Cek Rem Parkir
Perhatikan Rem Parkir

Agar Tak 'Nyelonong', Rem Parkir Harus Sering Diperiksa

05 Jul 2019 | 19:01 WIB

Rem kendaraan terkadang suka diabaikan untuk rutin dicek oleh pemiliknya. Padahal rem kendaraan juga turut menyumbang terhadap angka kecelakaan lalu lintas. Termasuk juga dengan rem parkir atau rem tangan. 

Agar Tak 'Nyelonong', Rem Parkir Harus Sering Dicek

Rem parkir berfungsi untuk menahan posisi kendaraan untuk tetap berhenti atau parkir pada setiap kondisi jalan, baik itu jalan datar, menanjak, ataupun menurun.

Ternyata tak sembarangan loh Sahabat Garasi, rem parkir juga ada syarat-syaratnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan. 

Baca juga: Hindari Rem Blong, Pengendara Harus Baca Ini

Mengutip dari akun instagram milik Kementerian Perhubungan, beberapa waktu lalu, rem parkir ini dapat dikendalikan dari ruang pengemudi dan mampu menahan posisi kendaraan dalam keadaan berhenti pada jalan datar, tanjakan, maupun turunan. 

Rem parkir juga harus dilengkapi dengan pengunci yang bekerja secara mekanis atau sistem lain sesuai perkembangan teknologi. 

"Adapun letak posisi rem pada setiap kendaraan telah didesain sedemikian rupa sehingga sesuai standar yang berlaku. Itulah kenapa posisi rem parkir harus mudah dijangkau oleh pengemudi dan memiliki pengunci, baik rem yang bekerja dengan sistem mekanis maupun pada sistem otomatis. Untuk itu, periksa dan jagalah kondisi rem parkir mobil agar selalu dalam keadaan baik dan normal, sehingga penggunaannya dapat berfungsi dengan semestinya" tulis akun kemenhub151 yang dilansir dari DetikOto. 

Cara Kerja Parkir Brake

Secara umum, parking brake memanfaatkan rem tromol sebagai media pengunci ban di roda belakang. Namun, pada pengoperasiannya ada dua macam yakni

1. Sistem Tuas

2. Sistem Tombol (Tuas)

Meski memiliki beda pengoperasian, namun pada prinsipnya sama yakni menarik kabel rem tromol. Jika pada sistem tuas kita memanfaatkan prinsip ayunan sederhana dimana tuas yang kita tarik akan menarik kabel rem. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 21:51 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipscekmobilbarubekasjualbeliremparkirremtanganhondasuzukitoyotanissandaihatsujakartabekasidepoktanggerang