Rem Blong
Atasi Saat Rem Blong

Hindari Rem Blong, Pengendara Harus Baca Ini

22 Jun 2019 | 16:01 WIB

Banyak hal yang tidak terduga saat Sahabat Garasi sedang berkendara dijalan, membuat Sahabat perlu hati-hati dan selalu waspada. Salah satu kondisi mengerikan misalnya seperti komponen rem yang tiba-tiba mengalami kerusakan apalagi sampai blong.

Alami Rem Blong, Pengendara Harus Baca Ini

Pada situasi seperti itu, sangat dibutuhkan yang namanya kedewasaan dalam mengemudi, skill berkendara, ketenangan, dan tak bertindak gegabah. Meski itu biasanya dimiliki oleh sopir yang berpengalaman, bukan berarti para newbie harus pasrah dan tak bisa mengatasinya, walau memang perlu belajar.

Baca juga: Minyak Rem Tidak Pernah Diganti, Ini Dampak Yang Akan Terjadi

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) berbagi pengetahuan ketika kita dalam situasi seperti itu. Dirinya mengakui, kalau alami rem blong di jalan  merupakan sesuatu yang sangat berbahaya.

"Pastinya yang dilakukan pertama adalah melihat kondisi sekitarnya terlebih dahulu, apakah ada mobil lain, atau orang berjalan dan lainnya (yang bisa menjadi korban atau menambah resiko) di sekeliling mobil," ucap Iwan yang dilansir dari Kompas.com, beberapa waktu lalu.

"Kemudian, kurangi kecepatan dengan cara menurunkan gigi (engine break), atau bisa juga dengan memanfaatkan rem parkir (rem tangan), yang ditarik perlahan dan tidak secara langsung penuh," tutur Iwan.

Iwan menyebutkan bahwa tidak ada cara lagi dari itu, ketika mengalami kejadian rem blong di jalanan. Jadi perlu diperhatikan dengan baik-baik.

"Ketika kecepatan sudah turun segera menepi, dan jangan tunda untuk meminta bantuan," tutur Iwan.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 03:54 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekastipsjualbeliwaspadaaman
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family