Alternator
Prediksi Umur Alternator

Ada Usianya, Gini Cara Prediksi Umur Alternator

31 Jul 2019 | 16:01 WIB

Sahabat Garasi pasti pernah bertanya-tanya soal usia pakai Alternator di kendaraan Sahabat. Seperti yang diketahui Alternator berfungsi untuk mengubah energi mekanis yang didapatkan dari mesin tenaga listrik, menghasilkan arus bolak-balik, alternator mensuplai kebutuhan listrik pada mobil sewaktu mesin hidup. Tetapi apabila jumlah pemakaian listrik lebih besar daripada yang dihasilkan alternator, maka baterai lkut memikul beban kelistrikan tersebut.

Namun apabila ada kelainan pada sistem pengisian, entah itu dari alternator atau rangkaiannya maka lampu gambar baterai sebagai lampu indikator pada dashboard akan menyala. Selain itu untuk kendaraan yang sudah menggunakan komputerisasi sepenuhnya, lampu check engine juga ikut menyala. Akibatnya yang paling ekstrem mobil akan mogok karena kekurangan supplai energi listrik.

'Menerawang' Umur Alternator Kendaraan

Terkait hal tersebut, Berikut beberapa tips ringan untuk memastikan kondisi pengisian di Mobil Sahabat masih bagus atau tidak:

1. Pastikan lampu indikator baterai menyala pada saat kunci Kontak " ON " dan harus mati sesaat setelah mesin dihidupkan, meskipun usia kendaraan sudah lama kalau kondisi sistem pengisian masih baik, lampu indikator akan mati setelah mesin hidup.

2.  Secara mudahnya pada saat mesin kondisi stasioner, Sahabat bisa melepas minus baterai, apabila saat dilepas mesin masih menyala pengisian dapat dikatakan normal, akan tetapi perlu dilakukan pemeriksaan lebih detail lagi dengan menggunakan alat (Amperemeter) untuk mengetahui berapa ampere yang dihasilkan oleh output alternator/ dinamoamper (rata - rata Ampere yang dikeluarkan sekitar < 10 Ampere pada tegangan 12-14 Volt dalam kondisi tanpa ada beban seperti AC maupun lampu, dan > 30 A apabila mesin hidup dengan beban ).

Dan apabila saat minus baterai di cabut mesinnya mati, berarti ada masalah pada sistem pengisian. Silahkan Sahabat menghubungi atau datang ke bengkel resmi merk kendaraan yang Sahabat punyai tersebut. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 10:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelidynamoalternatormesintipstrikmogokusiamerawatjakartadepokbekasitanggerangdepok