Rutin Ganti Oli Mobil
Ganti Oli Dari Rumah

Anggap Remeh Ganti Oli, Begini Efeknya Ke Mobil

26 Mar 2021 | 14:17 WIB

Sebagai pengguna kendaraan pribadi, mengganti pelumas mesin mobil memang terdengar sepele. Namun efeknya mengerikan jika Sahabat Garasi telat melakukannya. Apalagi bila mobil yang dimaksud adalah tipe matic. Bagian transmisinya jangan luput dari perhatian penggantian pelumas secara berkala.

Sebab mobil matic sangatlah bergantung pada oli transmisi yang harus selalu dalam kondisi baik. Bila hal tersebut diabaikan, maka jangan heran kalau kendaraan Sahabat Garasi mulai mengalami masalah-masalah hingga membuat mobil tidak mampu beroperasi lagi.

Anggap Remeh Ganti Oli, Begini Efeknya Ke Mobil

Ini pentingnya oli transmisi pada mobil

Oli memang berperan sangat penting bagi kendaraan, tugasnya pun sangat vital mulai dari melumasi mesin, sebagai pelindung atau dinding penyekat antar komponen sampai dengan membantu menjaga mesin agar tidak cepat panas. Jadi tidak heran jika pada kendaraan beberapa bagiannya harus menggunakan oli atau pelumas untuk beraktivitas, seperti mesin, transmisi, gardan, rem dan power steering. Khusus untuk oli transmisi saat dikenal ada dua jenis yaitu oli untuk transmisi manual dan oli untuk transmisi matik.

Fungsi oli pada transmisi manual adalah sebagai pelumas yang memuluskan kerja komponen pada mesin. Sedangkan pada transmisi matik, selain bekerja sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis. Dilihat dari kinerjanya, oli matik mempunyai tugas sedikit lebih berat dibandingkan dengan oli transmisi manual, untuk itu oli transmisi harus selalu dicek kondisinya. Jika oli matik sudah encer atau terlalu kotor, daya lumasnya akan berkurang dan menyebabkan oli menjadi cepat panas. Oli yang panas dapat menyebabkan kampas-kampas kopling hidrolik dan kampas rem yang ada ditransmisi akan cepat aus. Jika ini terus dibiarkan kampas-kampas tersebut dapat terbakar, apabila sudah terbakar maka komponen ini tidak bisa lagi meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke penggerak roda dan akhirnya mobil menjadi mogok. kamu juga bisa membaca Beli Mobil Matic Bekas, Selain Oli Kamu Harus Paham Gejala Ini

Anggap Remeh Ganti Oli, Begini Efeknya Ke Mobil

Untuk menghindari hal ini terjadi, kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, dengan begitu kerusakan pada transmisi dapat kita hindari. Berikut kami sampaikan beberapa tanda pada mobil yang oli matiknya harus segera diganti :

  • Oli transmisi sudah berwarna gelap dan berbau seperti terbakar.
  • Perpindahan gigi agak berat dan kadang menghentak.
  • Terdengar suara dengung dari sistem transmisi mobil anda.
  • Sudah melewati kilometer yang direkomendasikan untuk diganti.

Apabila beberapa ciri diatas sudah anda rasakan pada mobil, segera ganti oli transmisi mobil anda. Karena jika telat akan sangat berbahaya, berikut beberapa akibat juka anda telat mengganti oli transmisi :

  • Tenaga mobil anda terasa jauh berkurang.
  • Usia pakai komponen di transmisi akan menurun drastis.
  • Terjadi penyumbatan pada sistem transmisi.
  • Kerusakan pada transmisi mobil
  • Biaya yang dikeluarkan sangat besar untuk melakukan perbaikan.

Menurut Iwan Abdurahman, General Repair Sevice Manager Toyota Astra Motor, mobil yang telat ganti oli akan berpengaruh pada performa mesinnya. Tenaga akan lemah, sementara terparahnya, mati total.

"Akibat dari telat mengganti oli, yang paling terasa yaitu tenaga mobil akan berkurang, bahkan lebih parahnya lagi, mobil tidak akan bisa bergerak. Itu terjadi karena temperatur yang naik, kemudian efek pelumasannya berkurang," ucapnya, seperti dilansir dari situs resmi Toyota, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya sampai disitu, Iwan pun melanjutkan biaya yang harus dilakukan jika sampai mobil matik rusak sangatlah beragam. Hal ini bisa bergantung pada jenis kendaraan, namun biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan komponen transmisi ini bisa mencapai jutaan.

"Kalau hanya pelat kopling ditambah jasa bongkar, tidak terlalu mahal tapi memang jutaan. Tentunya juga tergantung model mobilnya, karena harga part dan jasa tentu akan berbeda-beda. Secara kisaran, ada yang hanya jutaan, tapi ada juga yang sampai puluhan juta khususnya untuk mobil mewah," tutup Iwan.

Anggap Remeh Ganti Oli, Begini Efeknya Ke Mobil

Solusi Ganti Oli Gampang Dari Garasi.id

Bila Sahabat sudah paham betapa pentingnya mengganti oli kendaraan dengan teratur maka Sahabat juga harus tau layanan tepat ganti oli yang baik dari Garasi.id. Bekerjasama dengan Mobil Lubricants, Sahabat yang berencana ingin mengganti oli kendaraan tapi nggak mau repot ke bengkel, Sahabat bisa nikmati layanan home service dari Garasi.id. 

Dengan layanan Servis di Rumah aja, Sahabat bisa menikmati layanan seperti Ganti Oli + Tune Up untuk mobil bensin maupun diesel dan menariknya apapun jenis mobilnya, harga servisnya sama alias Flate Price. Wah menarik bukan Sahabat? yuk tunggu apalagi, segera servis mobil kamu di rumah sekarang juga. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Mar 2021 | 14:17 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

gantiolimobiltipsotopromogarasiidmobillubricants
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family