Velg Mobil
Bedakan Velg Asli atau Palsu

Begini Bedakan Velg Asli dan Abal-abal!

26 Jul 2019 | 19:01 WIB

Saat Sahabat Garasi memiliki kendaraan roda empat, salah satu bagian mobil yang sering dirombak pasti velg. Namun rasa prestis itu justru akan berubah menjadi kekecewaan ketika Sahabat tertipu velg replika, alias palsu. Banyak pemilik mobil tak bisa membedakan antara velg asli dengan replika. Sebab, sepintas lalu sosok kedua velg tersebut sama.

Begini Bedakan Velg Asli dan Abal-abal!

Agar Sahabat tak terkecoh lagi, seorang Kepala Mekanik di Nawalis Car Care Specialist, Thomas Setiawan memberikan tips membedakan velg asli dengan replika. Thomas menuturkan, ada beberapa poin yang bisa digunakan untuk membedakan velg asli dengan replika. "Bedanya dari berat dan kualitasnya. Kalau velg asli lebih awet atau tahan lama dan biasanya ada lambang aslinya. Velg asli juga lebih ringan bila dibandingkan dengan yang replika (kw)," katanya, di Nawalis Car Care Specialist, Radio Dalam, Jakarta seperti yang dilansir dari Jawapos.com beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, harga dari velg asli dan replika berbeda. Velg asli, harganya dua sampai tiga kali lipat lebih mahal daripada velg replika. Selain memastikan keaslian, disarankan agar Sahabat membeli velg yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Sebab, velg tidak sesuai spesifikasi juga berpotensi merugikan atau mengakibatkan kerusakan kendaraan.

Baca juga: Musuh Pelek Mobil Itu Debu Kampas Rem!

"Di velg itu ada Outch Circle Diameter (PCD) dan offsetnya, Jadi harus dilihat dulu. Nah, kalau velg sesuai spesifikasi dari standar atau aslinya, naik dua ram. Bila masih di dua ram masih toleransi, tapi kalau lebih dari dua ram itu sayang di kaki-kaki, mobil jadi cepat kena. Kalau misalnya ram nambah banyak, ban jadi nambah tipis juga dan akhirnya akan kurang nyaman juga," tutupnya. 

Nah, setelah Sahabat menemukan velg yang pas, jangan lupa memberikan perawatan secara baik. Thomas mengatakan bahwa velg harus sering dicuci. Tak ada aturan baku penggunaan jenis sabun. Agar velg tetap kinclong, Thomas menyarankan agar menggunakan cairan khusus untuk velg.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 21:21 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipstrikvelgamanotomotifjakartadepokbekasitanggerang