Mobil
Ground Clearance

Apa Ground Clearance dan Wheel Base Mobil Penting Diperhatikan?

26 Agt 2018 | 17:00 WIB

Istilah ground clearance yang seringkali kita dengar merupakan sebutan untuk ruang yang terdapat di antara dasar ban mobil dengan bagian bawah sasis. Rifat Sungkar selaku pereli nasional mengungkapkan bahwa ground clearance yang ideal akan sangat penting bagi kendaraan-kendaraan berpenumpang, karena kenyamanan dan performa dari suspensi itu akan sangat ditentukan dari panjangnya travel suspensi.

Apa Ground Clearance dan Wheel Base Mobil Penting Diperhatikan?

"Ground clearance itu penting, karena kalau di Indonesia kontur jalanannya tidak rata. Bahkan dalam satu kali perjalanan, kita bisa menemukan kontur jalanan dari yang bagus sekali sampai yang buruk sekali. Untuk mendapatkan tingkat kenyamanan berkendara yang baik, pastinya mobil harus punya kemampuan menjelajah yang baik pula, mendapatkan travel suspensi yang lebih panjang dengan ground clearance yang ideal. Maka dari itu, kita harus cermat dalam memilih mobil ataupun jika Anda hendak melakukan modifikasi terhadap mobil Anda," jelas Rifat Sungkar, yang dilansir dari laman Detik.com.

Lain halnya dengan ground clearance yang lebih berpengaruh terhadap performa suspensi mobil, wheel base atau jarak pusat roda depan dengan roda belakang dinilai lebih berpengaruh terhadap performa kendaraan jika ditinjau dari segi kenyamanan, terlebih lagi terhadap tempat duduk di barisan belakang serta kapasitas angkut bagasi. 

Baca Juga: Begini Cara Memilih Mobil Keluarga Yang Tepat Ala Rifat Sungkar

"Tidak selamanya performa itu mengenai suspensi, handling, bantingan, dan sebagainya. Kalau kita bicara wheel base, ini semua masalah konfigurasi yang ideal dari agen tunggal pemegang merk (ATPM). Konfigurasi wheel base yang ideal pada suatu mobil akan menimbulkan rasa nyaman terhadap penumpang di baris belakang, seperti misalnya ruang lebih lapang sehingga kaki bisa lebih lurus dan terasa leluasa. Namun itu semua kembali ke jenis mobil yang dimiliki," tutup Rifat Sungkar.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:39 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsmobkaskendaraanotomotifgarasiidamanterpercayamudahjabodetabekonlinesuspensihandling
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family