Terlalu sering menggunakan parfum sintetis dapat menyebabkan efek buruk kedalam tubuh
Selain mudah didapatkan, parfum alami juga memiliki manfaat untuk tubuh

Bahan-bahan Alami untuk Mengharumkan Kabin Mobil

02 Jul 2019 | 14:02 WIB
BAGIKAN

Sahabat tentunya senang dengan kabin mobil yang berbau harum bukan. Kamu bisa mendapatkan pengharum mobil sintetis (pewangi buatan) dari harga belasan ribu hingga ratusan ribu. Faktanya, penggunaan wangi-wangian yang tepat pada kabin mobil dapat meningkatkan performa mengemudi maupun keceriaan penumpang. 

Seperti dilansir Best Present Guide, bau wangi mempengaruhi keadaan psikologis seseorang, akan tetapi penggunaan wangi-wangian berupa parfum sintetis juga memiliki akibat yang kurang baik untuk kesehatan jika digunakan dalam waktu yang lama.

Nah, ada beberapa bahan alami yang bisa membuat kabin mobil kamu menyegarkan tanpa harga yang mahal.


Baca juga: Bau bensin dalam kabin mobil gunakan 3 bahan dapur ini


Bunga melati 

Bunga berwarna putih yang memiliki bau khas ini bisa dijadikan pengganti pengharum mobil Sahabat. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah dengan rentang harga yang murah. Bau dari bunga melati sendiri berfungsi sebagai aromaterapi yang sangat efektif mengobati saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf sehingga Sahabat menjadi lebih rileks dalam berkendara.

Daun Pandan

Irisan daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. Selain alami, bahan tersebut dapat menghindarkan kamu dari pemakaian pewangi sintetis kimiawi yang dapat merusak paru-paru loh. Tak hanya faktor kesehatan, kantong Sahabat juga tidak terkuras habis hanya untuk mengganti parfum mobil yang sudah habis. Aplikasinya, cukup ambil 20 helai dan letakkan di bawah jok dan mampu bertahan 2 minggu.

Sereh

Daun sereh, mengandung minyak atsiri yang bermanfaat memperkuat dan meningkatkan fungsi saraf. Semakin kuat oksidasi oleh udara, semakin menyengat pula bau yang dikeluarkannya. Sahabat cukup ambil 20-25 tangkai daun sereh dan patahkan, simpan di bawah atau di cup holder.

Kenanga

Serupa seperti daun sereh, bunga kenanga memiliki minyak atsiri yang mengeluarkan bau wangi sebagai insektisida alami. Selain kabin mobil kamu bebas dari serangga, bau dari bunga kenanga ini juga menyegarkan loh. Tapi jangan pilih bunga kenanga yang masih berwarna hijau, pilih yang sudah berwarna kuning agar bau yang dikeluarkan maksimal.

Kopi Bubuk/Biji Kopi

Siapa disini yang tidak suka aroma atau minum kopi. Bau dari kopi baik itu bubuk atau biji kopi sangat bermanfaat untuk menetralisir bau yang tidak sedap. Kopi sendiri mampu menyerap bau yang tidak sedap dan bau-bau lainnya. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik kamu menggunakan biji kopi yang diletakkan ke dalam wadah yang sudah dilubangi tutupnya. Tetapi jika kamu tidak memiliki biji kopi, menggunakan kopi hitam 2rb-an di warung sudah cukup hanya wangi yang ditimbulkan tidak akan bertahan lama. 

Baca juga: Salah pilih pengharum mobil grill ac bisa hancur

Nah, mudah bukan membuat kabin mobil Sahabat tetap wangi menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Daripada menghabiskan uang untuk membeli parfum lebih baik menabung untuk membeli mobil di Garasi.id.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Jul 2019 | 14:02 WIB
BAGIKAN