Indoban
Indoban

Indoban

Spooring Balancing

IndoBan

Kami Indo Ban selalu berusaha memberikan service terbaik untuk setiap pelanggan yang datang dan menggunakan jasa kami. Kami menyediakan ban dengan merek berkualitas, dan jasa spooring mobil.
Spooring
Spooring
Balancing
Balancing

Tentang Indo Ban Surabaya

Indo Ban merupakan salah satu bengkel penyedia ban, balancing, dan spooring mobil yang berada di Surabaya. Lebih tepatnya di Jl. Undaan Wetan no. 58 di Surabaya. Ada banyak produk yang dijual oleh Indo Ban antara lain adalah aksesoris, ban truk, ban bekas, ban stok lama, dan velg.

Selain itu merek-merek ban yang bisa kamu dapatkan di Indo Ban juga ada berbagai macam antara lain Bridgestone, Maxxis, GT radial, Goodyear, Achilles dan Accelera.

Pentingnya Kaki-Kaki dari Mobil Kamu

Kaki- kaki suatu mobil adalah perihal terutama yang tidak boleh kalian lewatkan buat selalu diperiksa. Kaki- kaki yang tidak sehat dapat menimbulkan musibah di jalur serta sangat membahayakan pengendaranya.

Sebenarnya apa sajakah yang dimaksud dengan kaki-kaki mobil? Mari kita bahas singkat bagian bagiannya :

  • Ban Mobil : ban mobil merupakan komponen utama dalam kaki-kaki mobil. Karena semua kendaraan pasti memiliki ban. Ban berfungsi untuk menahan seluruh beban kendaraan, ban adalah penghubung antara aspal dengan kendaraan.
  • Suspensi : suspensi berfungsi sebagai peredam kejut untuk sebuah kendaraan agar kendaraan bisa menyeimbangkan getaran saat perjalanan.
  • Tie Rod : fungsinya adalah sebagai penghubung antara setir dan roda agar bisa digerakan ke kanan dan ke kiri.
  • Ball Joint : fungsinya untuk penghubung antara ban (velg) dan rangka mobil kamu.
  • Bushing : bushing merupakan suatu benda karet yang berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen besi lainnya.

Sebenarnya masih ada beberapa komponen-komponen lainnya pada kaki-kaki mobil kamu. Tapi beberapa bagian yang sudah kamu sebutkan itu bisa menjadi salah satu yang paling diperhatikan.

Biasanya di beberapa bengkel seperti di bengkel Indo Ban menyediakan yang namanya spooring dan balancing untuk mobil kamu guna melihat atau mengecek kerusakan apa saja yang ada dalam kaki-kaki mobil kamu serta menyeimbangkan mobil di jalan.

Tetapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Spooring dan juga Balancing ?

Apa Itu Spooring Mobil ?

Biasanya proses spooring itu akan dilakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya dilakukan balancing. Spooring adalah proses untuk menyelaraskan dan menyeibangkan roda-roda yang berlawanan.

Penyeimbangan untuk ban harus dilakukan untuk keempat ban, dua di depan, dan dua di belakang. Untuk proses spooring bisa kamu dapatkan langsung ke Indo Ban.

Manfaat Spooring Mobil ?

Tujuan dari spooring adalah untuk menyelaraskan antara sepasang roda depan dan roda belakang. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah mobil akan tetap stabil di kecepatan tinggi.

Spooring juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian untuk mobil lebih bagus.

Apa Itu Balancing Mobil ?

Untuk balancing di mobil itu adalah penyeimbangan untuk berat ban dengan berat velg agar putaran roda lurus (tidak goyang).

Pada saat roda (ban dengan velg) jalan di permukaan jalan, mereka akan menghubungi gaya serta torsi pada sumbu roda.

Balancing memastikan agar beban tiap velg dan ban terdistribusi dengan baik dan merata pada seluruh lingkar ban dan velg tersebut. Jika sudah demikian maka ban akan menggelinding dengan sempurna, habisnya merata dan awet sehingga berkendara pun jadi nyaman.

Salah satu bengkel yang bisa melakukan balancing mobil kamu adalah Indo Ban, bengkel tersebut memiliki alat yang canggih dan bisa memberikan kenyamanan bagi kamu.

Ini dia tanda mobil perlu di spooring

Beberapa ‘tanda-tanda’ di mobil yang menjadi ‘sinyal’ untuk Sahabat harus segera melakukan spooring pada mobil :

  • Permukaan ban sudah tidak rata, bisa di salah satu atau keduanya.
  • Jika ada aus pada salah satu ban mobil. Contohnya: ada benjolan pada ban. Ini berarti ada masalah pada sistem suspensi di ban mobil Sahabat.
  • Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.
  • Ban bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari belakang dengan mengambil jarak beberapa meter.
  • Amati ban mobil belakang, apakah bergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula?
  • Saat mengendarai mobil, jika terasa arah stir condong ke satu sisi maka ini tandanya perlu di spooring. Berarti ban tidak dalam posisi yang semestinya.
  • Jika saat menyetir, setir terasa lebih berat dan susah dikendalikan.
  • Ketika melewati jalanan yang bagus dan tanpa halangan kemudian kamu berbelok namun terasa miring dan tidak wajar.
  • Pada saat berkendara, terasa getaran yang mengganggu kestabilan mobil.

Kami juga telah merangkum semua lebih detail mengenai spooring dan balancing pada artikel berikut ini : Spooring dan Balancing Mobil, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana Cara Bekerjanya

Daftar Harga Produk Indo Ban di Garasi.id

Setelah kalian mengetahui betapa pentingnya untuk melakukan perawatan mobil terutama spooring dan balancing. Salah satu bengkel mobil yang bisa kamu percaya untuk melakukan perawatan mobil kamu adalah Indo Ban Surabaya. Indo Ban juga bekerjasama di Garasi.id, antara lain produk yang dijual adalah :

  • Paket Spooring - Indoban Paket spooring ini diperuntukan untuk berbagai model mobil, mulai dari Toyota Agya, Honda HRV sampai dengan Toyota Fortuner. Harga mulai dari : Rp300,000
  • Balancing 4 Roda - Indoban Produk ini bisa diaplikasikan ke berbagai jenis ukuran dari Ring velg mulai dari Ring 13-14, Ring 15-16, Ring 17-18, sampai dengan Ring 19-20. Harga mulai dari : Rp60,000