Garasi.id
Perlengkapan dimobil saat hujan

Bawaan Wajib Pengendara Mobil Saat Hujan

08 Jan 2019 | 11:01 WIB
BAGIKAN

Saat berkendara, segala perlengkapan itu harus dilengkapi karena kita tidak pernah tau bagaimana kondisi saat kita berada dijalan terlebih lagi saat hujan. Tidak hanya para pengendara motor saja yang wajib sedia peralatan anti air untuk menerjang hujan di jalan. Para pengendara mobil juga perlu mempunyai bawaan wajib saat musim hujan. 

Bawaan Wajib Pengendara Mobil Saat Hujan

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar, Simak ini

Sebagai pakar safety riding, Bintarto Agung (IDDC) dan Anggota Club FD Squash Indonesia membenarkan meski berkendara dengan mengunakan mobil, para pengendara juga harus tetap sedia peralatan atau aksesori untuk meminimalisir basah karena hujan. Adapun barang wajib para pengendara roda empat adalah 

1. Payung

Bawaan wajib pengendara roda 4 saat hujan itu payung, karena saat turun mobil payung itu sangat berguna sekali. Namun untuk penempatan payung sendiri tidak bisa sembarangan. "payung harus diletakkan di cabin kendaraan bagian belakang agar tidak menganggu pengendara". ucap Tato, panggilan akrab untuk Presiden Director IDDC ini. 

2. Jas ujan

Jas ujan sangat berguna untuk mengurangi tubuh terkena hujan saat harus menuju atau meninggalkan kendaraan. "Untuk jas ujan, sebaiknya menggunakan yang model jacket karena akan lebih nyaman dan tidak menganggu kemampuan gerak pengemudinya".sambungnya.

3. Sandal

Sandal berguna untuk menggantikan sepatu agar tidak basah atau kotor saat turun kendaraan. Dari beberapa bawaan wajib yang sudah disebutkan, peralatan tersebut diharapkan tidak mengangguan saat berkendara. "Sehingga tidak mengurangi konsentrasi, tidak nyaman, dan kurang fleksibel dalam bergerak". Tambah Tato, Minggu (25/1).

4. Kanebo atau Lap

Kanebo atau lap berguna untuk mengelap pengendara bila basah saat hendak masuk atau keluar kendaraan."kalo gue si wajib banget bawa kanebo, biar kalau hujan udah berenti bisa langsung gue lap". ungkap Satrya Aditya (Adit), Anggota Club FD Squad Indonesia.

5. Jaket atau Baju Ganti

Jaket atau baju ganti perlu dibawa saat hujan karna bila sewaktu-waktu pakaian yang digunakan basah atau kusut. "bawa baju ganti buat kalau harus ketemu orang dan pakaian kita udah berantakan karena hujan, ya minimal jaket buat nutupin baju yang berantakan", pungkas Adit.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 08 Jan 2019 | 11:01 WIB
BAGIKAN