Sliding Door Mobil
Merawat Sliding Door

4 Langkah Jitu Merawat Sliding Door

30 Mar 2019 | 20:32 WIB

Mobil yang dilengkapi dengan fitur pintu geser atau yang biasa disebut dengan sliding door memang cukup menjadi pilihan yang menarik bila dibandingkan dengan mobil dengan desain pintu buka tutup yang biasa.

Meski memang terlihat menjadi lebih elegan, namun sebenarnya mobil dengan fitur pintu geser atau sliding door berbeda dengan mobil pintu biasa yang mengandalkan engsel, karena mekanisme pintu geser atau sliding door pada mobil jenis ini sebenarnya lebih rumit.

Perawatan yang dibutuhkannya juga lebih banyak, mulai dari roller, pengunci, rel, dan sebagainya. Untuk yang elektrik, tentu ditambah motor penggerak yang tentu juga harus dirawat.

4 Langkah Jitu Merawat Sliding Door

Meski memang cara mudah merawat mobil adalah dengan membawanya ke bengkel mobil resmi, namun jangan salah, ada juga nih 4 langkah mudah untuk merawat mobilmu dengan fitur sliding door agar tetap mulus. Berikut ulasan selengkapnya seperti melansir dari laman mobilipo.com.

1. Jangan Dipaksa Dibuka atau Ditutup

Pada dasarnya, pintu geser atau fitur sliding door ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu elektrik dan manual. Nah, masalah yang dialami pintu geser kadang-kadang hanya bersifat sepele. Hal yang paling sering dilakukan oleh pemilik mobil dengan pintu geser atau sliding door adalah dengan memaksa membuka atau menutupnya secara manual.

Padahal, hal sepele semacam ini bisa menyebabkan kerusakan pada sling penarik pintu geser atau motor elektrik pada sliding door. Karena sling penarik bisa menjadi kendur hingga yang cukup fatal keluar dari jalur relnya.

2. Rajin Bersihkan Area Rel

Hal remeh selain poin pertama yang kerap dilakukan oleh para pemilik mobil berpintu geser atau sliding door adalah rel yang jarang dibersihkan karena hal ini sebenarnya juga bisa merusak pintu geser atau sliding door.

Kotoran yang bersemayam di sepanjang rel tentu bisa menghambat bahkan menambah beban kerja motor listrik. Untuk itu, pintu geser sebaiknya dibersihkan dan diberi pelumas secara berkala pada bearing dan rel pintu.

Meski begitu, jangan pula terlalu banyak atau terlalu sering memberi pelumas pada pintu geser atau sliding door. Karena hal itu justru akan mengundang banyak kotoran yang menempel sehingga membuat kinerja pintu geser semakin tersendat.

3. Gunakan Penetran Berbahan Anti Korosi

Untuk membersihkan kotoran pada rel pintu geser atau sliding door, Sahabat rupanya bisa menggunakan sapu dengan kuas halus, lap, atau lebih bagus lagi bila kamu punya kompresor untuk menyemprotkan angin saat membersihkannya.

Tak lupa berikan juga cairan penetran untuk membersihkan roller. Cairan ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang tersangkut di roller dan bearing-nya. Cairan seperti ini juga mudah didapatkan di toko-toko yang menyediakan peralatan rumah tangga.

Namun, satu hal yang Sahabat perlu tahu dan Sahabat ingat adalah bahwa cairan penetran juga ada yang bersifat kimiawi keras, sehingga juga bisa membuat cat mobil kusam. Karena itulah Sahabat harus memperhatikan pula kompisisi cairan ini saat membelinya agar mobil Sahabat tidak terkena korosi.

4. Perhatikan Roller dengan Seksama

Roller adalah roda yang membuat pintu bergeser. Nah, di dalam roda ini ada bearing yang memungkinkan perputaran mulus. Lalu, bagaimana cara mendeteksi kalau ada yang salah dengan roller tersebut?

Hal pertama yang bisa Sahabat lakukan adalah perhatikan bunyinya, kalau sudah terdengar kasar, bawa ke bengkel resmi untuk dicek keausan bearing-nya. Kemudian, untuk menjaga bearing dan rollernya tetap awet, jangan lupa untuk selalu memberikannya pelumas agar tetap licin dan minim gesekan.

Nah Sahabat, begitulah tips yang bisa diberikan semoga bermanfaat!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekastipsmerawatpintuslidingdoorcaraotomotifgarasiidtutupgeser
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family