Kotoran berupa debu yang menumpuk dapat menurunkan performa mesin
Selalu bersihkan komponen-komponen yang mempunyai fungsi penting selama mobil berjalan

5 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dijaga Kebersihannya

02 Agt 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Sebagian besar pemilik mobil biasanya hanya memperhatikan kebersihan interior mobil dibandingkan kolong mobil. Hal ini memang cenderung dijumpai karena semua interaksi pemilik mobil berlangsung dalam interior.

5 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dijaga Kebersihannya

Namun bukan berarti kolong mobil tidak penting untuk mendapat perawatan khususnya dalam hal kebersihan karena pada bagian tertentu di kolong mobil terdapat berbagai komponen yang sangat vital.

Untuk itu, sebenarnya kolong mobil perlu dibersihkan untuk menghindari gangguan pada saat mengendarai mobil. Ada beberapa alasan mengapa kolong mobil penting untuk dibersihkan dan tetap terawat:

Terhindar dari korosi

Kotoran, seperti debu dan genangan air akan menyebabkan logam pada kolong mobil berkarat dan terkorosi. Efek terparahnya, bagian bawah mobil bakal keropos dan cepat rusak.

Mengganggu Sistem Pendinginan Kabin dan Mesin

Saat mobil menerjang genangan ataupun aspal yang penuh dengan lumpur, sampah, seperti daun atau plastik biasanya sering masuk ke sela-sela bumper. Kotoran tersebut mengganggu sistem pendingin mesin dan kabin.

Shockbreaker / Suspensi

Komponen shockbreaker juga berisiko rusak jika kita tidak memberikan perhatian lebih untuk membersihkan kolong mobil. Sebab letak dari komponen ini berada di bawah kolong mobil. Kotoran-kotoran yang tersangkut di sela-sela komponen shockbreaker akan menyebabkan sistem suspensi menjadi lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, pengguna mobil perlu memperhatikan kebersihan kolong mobil agar tidak sampai memberikan dampak kerusakan pada komponen-komponen yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Selain bagian-bagian di atas, bagian bagian di bawah ini juga tidak kalah penting untuk selalu dijaga kebersihannya ;

Bumper bagian dalam

Bagian ini harus rutin dibersihkan karena tidak menutup kemungkinan sampah, pasir, dan kotoran lainnya bersarang di bagian tersebut sehingga memicu terjadinya korosi.

5 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dijaga Kebersihannya

Bila kotoran sulit diangkat dengan tangan, semprotkan air yang telah dicampur shampo mobil ke sela-sela area tersebut. Gunakan sikat halus agar dapat bersih maksimal. Untuk menghindari terjadinya korsleting, lindungi sistem kelistrikan dengan plastik atau bahan tahan air.

Spakbor

Bagian kendaraan yang letaknya berdekatan dengan ban ini rentan terhadap kotoran, terlebih setelah mobil melibas genangan air. Bersihkan kotoran atau sampah yang bersembunyi dengan cara serupa dengan membersihkan bumper. Agar tidak tergores atau rusak, hindari menggunakan sikat kawat, gunakan spons yang telah dibasahi air sampo.

5 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dijaga Kebersihannya

Link stabilizer

Komponen yang biasanya terpasang pada kendaraan jenis SUV ini harus tetap dijaga kebersihannya agar tidak mudah berkarat. Bila rusak, alat yang berhubungan langsung dengan lengan ayun ini akan menimbulkan bunyi yang mengganggu kenyamanan.

5 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dijaga Kebersihannya

Lengan ayun dan as roda

Kedua komponen ini juga harus tetap dirawat agar sistem suspensi bekerja maksimal. Posisinya yang melintang sering dijadikan tempat bersarangnya kotoran.

5 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dijaga Kebersihannya

Steering rack, shock absorber, dan karet boot as roda harus sering dipantau dan dibersihkan. Gunakan sikat halus dan spons untuk membersihkan bagian-bagian tersebut agar cat dan lapisan anti karat tidak terkelupas.

Foto : Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Agt 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN