Selalu awas terhadap kondisi sekitar agar terhindar dari ekcelakaa
Ketika menghadapi kemacetan, alangkah baiknya menahan emosi supaya terhindar dari kecelakaan

Bagaimana Cara Berkendara Mobil yang Aman dan Nyaman

06 Agt 2019 | 13:10 WIB
BAGIKAN

Jalan raya adalah jalan yang menghubungkan dari suatu kawasan ke kawasan lainnya. Biasanya jalan raya digunakan oleh berbagai macam kendaraan seperti sepeda, motor, mobil, angkutan umum, bus, hingga truk besar. Namun, sangat disayangkan sering kali ditemukan pengemudi yang tidak tahu bagaimana cara yang aman untuk saling berbagi jalan kepada pengendara lain. Pada akhirnya karena kecerobohan dan sifat tidak mau kalah, kecelakaan pun tidak bisa dihindari. Nah, untuk itu kali ini Garasi.id akan membahas bagaimana cara mengemudi yang aman ketika berkendara di jalan raya bagi kamu yang selalu membawa mobil kesayangannya sehari-hari.

Sepeda

Siapa sangka, banyak masyarakat yang sekarang sudah sadar akan ramahnya berkendara menggunakan sepeda. Moda transportasi bertenaga manusia yang menyehatkan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan lainnya. Namun dibalik keramahannya, sepeda bisa disebut sebagai moda transportasi paling lemah di jalan raya. 


Kerap kali pengguna sepeda tidak diberikan hak yang layak ketika mereka menggunakan jalan raya. Walaupun beberapa kota sudah menyediakan jalur untuk sepeda, masih saja pengguna jalan seperti sepeda motor yang menggunakannya. Nah untuk itu agar para pengguna sepeda selalu aman dan nyaman ketika menggunakan jalan raya, alangkah baiknya Sahabat yang menggunakan mobil atau roda dua jangan membawa kendaraanya terlalu ke kiri ya.

Bagaimana Cara Berkendara Mobil yang Aman dan Nyaman

Tapi, itu berlaku jika ada jalur untuk pengguna sepeda. Berbagai dengan pengendara lain bukanlah hal yang sulit, jika kamu disiplin melakukan hal ini, baik kamu dan orang di sekitar kamu akan selalu nyaman dan aman dalam berkendara.

Sepeda Motor

Salah satu transportasi yang pasti dimiliki seluruh lapisan masyarakat adalah sepeda motor. Sepeda motor bergerak sangat lincah. Ukurannya yang kecil membuat sepeda motor mudah untuk bermanuver di jalanan raya. Bisa dikatakan sepeda motor adalah raja jalanan. Kerap kali kita temukan pengendara sepeda motor yang nekat untuk melaju dengan kecepatan tinggi di tengah kondisi jalan yang padat. 

Bagaimana Cara Berkendara Mobil yang Aman dan Nyaman

Sudah tidak asing lagi jika kecelakaan antara sepeda motor dengan mobil bahkan sepeda motor dengan pejalan kaki. Jika Sahabat menemukan pengendara sepeda motor yang sedikit ugal-ugalan di jalan, lebih baik kamu mengalah daripada terbawa emosi sehingga terjadi kecelakaan.

Truk dan Bus

Siapa disini yang sering mengendarai mobil melewati jalan bebas hambatan alias tol untuk pulang ke rumahnya? Ketika berkendara di jalan bebas hambatan (tol) kita sering menemukan bus atau truk bukan. Kendaraan besar yang cukup menyulitkan pandangan kita saat mengemudi di belakangnya. Tahukah kalian bahwa, banyak pengemudi yang merasa gugup ketika berada di dekat kendaraan besar ini. Ukuran besar dan tidak lengkapnya lampu penerangan pada kendaraan (lampu rem, lampu hazard) serta orang yang merasa gugup jika di dekatnya membuat kecelakaan tidak dapat dihindari.

Bagaimana Cara Berkendara Mobil yang Aman dan Nyaman

Sahabat yang selalu bepergian menggunakan jalur bebas hambatan, alangkah baiknya kamu jangan gugup ketika banyak bus dan truk yang melintas. Tentunya kamu akan sesegera mungkin mendahului kendaraan besar tersebut bukan? Nah, agar selalu aman, Sahabat hindari titik buta pengendara truk ketika akan berusaha mendahului kendaraan besar tersebut. Bagaimana cara mengetahui titik buta truk, caranya sangat mudah, jika kamu ingin mendahului truk dan bus dari belakang, pastikan cermin spion bus atau truk di depan terlihat. Jangan lupa untuk memberi tanda klakson atau lampu jauh ketika mendahului. 


Jika kamu menemukan bus atau truk yang ngebut, lebih baik berhati-hati dan menjauh. Terpaan udara yang timbul di sekitar bus atau truk berkecepatan tinggi sangat berbahaya. Terpaan udara tersebut bisa membuat mobil oleng, Sahabat bisa merasakannya ketika bus atau truk mendahului mobil kamu, mobil kamu pasti terasa sedikit terhempas. Nah, banyak sekali orang yang gugup dan justru membanting kemudinya sehingga kecelakaan tidak dapat dihindari. Maka dari itu, tenangkan dirimu, selalu jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar dan tahan emosi selama berkendara agar tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

Foto : Garasi.id dan Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 06 Agt 2019 | 13:10 WIB
BAGIKAN