Musim Hujan
Berkendara Saat Musim Hujan

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

21 Des 2020 | 11:54 WIB

Sebagai pengendara kendaraan roda empat, saat musim hujan Sahabat diwajibkan melakukan berbagai persiapan dan rajin memeriksa mobil secara berkala. Meski banyak yang mengatakan hindari pemasangan aksesori pada mobil, namun ada juga aksesori yang bermanfaat saat musim hujan.

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Mau tahu aksesori mobil apa yang yang sangat membantu, berikut ulasannya:

Talang Air

Aksesori mobil yang satu ini disebut juga door visor. Alat ini sangat bermanfaat kala musim hujan, sebab dapat menahan air hujan masuk ke dalam jendela saat dibuka sesaat dan sedikit.

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Membuka kaca jendela saat hujan memang kerap terjadi. Sebab, bukan tak mungkin kaca mobil berembun meski sudah menggunakan AC. Hal ini karena kabin mobil sangat dingin.

Oleh karena itu, cara ampuh untuk menghilangkan embun di dalam kabin yaitu sedikit membuka kaca jendela.

Pelindung Lumpur

Aksesori yang disebut mudguard ini biasanya terletak dekat kaki-kaki atau ban mobil. Dibalut dengan bahan warna hitam, alat berbahan karet ini mampu melindungi bagian bodi dari cipratan kotoran dan lumpur saat genangan air.

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Nah, jika Sahabat menggunakan aksesori ini tentunya membuat kotoran tidak langsung menempel ke bodi mobil.

Karpet

Salah satu aksesori yang bermanfaat saat musim hujan adalah karpet. Tentu saja, penggunaan karpet ini sangat berguna, sebab ketika hujan tentu jalanan akan becek.

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Maka dari itu, saat pengemudi atau penumpang ingin masuk ke mobil, bukan tak mungkin permukaan jalan becek dan menempel di alas kaki Sahabat.

Namun perlu dicatat, ada baiknya karpet saat musim hujan berbahan plastik atau karet. Sebab, karpet plastik atau karet mudah dibersihkan.

Lampu Kabut

Pada dasarnya lampu kabut atau fog lamp memang saat ini sudah banyak dihadirkan pada mobil baru. Namun, untuk mobil dengan varian-varian lebih murah atau model lawas fog lamp kerap tak tersedia.

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Fog lamp bisa ditambah di toko aksesori. Biasanya memiliki bentuk lampu yang bulat kecil, terletak di bagian depan bawah. Ada baiknya menggunakan fog lamp dengan warna kuning, agar lebih terlihat dan tidak menyilaukan.

Bahaya Lampu Hazard

Berbicara penggunaan lampu saat musim hujan, ada hal yang masih membuat para pengendara keliru nih Sahabat, yaitu penggunaan lampu hazard.

Memasuki penghujung tahun 2020, hujan sudah mulai mengguyur wilayah ibu kota. Berkendara pada musim hujan rupanya bukan hanya seputar masalah kesiapan mobil, tapi juga pengendaranya. Selain harus meningkatkan kewaspadaan, pengemudi wajib mengerti tiap fungsi dari fitur yang ada di kendaraan. 

4 Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM), sampai saat ini masih banyak pengemudi mobil salah kaprah dalam memanfaatkan fitur yang ada. Paling sering dengan menyalakan hazard saat di guyur hujan lebat di jalan. 

"Menghidupkan lampu hazard saat berkendara musim hujan itu salah, karena tidak sesuai fungsinya. Lampu hazard disediakan sebagai penanda dalam kondisi darurat, seperti kecelakaan, mogok, dan lainnya, jadi salah fungsi bila digunakan saat musim hujan," ucap Anjar yang dilansir dari laman Kompas.com.

Anjar mengatakan, selama ini dalih pengendara menyalakan lampu hazard ketika hujan lebat sebagai penanda atau sinyal bagi pengendara lain. Padahal menyalakan hazard sangat berbahaya karena berpotensi membuat kecelakaan bagi pengendara lain, terutama yang berada di belakang. 

Ketika dihadapi hujan deras, Anjar menyarankan lebih baik pengendara menyalakan lampu besar pada mobil. Sementara bila memang jarak pandang sangat terbatas, bisa ditambah menggunakan fog lamp sekaligus melambatkan laju kendaraan. Kamu juga bisa membaca Ini Kecepatan Wajar Saat Berkendara Ketika Cuaca Hujan

"Lebih pasang lampu utama, kalau kurang tambah pakai fog lamp. Intinya jangan menggunakan hazard ketika berjalan, kondisi membuat pengendara lain bingung. Pemilik mobil juga harus mempelajari tiap fungsi fitur pada mobil agar bijak menggunakannya," ucap Anjar. 

Sebelumnya, Jusri Pulubuhu selaku pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) juga pernah menyampaikan bahaya menyalakan hazard saat berkendara di musim hujan. Menurut Jusri, selain membuat pengendara lain bingung, sinar lampu yang selalu berkedip juga dapat menurunkan konsentrasi pengendara di belakang.

Nah Sahabat, itulah beberapa aksesoris dan informasi berkendara saat musim hujan yang perlu Sahabat perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua Sahabat Garasi.id ya. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 21 Des 2020 | 11:54 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsamanberkendarahujanaksesoritokogarasiidgarasiidotomotif