Gard
Diskon Soalr Gard

Wow! Cegah Virus Korona, Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

17 Mar 2020 | 12:43 WIB

Penggunaan kaca film sebagai aksesoris mobil seakan sudah menjadi barang wajib yang harus ada sebagai pelengkap sebuah mobil. Sahabat tentu tidak terbayang ketika sebuah mobil tak dipasang kaca film mobil sama sekali, pasti akan sangat panas. Memasang kaca film pada mobil memang sudah jadi kebutuhan umum. Akan tetapi, ada banyak pilihan merek dan jenis kaca film di pasaran. Tentu hal ini akan menyulitkan Sahabat ketika memilih kaca film yang tepat untuk mobil.

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Setelah Sahabat Garasi memilih dan menentukan mobil bekas impian apa sebagai kendaraan kesayangan. Tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian kaca film mobil, karena dengan mengganti kaca film bisa membuat tampilan mobil makin kece.

Pemasangan kaca film mobil ternyata tidak boleh sembarangan lho,Sahabat harus mengetahui jenis dan fungsinya. Ada banyak pilihan merek dan jenis kaca film di pasaran. Bukan hal yang sulit untuk mengetahui apa saja jenis kaca film dan fungsinya.

Tiga fungsi utama pemasangan kaca film mobil

Dalam pemasangan kaca film mobil, ada 3 aspek yang harus dinilai. Mulai dari keamanan, fungsi dan estetikanya. Nah, biar Sahabat tidak bingung, berikut beberapa jenis kaca film yang sesuai dengan kegunaannya agar tidak salah.

Kaca film pengaman (Safety/Security Film).

Kaca film mobil ini, umumnya digunakan sebagai pengaman yang menjamin privasi. Kaca film jenis ini memiliki tingkat kegelapan hingga 90%. Tapi, meskipun disinyalir memberikan keamanan dan kenyamanan yang tinggi, kaca film 90% ini perlu izin ke pihak yang berwajib. Biasanya mobil yang menggunakan kaca film 90% ini merupakan kendaraan instansi, pejabat atau perusahaan tertentu yang sudah memiliki izin khusus.

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Peraturan mengenai tingkat kegelapan ini dimaksudkan dengan agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh kendaraan pribadi. Pasalnya, dengan kaca film ini orang di luar mobil akan sulit melihat ke dalam sehingga tidak mengetahui apa yang ada di dalamnya. Untuk segi keamanan, kaca film security bisa juga membantu menahan pecahan kaca berhamburan ketika terjadi benturan. Khusus untuk kaca depan, sebaiknya pilih intensitas kegelapan yang tidak lebih dari 40%. Hal ini dikarenakan visibilitas pengemudi masih bisa terjaga di kondisi gelap atau malam hari.

Kaca film mobil artistik (Decorative Film).

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Sesuai dengan namanya, kaca film mobil ini difungsikan untuk mendekorasi kaca. Biasanya, kaca film jenis ini memiliki motif atau corak sehingga mempercantik penampilan. Dengan kaca film ini mobil akan tampak kece dan unik. Penggunaan kaca film jenis ini akan menjadi lebih menarik jika sesuai dengan warna mobil Sahabat. Tapi, pemasangan kaca film ini tidak bisa sembarangan. Selain perkara pemasangannya, rekomendasi motif dan peletakannya lebih baik dibantu oleh tangan ahli. Salah-salah malah mobil Sahabat jadi keliatan norak.

Kaca film penolak panas  (Solar Control Film).

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Kaca film penolak panas atau solar control film adalah jenis kaca film mobil yang sering digunakan pada umumnya. Teknologi yang digunakan dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet (UV) sehingga suhu dalam kabin tetap sejuk.

Istilah pada kaca film mobil

Istilah tingkat/Intensitas kegelapan biasanya disebut Darkness dalam dunia kaca film mobil. Istilah ini digunakan untuk mengukur tingkat kegelapan kaca film. Biasanya, ukuran ini dituliskan dalam besaran persentase. Semakin tinggi persentase kegelapan kaca film, maka semakin sedikit cahaya yang akan masuk menembus kaca film.

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari juga mengandung sinar ultraviolet yang bisa mengganggu kesehatan jika terpapar dalam jangka waktu yang lama. Ultraviolet Rejected (UVR) digunakan untuk menunjukkan jumlah persentase sinar UV yang mampu ditolak kaca film. Semakin tinggi angkanya, maka kualitas kaca film mobilnya akan semakin bagus.

  • Total Solar Energy Rejected (TSER) digunakan untuk menunjukan jumlah persentase energi matahari yang ditolak kaca film. Sama dengan UVR, semakin besar persentasenya maka akan semakin bagus juga kualitasnya.
  • Infrared Rejected (IRR) adalah besaran persentase sinar infra merah yang dapat ditolak oleh kaca film.
  • Visible Light Transmittance (VLT) satuan jumlah persentase cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Semakin kecil angkanya, maka semakin sedikit cahaya yang masuk.

Memilih kaca film mobil terbaik

Bagi Sahabat yang bingung ingin memilih kaca film mobil terbaik atau kaca film mobil yang bagus apa, Garasi.id punya #SolusiPuas nih. Di Garasi.id Sahabat bisa membeli kaca film mobil yang memiliki kriteria yang cocok di iklim tropis seperti Indonesia dari produsen ternama Solar Gard

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Solar Gard menjawab kebutuhan konsumen akan kaca film mobil premium di negara tropis seperti Indonesia yang memerlukan penolakan panas yang tinggi. Diproduksi dengan Multi Sputtering Technology dan mengandung 9 lapisan metal eksotis berbeda yang tersusun secara merata membentuk filter spectrally selective, menghasilkan penolakan panas maksimal tanpa mengganggu visibilitas pengendara dengan kejernihan sempurna.

Wow! Cegah Virus Korona,  Pasang Kaca Film Mobil Terbaik Bisa di Rumah

Jadi, sudah bisa dipastikan mobil Sahabat akan aman dari paparan sinar matahari dan tentunya membuat tampilan mobil semakin keren. Oh iya, Sahabat juga jangan takut dengan isu Covid-19( korona ) ini, karena pemasangan kaca film akan dilakukan di tempat tinggal kalian dan tentunya untuk pemasangan di bulan Maret ini Sahbat berhak mendapatkan diskon sebesar 11%, so buruan sebelum kehabisan!


Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 09:06 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilkacafilmgaransibekassecondsekenfungsigaransijeniskegunaanistilahgarasiidotomotif