Interior mobil
Merawat Interior Mobil

2 Bagian Interior Mobil Ini Perlu Dirawat

03 Okt 2019 | 11:34 WIB
BAGIKAN

Bagian interior mobil merupakan salah satu hal terpenting yang wajib diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Bagi Sahabat yang sudah berkeluarga apalagi masih memiliki balita, tentunya bagian interior mobil wajib sekali untuk dibersihkan agar selalu higienis. Seperti halnya salah satu bagian terpenting di bagian interior mobil yaitu bagian dashboard yang sering digunakan untuk meletakkan berbagai kebutuhan kita. 

2 Bagian Interior Mobil Ini Perlu Dirawat

Untuk merawat dashboard mobil tidak diperlukan keahlian khusus, hanya dibutuhkan kemauan dan ketekunan dari pemilik mobil itu sendiri. Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada bagian interior mobil yaitu dashboard tidak perlu menunggu hingga kotor.

Sahabat bisa membersihkannya terlebih dahulu pada saat akan digunakan dan juga setelah digunakan. Dengan cara tersebut debu tidak akan cepat menumpuk dan juga bekas sisa-sisa makanan yang rontok tidak mengundang semut pada bagian interior mobil yang satu ini. 

Jika noda atau kotoran di bagian interior mobil yaitu dashboard sudah terlanjur sulit untuk dibersihkan, maka dibutuhkan energi ekstra untuk melakukan proses pembersihan. Jika terlalu keras dalam membersihkan justru akan merusak dashboard itu sendiri. Oleh sebab itu, simak tips berikut agar dashboard mobil Sahabat tetap bersih mengkilap.

Bersihkan Dashboard Dengan Menggunakan Kemoceng

Saat membersihkan bagian interior mobil, alat sederhana yang bisa kita dapatkan dimana saja ini ampuh untuk membersihkan debu yang membandel. Selain itu resiko timbulnya goresan-goresan halus pada dashboard sangat minim. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dengan cara menyapu debu ke arah keluar mobil. Jangan lupa untuk membuka pintu mobil agar debu yang berterbangan tidak kembali masuk ke dalam mobil. 

Gunakan Kanebo Basah

Kanebo atau lap mobil sangat efektif digunakan untuk mengangkat kotoran seperti halnya debu di permukaan bagian interior mobil Sahabat yaitu dashboard. Setelah membersihkan dengan kemoceng, debu tidak 100% terangkat jadi untuk menyelesaikan dilanjutkan dengan kanebo basah. Jangan lupa untuk mengulangi pengelapan secara berkala (cuci bilas cuci bilas) dengan kanebo yang sudah dibasahi terlebih dahulu. 

2 Bagian Interior Mobil Ini Perlu Dirawat

Gunakan Penyedot Debu/Vacuum Cleaner Kecil

Penggunaan vacuum cleaner biasanya untuk membersihkan bagian interior mobil khususnya bagian dalam. Namun karena pada dashboard terlalu banyak sudut sempit yang tidak memungkinkan untuk dibersihkan, gunakanlah vacuum cleaner kecil untuk membersihkannya atau bisa menggunakan kuas kecil sambil menyedotnya dengan vacuum cleaner. 

Tutup Kaca Saat Berkendara

Sahabat pasti pernah membuka kaca saat sedang berkendara. Walaupun udara diluar mobil sejuk, namun kita tidak bisa melihat apakah udara tersebut benar-benar bersih. Kebiasaan membuka kaca saat berkendara akan membuat debu dengan mudah masuk ke dalam dan mengendap di seluruh bagian interior mobil khususnya kabin. Memang kenyataanya saat kita hendak bepergian suhu pada kabin cukup sumpek alias panas. Untuk menanggulangi hal tersebut, Sahabat bisa membuka kaca jendela sambil melakukan pemanasan mesin, hal itu dilakukan agar udara panas yang terperangkap di dalam mobil bisa keluar dahulu. Cara ini juga efektif dalam menjaga kebersihan bagian interior mobil, termasuk dashboard agar tetap dalam kondisi bersih. 

Segera Bersihkan Sisa-Sisa Makanan dan Tumpahan Minuman

Dalam perjalanan menggunakan mobil, kamu pasti suka memakan cemilan atau membawa minuman. Perhatikan apakah ada yang berceceran atau tumpah. Jika terlihat sisa makanan dan tumpahan minuman di bagian interior mobil, segera bersihkan dengan tisu basah. Biasakan diri Sahabat untuk melakukan kebersihan seperti itu khusunya di bagian interior mobil. Dengan begitu dashboard mobil kamu akan selalu terawat dengan baik. Begitu juga dengan minuman manis yang dapat menimbulkan noda membekas. 

