Info Ban Mobil
Ban Mobil

Ban Mobil : Ini Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui

03 Jul 2020 | 11:48 WIB

Ban merupakan salah satu peranti penting pada mobil khususnya mobil dengan kondisi bekas. Sebagai pemilik kendaraan Sahabat sudah seharusnya mengerti cara memilih ban mobil yang tepat untuk kendaran Sahabat. Jangan sampai salah pilih, memilih ban yang tidak sesuai dengan kebutuhan Sahabat Garasi.

Ban Mobil : Ini Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Karena salah memilih jenis ban bisa sangat merugikan Sahabat Garasi lho. Untuk itu disarankan pilihlah ban mobil yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat dan disesuaikan dengan rute atau medan jalanan yang kerap dilalui Sahabat ya.

Karena penggunaan ban untuk jalan biasa, jalan mulus, jalan agak kasar sampai jalan sangat buruk tentu membutuhkan jenis ban yang berbeda. Untuk mengetahui ban yang cocok untuk mobil kesayangan, ada baiknya Sahabat membaca Jadi Piranti Penting,Kamu Wajib Mengerti Ban Mobil. 

Bila sudah paham soal ban, sebagai pengendara Sahabat perlu mengerti juga cara merawat dan memilih ban mobil mulai dari tipe, ukuran, lebar, tapaknya, ketebalan, hingga tahun pembuatan ban. Untuk mengetahui itu semua, Sahabat perlu membaca Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Ban Mobil : Ini Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Seperti yang Sahabat ketahui, ban adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi BBM, ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Jadi kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

Pertanyaan yang sering dilontarkan Sahabat yang baru memiliki mobil adalah kapan saatnya mengganti ban? berapa umur pakai ban yang ideal? bagaimana ciri ban mobil yang sudah harus diganti? Apakah ban boleh terus digunakan hingga kembangnya benar-benar habis? dan lain sebagainya.

Ban Mobil : Ini Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Keausan ban selalu menjadi patokan penggantian ban. Tetapi ada beberapa ciri ban yang menunjukan sudah saatnya diganti untuk keselamatan pengendara. Berikut cara mengenal kondisi fisik ciri ban mobil yang harus diganti. Atau kamu bisa membaca Ban Mobil yang Perlu Diganti, Kenali Ciri dan Akibatnya

  • Ban berumur 3 tahun
  • Tapak ban tipis
  • Banyak tambalan
  • Dinding ban mobil atau sidewall tire yang robek
  • Terdapat benjolan pada permukaan ban
  • Karet ban mengalami getas dan pecah-pecah
  • Kembang Ban Terangkat (Heel toe Wear)

Ban Mobil : Ini Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Bila memang sudah waktunya ganti ban, Garasi.id punya partner terpercaya nih Sahabat untuk kamu yang berencana ganti ban. Beli ban mobil melalui Garasi.id di Sinar Feilindo, Sahabat bisa mendapatkan promo ban mobil hingga 45%.

Saat memutuskan membeli mobil bekas, kamu perlu 2 kali lipat lebih teliti dalam pengecekan. Cek kondisi mesin sudah, cek kondisi bodi sudah, tapi masih ada satu lagi yang perlu di cek jika ingin memilih mobil bekas Sahabat Garasi. Yaitu ban mobil bekas, ada tidak ban cadangan dipilihan mobil bekas Sahabat Garasi. Kalau ada, itu jadi poin plus untuk pilihan mobil bekas Sahabat Garasi. Kamu juga bisa membaca Ban Mobil Bekas Jadi Bagian Yang Wajib Dicek

Ban Mobil : Ini Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Selain mendapatkan ban mobil bekas beserta peleknya, ban mobil bekas cadangan ini jelas akan sangat membantu Sahabat Garasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Karena seperti diketahui bersama, kondisi lalu lintas dan jalanan di Indonesia yang kurang bersahabat mengharuskan kita selalu membawa ban cadangan.

Terlebih saat setelah memilih mobil bekas, dan langsung memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh. Sudah pasti kesiapan mobil dan ban cadangan itu sangat dibutuhkan.

Lalu jika ban cadangan ada pada pilihan mobil bekas pilihan kita, apa lagi yang perlu diperhatikan ya? Pastinya harus waspada dan selalu berkendara dengan baik dan benar. Karena jangan pernah merasa aman saat berkendara, dengan membawa ban cadangan.

Kenapa ban cadangan pada mobil menjadi penting? Sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 57 dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 6 dan Pasal 43, kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi perlengkapan kendaraan bermotor, termasuk ban cadangan.

Nah Sahabat, itulah informasi soal ban yang perlu kamu ketahui mulai dari memilih, perawatan ban, hingga memahami ban cadangan. Semoga informasi tentang ban mobil diatas bisa menambah wawasan Sahabat Garasi semuanya. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Jul 2020 | 11:48 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

perawatanbanmemilihbantipsandtrikbanmobilpromogarasiidSolusiPuas