Mobil mesin diesel
Koleksi Mobil Mesin Diesel

5 Langkah Manjaga “Si Diesel” Agar Tetap Prima

19 Nov 2019 | 15:27 WIB
BAGIKAN

Suzuki Ertiga Diesel menjadi mobil baru impian untuk para pecinta mobil mesin diesel. Mobil mesin diesel memiliki kelebihan mesin yang sangat kuat dibanding mobil bensin. Mobil mesin diesel sanggup menanjak medan dengan kemiringan yang luar biasa, sedangkan mesin bensin kekuatannya terbatas. Nah inilah alasan mengapa mobil-mobil Truk atau Bus atau SUV besar mayoritas memakai mesin diesel bukan mesin bensin, karena torsinya yang sangat besar dan kemampuan membawa beban berat.

5 Langkah Manjaga “Si Diesel” Agar Tetap Prima

Tetapi bagaimana jadinya jika mobil mesin diesel dimasukkan pada mobil berdimensi kecil seperti Suzuki Ertiga? Pasti kekuatan mobil mesin diesel ini akan sanggup membawa mobil kecil ke tempat-tempat yang sangat sulit dijangkau mobil MPV bensin seperti Avanza, Mobilio, Xenia dan MPV sejenis lain.

Ertiga Diesel kini menjadi mobil paling diminati bahkan akan mengubah peta pasar mobil Low MPV tanah air yang selama ini di dominasi Avanza, Mobilio dan Ertiga bensin. Dengan harga barunya yang mencapai 220 jutaan. Di Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan Suzuki Ertiga Diesel bekas hanya dengan harga dibawah 180 Juta.  

Menjadi mobil MPV 7 seater diesel termurah di Indonesia. Suzuki Ertiga Diesel memakai mesin berkapasitas 1248 cc atau 1,3 Liter, mesin ini memakai teknologi SHVS yakni Smart Hybrid Vehicle Suzuki. SHVS merupakan penggabungan teknologi cerdas untuk menghemat bahan bakar dan meningkatkan performa mesin misalnya dalam SHVS memakai teknologi rem yang bisa menyimpan energi untuk digunakan saat dibutuhkan, jadi pengurangan laju mobil (pengereman) dimanfaatkan untuk mengisi energi mobil mesin diesel yang nantinya bisa digunakan jika dibutuhkan.

5 Langkah Manjaga “Si Diesel” Agar Tetap Prima

Selain itu, ada teknologi ISG, Idle Stop start, Torque Assist Function, Gear Shift Indicator, Brake Energy, dan masih banyak teknologi terbaru yang dibenamkan pada mobil semi hybrid bermesin diesel ini. Tak hanya teknologi cerdas, mobil mesin diesel ini juga memakai mesin diesel generasi terbaru yaitu Diesel Commonrail Direct Injection yang memakai turbo charger. Mobil mesin diesel yang menggunakan 4 silinder ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 88,5 Hp (sangat besar untuk ukuran mobil mesin diesel, apalagi silindernya hanya 1200 cc). Kami rasa pemanfaatan turbo charged ini yang melonjakkan tenaganya sampai 88,5 Hp. 

Torsi Suzuki Ertiga Diesel ini juga sangat luar biasa yakni 200 Nm, bandingkan dengan Toyota Rush hanya 141 Nm, Avanza hanya 136 Nm, Ertiga Bensin hanya 136 Nm dan mobil-mobil lain yang rata-rata ada di 130-140 Nm. Dengan torsi sebesar 200 Nm, mobil kecil ini mampu menjangkau tanjakan yang sangat curam dengan membawa beban maksimum, semantara mobil low MPV lain sudah tidak kuat menanjak di 1/4 tanjakan.

Tidak hanya Ertiga Diesel, untuk Sahabat yang tertarik dengan mobil berbahan bakar solar lainnya Sahabat bisa cek koleksi mobil diesel di Garasi.id.

5 Langkah Manjaga “Si Diesel” Agar Tetap Prima

Mobil Tangguh dan Hemat Bahan Bakar

Mobil berbahan bakar solar digemari masyarakat karena dinilai hemat bahan bakar dan lebih bertenaga untuk menangani medan terjal dan tanjakan. Intip koleksi mobil mesin diesel berkualitas pilihan Garasi.id dengan cek langsung mobil tangguh dan hemat bahan bakar

Bila sudah memiliki mobil mesin diesel, ada baiknya Sahabat mengetahui cara merawat mobil mesin diesel agar tetap prima. Yuk simak cara merawat mobil mesin diesel dibawah ini. 

Bagi Sahabat Garasi pecinta mobil mesin diesel, pasti sudah tau kalau mesin diesel menawarkan kemampuan dan karakteristik yang berbeda dibanding mesin bensin. Torsi yang ditawarkan oleh mobil mesin diesel terbilang melimpah dan menyenangkan. Nah, agar mobil mesin diesel tetap bekerja secara optimal, inilah lima cara untuk menjaga performa mobil mesin diesel, dilansir dari chevrolet.co.id.

1. Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang Sahabat Garasi harus lakukan sebelum beraktivitas adalah nyalakan mesin selama lima menit untuk memberikan kesempatan pada oli melumasi bagian mesin dan turbocharger. Pelumas mesin membantu sistem kerja komponen mobil mesin diesel tetap halus meski saling bergesekan. Dengan demikian, umur mesin pun dipastikan akan semakin lama.

2. Gunakan Oli yang Direkomendasikan

Langkah kedua ini perlu Sahabat Garasi ingat, karena setiap mesin memiliki karakternya masing-masing. Jadi sebaiknya gunakan pelumas yang direkomendasikan sesuai dengan pabrikan mobil untuk menjaga kebugaran mobil mesin diesel kesayangan.

3. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar ibaratnya adalah nutrisi yang diterima oleh mesin mobil diesel. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm (misalnya Pertamina Dex). Bahan bakar yang tepat akan menghasilkan gas buang rendah emisi.

4. Bersihkan Injector Secara Rutin

Mobil mesin diesel modern biasanya sudah dilengkapi teknologi Injector Common-Rail. Fitur ini akan menjaga mobil selalu hemat bahan bakar dan mampu meningkatkan kekuatan mesin. Perawatan dan pembersihan injector secara rutin akan membuat mobil mesin diesel lebih tahan lama tanpa perlu takut mengeluarkan biaya mahal. Pastikan hanya membersihkan injector di bengkel resmi ya Sahabat Garasi.

5. Rawat Mobil Secara Berkala

Setiap mobil pasti membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil, meskipun mobil berstatus masih baru. Kunjungi dealer dan workshop terdekat dan kenali layanan garansi dan service yang ditawarkan oleh bengkel resmi. Sahabat Garasi juga bisa berkonsultasi dengan tim mekanik ahli tentang kapan mobil harus menjalani perawatan khusus.

Nah bila Sahabat sudah tahu cara merawat mobil mesin diesel, berikut 5 rekomendasi mobil mesin diesel bekas selain Suzuki Ertiga yang bisa jadi pilihan Sahabat yang hendak meminang mobil mesin diesel.

5 Rekomendasi Mobil Mesin Diesel

1. Isuzu MU-X

Isuzu menobatkan dirinya sebagai rajanya mobil diesel. Semua mobil mesin diesel yang dipasarkan Isuzu memang menggunakan mesin diesel, dan salah satu yang terbaik adalah Isuzu MU-X. Mobil SUV ini menawarkan kenyamanan untuk 7 orang hingga ke bangku belakang dan dilegnkapi fitur keamanan terbaru dan terbaik di kelasnya. Mobil mesin diesel ini juga memiliki mesin yang kuat, handal, dan irit berkat mesin Turbo Diesel Isuzu 2.5L Commonrail VGS (Variable Geometry System) yang bisa menghasilkan tenaga mencapai 136 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi 32.6 kgm pada putaran 1.800 sampai 2.800 rpm.

2. Toyota Kijang Innova

Tidak ada yang meragukan kemampuan Toyota Kijang Innova sebagai salah satu mobil keluarga terbaik di Indonesia. Mobil ini dipasarkan dalam 2 varian mesin, yaitu mesin bensin dan mobil mesin diesel. Nah untuk varian diesel menggunakan mesin 2GD FTV 4 Silinder dengan 16 buah katup dan VNT Intercooler. Mesin berkapasitas 2.393cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga mencapai 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi 34.9 kg pada putaran 1.900 sampai 2.800 rpm. Toyota juga melengkapinya dengan sistem pengereman ABS + EBD yang membuat kontrol pengereman semakin baik dan lebih aman saat dikendarai.

3. Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Inilah mobil mesin diesel terbaik yang selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Harga Pajero Sport yang mahal tidak mengurangi minat konsumen untuk membeli mobil SUV ini. Hal ini tidak lepas dari kemampuan Pajero Sport yang dilengkapi mesin diesel bertenaga besar. Beragam fitur canggih juga dimiliki mobil mesin diesel ini, jadi jangan heran apabila harga Pajero Sport dibanderol sangat mahal. Dimana untuk varian termurah dibanderol Rp. 454 Jutaan dan untuk yang termahal mencapai Rp. 665 Jutaan. Mitsubishi juga menyediakan 2 varian yang menggunakan sistem penggerak 4×2 dan 4×4. Tenaga yang dikeluarkan tentu akan berbeda, namun sama-sama bisa diandalkan untuk melibas berbagai medan jalan. Kamu juga bisa baca Punya Mobil, Wajib Paham Roda Penggerak!

4. Toyota Fortuner

Pasti banyak yang bermimpi bisa membeli Toyota Fortuner. Mobil ini menawarkan desain sangat gagah yang dipadukan dengan kemewahan pada segi interior. Selain itu, tersedia pula varian mobil mesin diesel yang menggunakan mesin bertipe 2GD FTV, 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler dengan kapasitas 2.393cc. Mobil mesin diesel tersebut mampu memproduksi tenaga mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40.8 kgm pada 1.600 sampai 2.000 rpm. 

5. Isuzu Panther Grand Touring

Selama ini Isuzu Panther dikenal sebagai mobil diesel yang tangguh dan irit bahan bakar. Sayangnya Isuzu tidak melakukan pembaharuan pada segi desain, sehingga namanya terus tenggelam dan kalah dari mobil SUV modern yang menggunakan bahan bakar bensin. Padahal dari segi performa kami akui sangat baik. Mobil diesel ini menggunakan mesin 4JAIL berteknologi Turbocharger yang memiliki kapasitas 2.499cc dan bisa mengeluarkan tenaga mencapai 80 PS pada 3.500 rpm dan torsi 19.5 kgm pada 1.800 rpm. Isuzu Panther juga memiliki 3 baris kursi untuk menampung 7 orang penumpang.

Nah begitulah 5 hal wajib yang perlu Sahabat Garasi lakukan dalam perawatan mobil mesin diesel kesayangan. Dan 5 rekomendasi mobil bermesin diesel yang bisa Sahabat temui di situs jual beli mobil bekas online yang terpercaya yaitu Garasi.id. Semoga bermanfaat ya Sahabat Garasi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 19 Nov 2019 | 15:27 WIB
BAGIKAN