Meskipun Ukurannya Kecil, Remote Mobil Memiliki Peran Penting
Meskipun Ukurannya Kecil, Remote Mobil Memiliki Peran Penting

Yakin Remote Mobil Masih Berfungsi Dengan Baik? Coba Baca Ini Dulu

21 Agt 2023 | 11:53 WIB

Kehadiran mobil terbaru di pasaran Indonesia sudah semakin canggih, dari sekian banyak fitur yang hadir salah satunya adalah remote mobil. Sebenarnya fitur ini sudah dilengkapi dan menjadi hal umum ketika Sahabat membeli mobil. Karena remote mobil berfungsi untuk mengunci mobil serta alarm keamanan.


Jelasnya, remote mobil mempermudah Sahabat untuk mengunci dan membuka pintu tanpa harus memasukkan kunci ke lubang kendaraan. Bahkan dari jarak jauh pun, pintu mobil dapat dibuka dan ditutup menggunakan remote mobil. Selain itu kamu dapat melihat beberapa tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fungsi lain dari remote mobil adalah untuk menjaga keamanan sehingga Sahabat dapat terhindar dari gangguan orang lain yang dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan mobil.


Gunakan Remote Mobil Dengan Baik

Gunakan Remote Mobil Dengan Baik


Seiring pemakaian, Sahabat pasti sering menekan atau memainkan tombol remote mobil. Nah, seberapa sering kebiasaan ini kamu lakukan? Sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan ini. Karena tombol remote yang sering ditekan dapat menyebabkan terputusnya koneksi antara mobil dan remote. Dari beberapa masalah yang sering terjadi pada remote mobil, apa saja penyebab remote mobil tidak berfungsi? Kamu bisa simak dibawah ini.


1. Baterai Remote Habis

Baterai remote mobil yang habis dapat menjadi penyebab remote mobil tidak berfungsi. Remote mobil yang Sahabat gunakan setiap hari untuk memudahkan penggunaan dan menjaga keamanan mobil menggunakan daya baterai. Seiring waktu baterai pada remote mobil juga akan habis karena sering digunakan.


Sebenarnya, kamu dapat mengetahui apakah baterai sudah habis atau belum dengan melihat cahaya di remote yang tidak menyala saat tombol ditekan. Cahaya remote yang tidak menyala bisa menjadi tanda atau indikasi untuk segera mengganti baterai. Dengan baterai baru dipasang, kamu dapat mencoba menggunakan remote mobil lagi. Jika kemudian cahaya menyala, berarti, sebelumnya, baterai sudah habis. Tentu saja,kamu tidak perlu khawatir karena ini bukan masalah besar melainkan hal yang normal terjadi.


Jangan Letakkan Kunci Remote Mobil Sembarangan

Jangan Letakkan Kunci Remote Mobil Sembarangan


2. Receiver Remote Rusak

Kerusakan atau remote mobil yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh beberapa alasan lain, seperti penerima remote yang rusak. Tidak ada produk yang dapat bertahan seumur hidup. Ini berarti remote mobil juga bisa rusak kapan saja, termasuk penerima remote. Salah satu komponen yang tertanam di dalam remote mobil adalah receiver. Jika ada kerusakan pada komponen ini, kemungkinan besar remote mobil tidak bekerja seperti seharusnya.


Lalu, apa fungsi dari receiver? Komponen ini akan menerima gelombang dari remote ketika salah satu tombol ditekan. Kemudian, akan menginterpretasikan perintah untuk mengunci mobil. Kerusakan pada komponen penerima remote harus segera diperbaiki. Semakin Sahabat menunda perbaikannya, semakin lama tidak dapat menggunakan remote kembali. Artinya, pintu mobil haru ditutup secara manual.


Yakin Remote Mobil Masih Berfungsi Dengan Baik? Coba Baca Ini Dulu

Selalu Rawat Remote Mobil


3. Frekuensi Remote Terputus

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kinerja remote mobil yang digunakan. Akibatnya, remote mobil tidak berfungsi bahkan setelah mengganti baterai. Jika ini terjadi, berarti kamu harus mencari tahu penyebab kerusakan pada remote mobil lainnya.


Perlu Sahabat ketahui, Area bergelombang elektromagnetik tinggi bisa mempengaruhi kinerja remote mobil. Oleh karena itu, masuk akal jika tidak dapat mengunci pintu meskipun tidak ada kerusakan pada remote mobil. Secara umum, daerah yang dimaksud tersebut berada di sekitar menara radio dan sejenisnya. Untungnya, gangguan ini hanya bersifat sementara.


Ketika kamu berada di daerah lain, remote akan kembali berfungsi. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, pastikan untuk menghindari daerah dengan gelombang magnetik tinggi agar frekuensi remote mobil tidak terganggu.


Remote Mobil Terawat,  Berkendara Jadi Tenang

Remote Mobil Terawat, Berkendara Jadi Tenang


4. Komponen Remote Rusak

Receiver bukanlah satu-satunya komponen pada remote mobil. Artinya, remote hanya akan berfungsi jika semua komponen berfungsi dengan baik. Dengan kata lain, jika ada kerusakan pada salah satu komponen lainnya, remote mobil tidak akan berfungsi. Untuk menjaga setiap komponen dalam kondisi baik, hindari hal-hal yang dapat merusaknya, seperti menjatuhkan remote mobil. Remote yang sering tertekan dengan kuat juga dapat merusak remote sehingga Sahabat harus memperbaikinya atau bahkan menggantinya dengan yang baru.


5. Sering Disimpan di Saku

Ini pasti sering Sahabat lakukan, yaitu menyimpan remote mobil di saku celana atau baju. Sebaiknya segera ubah kebiasaan ini. Mengapa demikian? Ketika berada di dalam saku atau tempat yang tidak sesuai, tidak mungkin remote akan sering tertekan, yang dapat menyebabkan remote mobil tidak berfungsi.


Perhatikan Kondisi Remote Mobil

Perhatikan Kondisi Remote Mobil


6. Remote Sering Terjatuh

Sering menjatuhkan remote mobil baik secara sengaja dan ataupun tidak, dapat membuat remote mobil tidak berfungsi. Apalagi bila remote mobil terjatuh dari tempat yang tinggi, lalu menghantam permukaan yang keras. Akibatnya, bisa saja sistem yang ada di dalam remote menjadi terganggu, sehingga remote mobil tidak dapat berfungsi secara maksimal.


Nah, kapan terakhir Sahabat cek remote mobil? Yakin masih berfungsi dengan baik? Sebaiknya kamu tidak mengabaikan masalah dengan remote mobil, terutama jika kamu sering menggunakan benda kecil yang bermanfaat ini. Dengan remote mobil, tidak perlu khawatir mobil tidak terkunci. Kamu dapat mengunci pintu mobil secara remote. Artinya, tidak perlu repot kembali ke tempat parkir mobil untuk menguncinya secara manual.


Yakin Remote Mobil Masih Berfungsi Dengan Baik? Coba Baca Ini Dulu


Itu dia Informasi penyebab remote mobil jika tidak berfungsi. Semoga bisa membantu atau setidaknya menambah pengetahuan Sahabat seputar fitur yang ada pada mobil kesayangan. Kamu juga bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate hanya di www.Garasi.id


Sikat promo terbaik untuk layanan jasa servis yang cocok buat mobil kesayangan Sahabat agar selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang. Hanya Garasi.id yang memberikan solusi perawatan serta kenyamanan berkendara yang optimal.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 23 Agt 2023 | 23:49 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifremotemobilbaterairemotereceiverremotefrekuensiremotekomponenremote
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family