Gunakan Produk Pembersih Khusus Dashboard

Saat membersihkan bagian interior mobil, pastikan terlebih dahulu terbuat dari material apa dashboard Sahabat. Pada umumnya dashboard mobil terbuat dari bahan plastik, tapi sebagian mobil ada yang telah dilapisi oleh kulit. Karena beda bahan beda juga perawatannya loh. Untuk membersihkan dashboard berbahan dasar plastik banyak produk yang bisa digunakan seperti dashboard cleaner. Sedangkan jika dashboard kamu dilapisi oleh bahan kulit. Gunakan lotion khusus untuk selalu melembabkan permukaan dashboard, jika dibiarkan tanpa dirawat akan merusak tekstur dari dashboard itu sendiri.

Selain dashboard, bagian interior mobil yang perlu dirawat adalah door trim. salah satu bagian interior mobil ini menjadi penting dirawat karena fungsinya yang cukup penting. Dengan begitu, bagian interior mobil yaitu door trim harus tetap dirawat agar tetap befungsi dan memiliki tampilan yang enak dilihat. 

Door trim jadi bagian interior mobil yang perlu dirawat juga

Pasalnya, jika tidak dirawat, door trim mobil juga bisa mengalami keausan akibat pemakaian. Untuk memperpanjang umur pemakaian dan selalu terlihat apik, Bagian interior mobil yaitu door trim harus selalu dibersihkan secara berkala.

2 Bagian Interior Mobil Ini Perlu Dirawat

Berikut lima tips perawatan bagian interior mobil yaitu door trim untuk jenis pelapis apa pun, seperti melansir dari Liputan6 yang megutip pressroomtoyotaastra :

1.Pelapis door trim

Saat bagian interior mobil dibersihkan, ada banyak jenis pelapis door trim yang digunakan. Namun apa pun jenisnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mulai membersihkan kotoran menggunakan vacuum cleaner. Langkah ini, sekaligus untuk memeriksa kondisi door trim. Apakah ada bagian yang rusak dan harus diganti, misalnya pengancing yang kendur.

2.Lapisan vinyl

Untuk door trim mobil yang menggunakan lapisan vinyl, seperti pada Toyota Agya, disarankan memakai pembersih khusus vinyl dan kain lembut. Jika ada area yang kotor di celah panel, gunakan sikat berbulu nilon lembut disertai pembersih. Sementara untuk permukaan yang terbuka, cukup gunakan kain lembut.

Selain itu, saat membersihkan bagian interior mobil hindari menggunakan bahan kimia yang keras seperti cairan pemutih atau pelarut. Efeknya, bisa memudarkan warna dan merusak permukaan panel. Begitu pula alat pembersih yang bersifat abrasif, karena bisa menggores permukaan panel, membuat aus atau bahkan menciptakan lubang yang bisa dimasuki kotoran.

3.Pelapis kain

Untuk merawat bagian interior mobil yang bagian door trim mobilnya menggunakan pelapis kain (fabric), seperti yang dipakai pada Toyota Avanza, umumnya lebih mudah kotor karena bahan kain yang mudah menyimpan partikel keras serta debu. Gunakan cairan pembersih, kain dan sikat nilon lembut.

Sebelum mulai membersihkan seluruh area berbahan kain pada bagian interior mobil, coba dahulu di bagian panel tersembunyi. Jika ada perubahan warna, segera ganti cairan pembersih. Untuk noda membandel bisa dilakukan pembersihan berulang kali. Sama seperti lapisan vinyl, bahan fabric juga harus dihindarkan dari cairan kimia keras dan sikat besi karena bisa merusak serat kain.

4.Pelapis kulit

Jenis lainnya adalah door trim dengan lapisan kulit seperti pada Toyota Alphard, adalah bahan paling mudah dibersihkan. Rawat minimal dua kali setahun dengan cairan pembersih kulit dan kain katun. Beberapa cairan pembersih untuk kulit juga telah mengandung pelindung dari sinar ultraviolet.

Jangan lupa, saat pemberishan bagian interior mobil bubuhkan cairan pembersih ke kain dan lakukan gerakan memutar untuk membersihkannya. Untuk noda membandel lakukan proses ini beberapa kali hingga tidak terlihat. Setelah seluruh panel dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu gosok dengan kain katun bersih.

Untuk penyempurnaan bisa menggunakan conditioner khusus kulit yang dapat memperpanjang usia, penampilan dan kelembutan kulit.

 5.Door trim pengemudi

Pada door trim pengemudi, ada lebih banyak tombol-tombol yang bisa menjadi sarang kotoran dan debu. Untuk membersihkannya, bisa menggunakan vacuum cleaner dan sikat bulu yang lembut untuk mengeluarkannya dari bagian interior mobil.

Nah Sahabat, begitulah langkah-langkah jitu merawat bagian interior mobil kesayangan agar terus terlihat bersih. Semoga tips diatas bisa menambah wawasan Sahabat dalam merawat bagian interior mobil kesayangan.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Okt 2019 | 11:34 WIB
BAGIKAN