Mobil
Cara Aman Saat Mengemudi

Beberapa Cara Aman Saat Mengemudi di Jalan Raya yang Perlu Sahabat Ketahui

23 Sep 2018 | 15:00 WIB

Saat mengemudikan kendaraan baik untukmobil maupun motor, setiap pengendara diwajibkan untuk selalu menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Belum lagi ditambah dengan jalanan diperkotaan saat ini memiliki lalu lintas yang padat, untuk itu pengendara diharuskan untuk selalu waspada.

Beberapa Cara Aman Saat Mengemudi di Jalan Raya yang Perlu Sahabat Ketahui

Beberapa waktu lalu sendiri telah dilakukan operasi yang berlangsung selama 3 hari di kota Malang. Dalam operasi tersebut tercatat mendapati sebanyak 566 pelanggaran lalu lintas. Tentunya hal tersebut terjadi karena kurang sadarnya pengendara tentang keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Dalam operasi tersebut pun langsung dilakukan tindakan tegas dengan memberi surat tilang yang nantinya harus mengikut jalur persidangan.

Melihat dari fenomena tersebut, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota, AKP David T Prasojo pun memberikan sedikit tips mengenai aman berlalu lintas di jalan raya, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengendara untuk lebih tertib dan aman ketika mengemudikan kendaraan kesayangannya.

"Kota Malang ini, kota pendidikan. Banyak pendatang, dari berbagai macam daerah dan etnis. Banyaknya pendatang ini juga berdampak kepada banyaknya kendaraan di Kota Malang, sehingga tidak aneh lalu lintas di Kota Malang padat," papar David seperti mengutip laman Suryamalang Tribunnews.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak Kepolisian di Malang Kota, ternyata ditemukan bahwa banyak pelanggar yang statusnya masih mahasiswa. David pun menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah diberikan.

Ingin tau cara tertib berlalu lintas? Berikut sedikit tips dari David:

1. Ketika berkendara diharapkan untuk menggunakan kendaraan yang lengkap dan juga baik. Yang dimaksudkan adalah sesuai standar yang telah diberikan oleh pihak pabrikan. Mengingat dari pihak perusahaan telah mendesain sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada para konsumennya.

2. Memperhatikan kondisi fisik juga penting, jangan berkendara saat dalam kondisi kurang baik. Oleh sebab itu saat berkendara pastikan tubuh dalam keadaan yang fit.

3. Ketiga, berkendaralah dengan rasa empati. Berkendara dengan empati itu antara lain tidak ugal-ugalan, dan tidak mudah emosi. Kalau melihat ada orang lain ugal-ugalan, janganlah kita ikut ugal-ugalan.

Well.. selalu tertib berlalu lintas ya Sahabat!!! [DeF]

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:42 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinetips