Perhatikan Kenyamanan Saat Berkendara Di Jalan
Perhatikan Kenyamanan Saat Berkendara Di Jalan

Bahaya Jika Tidak Merawat Velg Mobil Dengan Benar!

29 Des 2022 | 11:00 WIB

Velg mobil bukanlah komponen yang kuat sekalipun terbuat dari bahan alloy atau besi yang kuat. Maka itu, jika salah dalam perawatan, velg mobil pun bisa pecah tiba-tiba. Sekuat apapun bahan pembuatnya, tetap ada kemungkinan velg mobil pecah atau rusak karena kelalaian pengemudi.


Beberapa pemilik mobil memang belum menganggap penting pengecekan velg. Padahal velg tetap memiliki potensi rusak jika bermasalah, terutama di musim hujan yang mengakibatkan banyak jalan berlubang. Selain itu pemilik mobil harus hati-hati jika berkendara di kondisi jalan yang berlubang. Jika Sahabat tidak waspada, ban mobil bisa saja membentur dengan kencang hingga menyebabkan velg menjadi penyok dan rusak.


Apabila sudah penyok velg jadi tidak nyaman dipandang, bahkan bila didiamkan dapat merusak velg lebih parah lagi. Maka dari itu Sahabat perlu memperhatikan komponen yang satu ini. Yuk simak bagaimana cara merawat velg mobil tidak penyok atau peyang sebagai berikut.


Hadapi Permasalahan Dengan Tetap Tenang

Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban Mobil


  • Waspada Dengan Kondisi Jalan


Faktor yang sering menyebabkan velg mobil jadi cepat rusak diakibatkan ban mobil yang menghantam jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. Jika memang terpaksa harus melewatinya, pelankan laju kendaraan sehingga suspensi bekerja untuk meredam benturan.


Beberapa masalah yang sering dialami pengendara, velg depan yang rusak akan menyebabkan getaran di kemudi. Tapi umumnya kerusakan velg tidak akan dapat dirasakan kecuali di saat bersamaan ban juga rusak seperti pecah atau benjol. Oleh karenanya, segera tepikan mobil dan periksa kondisi ban dan velg setelah mobil menabrak lubang atau gundukan jalan dengan kecepatan tinggi.


Baca Juga: Jangan Ceroboh! Begini 7 Tips Memilih Ban Mobil yang Benar


  • Periksa Velg Mobil Secara Rutin


Untuk merawat velg mobil agar tetap dalam kondisi baik, Sahabat bisa mulai dengan melakukan pengecekan setiap seminggu sekali. Periksa secara presisi ukuran velg mobil agar tidak ada yang bergeser ataupun retak.


Jika menyadari baru saja melewati lubang dengan kecepatan cukup tinggi, segera menepi ke pinggir jalan dan cek kembali velg mobil kamu. Apabila ada perubahan bentuk, ada baiknya untuk segera dibawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.


  • Bila Rusak Segera Bawa ke Bengkel 


Selama hanya kerusakan ringan seperti baret karena terkikis trotoar, kerusakan pada velg masih dianggap wajar. Tapi jika sudah terlihat ada keretakan atau permukaan velg sudah tak bulat sempurna, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.


Jangan berspekulasi dengan memperbaikinya sendiri, karena konstruksi pelek sudah berubah dan sulit untuk bisa kembali normal seperti sedia kala yang akan mempengaruhi sistem pengendalian dan kenyamanan mobil, akan sangat berbahaya jika diabaikan lantaran dapat mengakibatkan kecelakaan.


Lakukan Perbaikan Di Bengkel Khusus Velg Mobil

Lakukan Perbaikan Di Bengkel Khusus Velg Mobil


Velg pada mobil yang mengalami bengkok tentu perlu diperbaiki dengan tenaga dan keterampilan khusus. Jika masih awam dan belum yakin untuk memperbaiki secara mandiri, Sahabat bisa membawanya langsung ke bengkel resmi. Nantinya velg mobil akan diperbaiki dengan menggunakan sebuah mesin pres, velg akan kembali ke bentuk semula dengan hasil yang lebih maksimal.


  • Cek Kondisi Ban


Perhatikan juga kondisi ban pada mobil, karena faktor ini dapat mempengaruhi kondisi velg juga lho. Jika tekanan ban angin terasa berkurang, segera tambah dengan angin. Hal ini guna memberikan performa yang baik pada ban dan kondisinya terjaga dengan baik.


Selain itu jika tekanan angin ban kurang. Velg memiliki resiko besar untuk rusak kalau tekanan angin ban mobil kurang dari standar karena guncangan ban akan diteruskan ke velg, terutama mobil dengan ban profil tipis atau ban yang tidak sesuai standar.


Agar terhindar dari resiko bahaya yang lebih buruk, Sahabat disarankan untuk menggunakan ban standar dan menerapkan prinsip safety driving untuk mengurangi risiko ban mobil melindas lubang dengan kecepatan tinggi.


Baca Juga: Pengendara Mobil Wajib Pakai Seat Belt


Perawatan Rutin Membuat Velg Mobil Lebih Berkelas Dan Mewah
Perawatan Rutin Membuat Velg Mobil Lebih Berkelas Dan Mewah

  • Mencuci Velg Mobil dengan Hati-hati


Saat mencuci mobil, sebisa mungkin untuk menghindari mencuci velg mobil ketika dalam suhu yang panas. Diamkan dulu sejenak sebelum mengguyurnya dengan air. Soalnya suhu panas bisa membuat velg berubah bentuk dan menimbulkan jamur.


Jika kendaraan atau mobil Sahabat terkena hujan langsung dicuci jangan menunggu sampai hari esok. Saat mobil diguyur hujan, segera cuci dengan sabun dan air bersih. Velg yang didiamkan terlalu lama terkena hujan, bisa merusak cat polish pada velg.


Selanjutnya Sahabat bisa melapisi velg dengan coat protection agar cat dan polish pada velg tetap terjaga. Cukup dengan melakukan perawatan seperti demikian velg akan tetap terjaga dan akan tetap kinclong dalam waktu yang lama.


Bahaya Jika Tidak Merawat Velg Mobil Dengan Benar!

Ada cara mudah untuk bisa merawat velg, bahkan perawatan ini sangat mudah sekali dan semua orang bisa melakukannya. Sahabat bisa cek promo cuci mobil mulai dari 20Ribu dan promo lainnya diskon hingga 150Ribu di Promo Gaspol 12.12 yang berlaku hingga 15 Januari 2023. Sahabat bisa hubungi Clara di Wasap untuk informasi lengkap.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Des 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanvelgmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family