Mobil menteri harus memenuhi standar A1 yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan
Mobil menteri harus memenuhi standar A1 yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan

Astra Menang Tender, Toyota Akan Support Mobil Menteri

24 Agt 2019 | 12:01 WIB
BAGIKAN

Menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024 sebentar lagi akan mendapatkan mobil dinas baru. Diberitakan sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan telah angkat bicara mengenai keputusan pengadaan mobil baru presiden tersebut. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menjelaskan, pengadaan ini dilakukan karena kondisi kendaraan dinas presiden, wapres dan menteri sudah tidak layak.

Astra Menang Tender, Toyota Akan Support Mobil Menteri

Baca juga: Mengenal mobil kepresidenan dari masa ke masa


Menurut isu yang beredar, Astra telah memenangkan tender untuk pengadaan mobil menteri lewat produknya yaitu Toyota. Model Toyota yang di gadang-gadang akan menjadi mobil operasional para menteri yaitu Toyota Crown Hybrid. Apabila melihat spesifikasi, sedan mewah ini masuk dalam persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah. Seperti yang dilansir di cnnindonesia, berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No.577/KM.6/2017, tentang Modul Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara, mobil menteri kualifikasi A1 harus berwujud sedan dengan mesin 3.500 cc, enam silinder atau sport utility vehicle (SUV) 3.500 cc, enam silinder.

Astra Menang Tender, Toyota Akan Support Mobil Menteri

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan mobil Toyota Crown Hybrid generasi ke-15 ini sudah sesuai dengan kualifikasi mobil A1 dimana mobil ini memiliki varian mesin 3.500 cc, V6 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 356 dk dan torsi maksimum 620 Nm.

Selain itu, ada juga varian Toyota Crown Hybrid yang memiliki spesifikasi mesin 2.0L turbo, 4 silinder dan 2,5L hybrid. Untuk tipe varian mesin 2.000 cc turbo 4 silinder mampu menghasilkan tenaga sebesar 245 daya kuda dan torsi sebesar 350 Nm. Sedangkan untuk varian mesin hybridnya, mesin hybrid berkapasitas 2.500 cc mampu melontarkan tenaga 226 daya kuda dan torsi gabungan sebesar 521 Nm.

Astra Menang Tender, Toyota Akan Support Mobil Menteri

Seperti dilansir di Kompas.com, walaupun Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy menolak untuk berkomentar lebih jauh, PT Astra International sudah terpilih sebagai pemenang tender pengadaan mobil menteri masa jabatan 2019-2024. Mungkin banyak yang berspekulasi bahwa BMW juga bisa menjadi pilihan mobil menteri nantinya. Tetapi jika melihat ke belakang, sejak pemerintahan era Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Jokowi periode 2014-2019, para menteri selalu menggunakan mobil keluaran Toyota dengan model Toyota Crown Royal Saloon.

Foto: Carscoop


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 24 Agt 2019 | 12:01 WIB
BAGIKAN