Debus Kampas Rem
Velg Mobil

Musuh Pelek Mobil Itu Debu Kampas Rem!

19 Apr 2019 | 18:40 WIB

Mengeluarkan dana besar untuk sebuah pelek demi tampilan kece pada mobil bekas atau baru, itu sah-sah saja. Namun setelah memiliki pelek, tahu tidak musuh utama dari pelek itu apa? Jawabannya ialah debu kampas rem Sahabat.

Hmm, kok bisa ya? Tentu ini ada penjelasannya, debu kampas rem atau disc brake bisa jadi satu hal yang membahayakan untuk pelek. Karena jika tidak dibersihkan dengan segera, kotoran atau debu disc brake ini akan semakin berkerak dan susah untuk dibersihkan.

Hasilnya pelek akan terlihat kusam, sehingga disarankan untuk terus membersihkan pelek kesayangan Sahabat segera mungkin setelah berkendara.

Musuh Pelek Mobil Itu Debu Kampas Rem!

Lalu ada tidak ya perawatan khusus untuk sebuah pelek? Untuk sebuah pelek memang tidak ada perwatan khusus, karena pelek mobil dilahirkan sudah melalui berbagai tahap, layaknya sebuah cat mobil. 

Memang diakui ada cairan-cairan kimia tertentu untuk membersihkan pelek. Namun cairan itu dibutuhkan jika pelek sudah terdapat kotoran yang sulit dihilangkan. Akan tetapi disarankan, untuk lebih rajin membersihkan pelek setiap harinya.

Baca juga: Semahal Apapun Pelek, Hajar Lubang Pasti ‘Peang’

4 Cara Membersihkan Velg Mobil

Pelek mobil yang kotor dan berkerak memang tidak enak dipandang mata, padahal usia pelek mobil Sahabat masih tergolong baru tetapi terlihat berkarat seperti pelek bekas. Sahabat pastinya akan jengkel jika noda di pelek mobil Sahabat susah dibersihkan dengan air dan sabun saja.

Lalu bagaimana cara membersihkan noda dan karat pada pelek mobil? Sahabat tidak perlu khawatir berikut terdapat beberapa tips yang akan membantu mengatasi masalah Sahabat mengenai cara membersihkan pelek mobil seperti dilansir dari laman shoroommobil.co.id.

1. Air hujan dan genangan banjir sangat rentan menimbulkan korosi pada pelek, maka dari itu segera bersihkan mobil Sahabat setelah terkena hujan dan menggenangi banjir, karena air banjir sangat kotor dan jangan biarkan sampai mengering. Cara yang tepat yaitu bersihkan menggunakan air sabun hingga bersih, lalu keringkan menggunakan kanebo dan lap kering.

2. Noda yang membandel pada pelek memang menjengkelkan, namun jangan menghilangkannya menggunakan bensin, sebab senyawa dalam bensin dan pelek akan menimbulkan karat. Untuk menghindarinya gunakan cairan khusus untuk membersihkan lapisan pelek yang berkualitas tersedia dipasaran.

3. Saat pencucian pelek mobil, gunakan spon halus dan hindari penggunaan sikat yang kasar untuk menjaga pelek dari goresan.

4. Dan terakhir sebagai pelindung dari kotoran dan debu pada pelek mobil, gunakan lapisan wax untuk melapisi pelek mobil yang juga berfungsi untuk memudahkan Sahabat saat membersihkan pelek dari kotoran dan debu.

Cara membersihkan dan merawat pelek mobil diatas dapat Sahabat jadikan refrensi untuk mengatasi masalah pada pelek mobil Sahabat, selain untuk menjaga supaya pelek tetap awet, kokoh, dan mengkilap tetapi juga menghemat anggaran untuk penggantian pelek baru dan melakukan pelapisan ulang pada pelek mobil Sahabat. Lakukan perawatan pada pelek Sahabat minimal 6 bulan sekali agar hasil lebih maksimal. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Sahabat semua.

Foto : Garasi.id