Oli berfungsi untuk menjadi pelumas saat mesin bekerja
Lakukan penggantian oli dengan baik dan benar

Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut

23 Agt 2019 | 10:01 WIB
BAGIKAN

Mendeteksi kerusakan pada mobil tidak hanya dapat dilakukan dengan mengecek kondisi mesin. Sahabat bisa mendeteksi kerusakan mobil dari bau-bauan yang muncul pada mobil, misalnya saja seperti bau sangit atau terbakar. Biasanya bau terbakar ini dapat muncul karena penyebab yang berbeda-beda. Namun bisa jadi pula hal ini adalah tanda-tanda terjadinya kerusakan pada mobil kamu lho. Jika kondisi ini terjadi pada mobil Sahabat maka jangan panik dan tetap tenang. Cari terlebih dahulu penyebab mobil bau sangit dan kemudian cari cara untuk mengatasinya.

Bau Setelah Mengganti Oli

Melakukan penggantian oli harus dilakukan secara benar, jika oli melebihi kapasitasnya oli tersebut akan menetes ke dalam sistem pipa gas buang (knalpot) atau bagian lain. Bau oli terbakar yang timbul akibat oli yang menetes tadi dikarenakan oli terkena panas saat mesin bekerja. Jika memang kebocoran terjadi, oli akan ikut terbakar, namun bau yang ditimbulkan tidak akan terlalu lama.

Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut

Baca juga: Ciri montor nakal di bengkel mobil, kamu wajib tahu


Saringan Oli Kendor Saat Pemasangan

Filter oli merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyaring oli didalam. Jika tidak dipasang dengan benar, maka oli akan merembes di sekitar saringan oli dan merambat ke saluran pipa gas buang.  Gejala paling parah dari kejadian ini adalah oli yang menetes dengan deras dan terjadi genangan oli pada bawah mobil. Jika ini terjadi, segeralah perbaiki, karena akan menimbulkan kerusakan yang parah di dalam mesin.

Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut

Baut Pembuangan Oli Tidak Kencang

Panci oli memiliki baut pembuangan dibagian paling bawah dan jika dalam keadaan rusak atau tidak kencang dalam pemasangannya maka oli akan bocor. Jika terjadi kebocoran oli sampai ke pipa pembuangan akan menciptakan bau oli terbakar di dalam mobil.

Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut

Jika masalah ini parah, maka oli akan keluar lebih banyak dan menimbulkan genangan oli dibawah mobil saat berhenti atau parkir. Jika mobil kamu tetap digunakan dalam kondisi ini, indikator tanda oli mesin di speedometer akan menyala dan lama kelamaan mesin bisa terbakar karena gesekan yang terjadi di dalam mesin.

Gasket Yang Rusak

Umur dari komponen ini terbilang cukup lama, dan jarang diperhatikan oleh para pemilik atau mekanik mobil. Kerusakan pada gasket bisa ditandai dengan bau oli yang terbakar tanpa berhenti dan jumlah oli yang semakin berkurang secara drastis ketika kita mengeceknya melalui dipstick. 


Kesimpulannya, jika kamu baru saja mengganti oli lalu timbul bau seperti terbakar segera periksa kolong mobil dan ruang mesin, apakah bau tersebut timbul karena oli yang tumpah ke ruang mesin atau justru ada oli yang menetes di kolong mobil kamu. Jika ditemukan oli menetes di bawah kolong mobil, segera bawa kembali mobil kamu ke bengkel tempat mengganti oli dan minta untuk segera diperbaiki.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 23 Agt 2019 | 10:01 WIB
BAGIKAN