Ban mobil
Kecepatan Ban Mobil

Ban Mobil Punya Batas Kecepatan, Begini Cara Mengetahuinya

27 Apr 2021 | 12:39 WIB

Ban jadi salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk mobil. Ketika ingin mengganti ban mobil, kamu wajib paham spesifikasi yang dipilih agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, memilih ban mobil bukan cuma berdasarkan ukuran tapak, diameter, dan lebar bar saja, pemilik disarankan memahami batas kecepatan maksimal pada ban.

Ban Mobil Punya Batas Kecepatan, Begini Cara Mengetahuinya

Batas kecepatan suatu ban bisa dilihat pada kode yang biasanya diinformasikan pada bibir ban, berupa huruf abjad.

"Indikator batas kecepatan maksimum, ada di dinding ban mobil. Biasanya ditandai dengan huruf abjad yang tertera di belakang 2 angka load index," ujar Zulpata yang dilansir dari kumparan, belum lama ini.

Huruf abjad, lanjut Zulpata, mengklasifikasi kecepatan yang berbeda-beda. Umumnya batas kecepatan paling rendah dimulai dari huruf B yakni 50 km per jam, sampai kecepatan paling tinggi 300 km per jam dengan huruf kode Y.

Biar lebih memudahkan Sahabat, berikut ini adalah gambar tabel batas kecepatan pada ban mobil yang perlu diketahui:

Ban Mobil Punya Batas Kecepatan, Begini Cara Mengetahuinya

Jangan salah pilih

Pasti Sahabat berpikir untuk menggunakan kode indeks dengan kecepatan yang lebih tinggi. Namun Zulpata mengatakan, demi kenyamanan gunakan ban sesuai standar dan rekomendasi pabrikan masing-masing.

Ban Mobil Punya Batas Kecepatan, Begini Cara Mengetahuinya

Dia mencontohkan, biasanya untuk mobil harian akan menggunakan ban mobil dengan kode indeks di bawah H atau punya maksimum kecepatan sampai 210 km per jam.

"Ban pasti jadi panas, kemungkinannya mobil akan jadi kurang stabil, jadi misal kalau kita pakai ban mobil spesifikasi harian dengan batas kecepatan di bawah 210 km per jam, lalu kita sering paksakan pakai di sirkuit, pasti akan terasa limbung, kurang stabil, dan di tikungan bisa jadi understeer, daya pengereman juga bisa jadi berkurang," jelasnya.

Meski begitu, pemilihan ban mobil tak sesuai kode batas kecepatan tak akan sampai membuat ban mobil meledak ketika digunakan. Paling terasa adalah berkurangnya sektor kenyamanan saja.

"Berdasarkan pengetesan kami untuk high speed test, itu ban akan dijalankan dengan kecepatan yang terus meningkat oleh sebuah mesin, dia perlu waktu berhari-hari sampai akhirnya pecah. Jadi kalau hanya beberapa menit dan kecepatannya tidak konstan, saya rasa tidak akan sampai pecah," terangnya.

Jadi, sudah paham kan Sahabat cara memilih ban yang sesuai dengan spesifikasi mobil kita? Paling mudah, ikuti saja semua instruksi pada buku manual dan tentunya lakukan pengecekan secara rutin pada kondisi dan tekanan angin ban.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 27 Apr 2021 | 12:39 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbanmobilgarasiidkumparantipsotomotif