Fitur keselamatan  mobil
Fitur keselamatan mobil

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

28 Okt 2019 | 14:18 WIB
BAGIKAN

Kian padatnya lalu lintas dari pertambahan jumlah kendaraan bermotor, menambah risiko mengemudi. Ditambah lagi, karakter pengemudi yang umumnya minim kepedulian soal keselamatan berkendara, terutama di Indonesia. Nyawa jadi taruhannya. Meski kita sudah berhati-hati dan waspada, di saat yang sama pengemudi lain bisa saja bertindak sembarangan. Berangkat dari hal tersebut, mobil sekarang dilengkapi banyak fitur keselamatan mobil yang canggih.

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Banyak pabrikan mobil yang mulai menyadari fitur keselamatan mobil sudah menjadi keharusan, bukan pilihan. Perubahannya sangat signifikan, terutama bila dibandingkan dengan era dua dekade lalu. Kala itu belum banyak model mobil dilengkapi kantung udara maupun rem ABS. Sekarang, hampir semua ada, meski masih ada beberapa model atau varian yang belum memilikinya.

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Saat hendak membeli mobil Sahabat pasti akan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu dari segi jenis mobil yang akan digunakan, merk mobil, desain yang menarik, performa mesin, atau keselamatan dan kenyamanan. Namun dari semua aspek itu, tahukah kalian bahwa kelengkapan fitur keselamatan mobil adalah aspek pertama yang harus kamu pertimbangkan.

Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Jika berbicara mengenai membeli mobil baru tentunya fitur keselamatan mobil sudah dapat dipastikan canggih dan lengkap. Tetapi hal tersebut berlaku ketika kamu membeli mobil bekas? Berangkat dari hal itu, kali ini Garasi.id akan membahas fitur keselamatan mobil apa saja yang harus diperhatikan ketika kamu ingin membeli mobil bekas.

Sabuk Pengaman dengan Pretensioner dan Load Limiter

Fitur keselamatan mobil yang paling utama dan harus ada di setiap mobil baru atau bekas adalah sabuk pengaman. Pasti kalian bertanya-tanya mengapa bukan airbag yang harus dijadikan patokan pertama di dalam mobil. Karena sabuk pengaman akan menahan tubuh kamu untuk tetap di kursi dan tidak terlempar ketika terjadi kecelakaan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara.

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Selain itu, fitur keselamatan mobil sabuk pengaman juga sudah dibekali dengan sistem pretensioner dan load limiter. Pre-tensioner, mengencangkan sabuk untuk mendekap tubuh lebih erat saat terjadi hentakan akibat hantaman. Sementara load-limiter bekerja kebalikannya.

Airbag

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Fitur keselamatan mobil Airbag atau kantung udara sangat membantu menyelamatkan nyawa ketika terjadi tabrakan. Karena berfungsi sebagai pelindung tubuh manusia agar tidak terbentur dengan bagian mobil. Sekarang, hampir semua mobil sudah disediakan airbag. Minimal dua buah, untuk pengemudi dan penumpang depan. Namun masih ada pabrikan yang hanya menyediakan satu dengan alasan harga. Semakin banyak tentu makin aman. Seperti Toyota Rush, Yaris dan Vios terbaru dengan total 7 airbag.

Fitur keselamatan mobil Anti-lock Braking System (ABS)

Sama pentingnya dengan airbag, fitur keselamatan mobil ABS saat ini hampir seluruhnya sudah disematkan di mobil keluaran terbaru. Namun masih ada beberapa model mobil di Indonesia yang belum melengkapinya.

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Fitur keselamatan mobil ABS berfungsi sangat penting ketika kamu melakukan pengereman mendadak. Pada mobil yang tidak menggunakan ABS saat dilakukan pengereman mendadak kemungkinan besar roda akan terkunci dan mobil tergelincir. Berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem ABS, sistem ini akan mencegah roda terkunci walaupun kamu melakukan pengereman mendadak, di kondisi hujan dan jalanan licin pun sistem ABS akan membantu mobil tidak tergelincir.

Fitur keselamatan mobil  untuk Kontrol Stabilitas dan Traksi (ESC, VSC, TC)

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Sering kali kecelakaan terjadi akibat mobil yang tidak bisa dikendalikan saat melaju dalam kecepatan tinggi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti jalanan licin, bermanuver mendadak, menikung terlalu kencang dan lain sebagainya. Adanya fitur keselamatan mobil yang canggih untuk mengontrol stabilitas dan traksi (ESC, VSC atau TC) mampu menghindari mobil melintir akibat penyebab itu tadi. Sistem tersebut mengintervensi rem dan gas untuk memperlambat laju mobil agar mudah dikendalikan. Hampir diseluruh mobil sudah disematkan teknologi ini.

Daytime Running Light (DRL)

Hasil studi membuktikan, lampu utama yang menyala pada siang hari mampu dijadikan sebagai fitur keselamatan mobil untuk mengurangi risiko kecelakaan. Lantaran berpengaruh pada visibilitas pengemudi lain sehingga memberi perhatian lebih jika ada mobil yang sedang berjalan. Maka itu pabrikan menciptakan lampu siang hari (Daytime Running Light). 

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Gunanya bukan untuk menyinari area depan kendaraan, melainkan menambah perhatian pengemudi mobil lain. Biasanya juga, memakai lampu LED yang cahayanya terang tapi hemat energi. Semoga LED, fitur keselamatan mobil baru ini bisa mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya ya Sahabat !

Fitur keselamatan mobil Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur keselamatan mobil juga ikut berkembang semakin canggih. Tire Pressure Monitoring System (TPMS) adalah sistem yang memantau tekanan ban. Adanya pemantau tekanan angin ban ini, sangat membantu bila Sahabat malas melakukan pengecekan angin ban secara rutin. Tentunya mempermudah untuk memantau dan dapat mendeteksi ban mengalami kebocoran.

Fitur keselamatan mobil Auto-dimming Rear View Mirror

Fitur ini masih jarang tersedia di mobil-mobil seharga Rp 300 juta ke bawah. Padahal fungsinya bisa dikategorikan sebagai fitur keselamatan mobil yang canggih lho. Salah satu gangguan yang bisa menimbulkan kecelakaan adalah penggunaan lampu high beam (dim) tidak sesuai peruntukan.

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Banyak pengemudi yang seenaknya tanpa memahami bahwa menyalakan high beam justru menyilaukan pengemudi di depannya melalui kaca spion tengah. Maksudnya tidak jelas, apakah memberi kode atau untuk menambah visibilitas. Akibat cahaya lampu terlalu silau yang terpantul melalui kaca spion dalam, bisa membuyarkan konsentrasi dan pandangan.

Kamera dan Sensor Parkir

Siapa sangka sensor dan kamera parkir adalah salah satu fitur keselamatan mobil yang wajib ada di mobil saat ini. Fitur ini membantu urusan memarkirkan kendaraan. Apalagi ditambahkan kamera untuk memantau area belakang. Pengemudi tidak perlu lagi repot memperhitungkan jarak hingga harus memalingkan pandangan ke berbagai sudut. Cukup dipantau sensor saja sembari memperhatikan monitor di dasbor. Kedua fitur lebih menjadi peranti keselamatan bagi orang yang di sekitar mobil, sehingga kamu dapat mendeteksi lebih awal apakah ada objek yang menghalangi atau tidak.

Wajib Paham! Ini 8 Fitur Keselamatan Mobil yang Harus Ada

Nah bagaimana Sahabat, apakah mobil yang kamu miliki sudah memiliki fitur keselamatan mobil seperti diatas atau belum? Jika belum, untuk keamanan dan kenyamanan lebih baik mengganti atau menambahkan fitur di atas. 

Tetapi jika kamu memang kebetulan sedang ingin mencari mobil dengan fitur keselamatan mobil yang lengkap, coba cek Garasi.id deh. Tidak hanya fitur keselamatan saja yang lengkap lho, tapi jenis mobilnya lengkap banget. Selain itu, walaupun mobil bekas, mobil-mobil di Garasi.id memiliki kondisi yang sangat oke. So, kamu tidak usah mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan perawatan. Tetapi jika Sahabat ingin merawat kendaraanya, Garasi.id juga menyediakan layanan jasa dan servis untuk perawatan mobil kamu. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 28 Okt 2019 | 14:18 WIB
BAGIKAN