Pelek lebar
Modifikasi Pelek Ban

Mau Ganti Pelek Lebih Lebar? Boleh Hal Itu Tidak Haram

20 Feb 2019 | 14:40 WIB

Terkadang, kita sebagai pengendara ingin melakukan perubahan tampilan pada kendaraan kesayangan kita. Salah satunya dengan mengubah pelek dan ban pastinya. Hal itu di jamin tidak haram alias sah-sah saja. Namun semua itu ada hitungannya ya Sahabat Garasi, tidak langsung mengubah begitu saja.

Seperti untuk terus mengutamakan standar pabrikan pelek dan ban yang dipilih pabrikan. Seperti contoh sederhana, jika kita ingin up grade pelek dan ban yang harus diperhatikan tetap standar pabrikan mobil itu berapa.

Mau Ganti Pelek Lebih Lebar? Boleh Hal Itu Tidak Haram

Pertama yang harus diperhatikan dimensi ban. Contohnya mobil A ukuran ring 14, pastikan Sahabat Garasi tidak tiba-tiba langsung mengubah ke ukuran 18 inci. Ada hitungannya. Minimal sama tingginya. Misalnya ukuran 175/65-14, mau naikin ke ring 15 boleh, jadi 185 tapi aspek rasionya turun jadi 60, tingginya jadi sama. Sehingga semuanya sesuai dengan perhitungan pabrik, dan ini bisa berpengaruh ke konsumsi bahan bakar yang sesuai, serta akan berpengaruh pada pengereman juga. Sehingga minimal naik satu atau turun satu.

Selanjutnya yang harus diperhatikan ketika meningkatkan ukuran roda kendaraan adalah load index harus tetap mengacu pada rekomendasi produsen mobil. Load index merupakan sebuah indeks kemampuan ban menopang beban pada kendaraan.

Misalnya pada ban itu ada tulisan 185/65 R15 82H, 82 itu load index. Load index itu kemampuan ban menopang beban. Load index enggak boleh turun sama sekali, itu harus sama karena menyangkut kemampuan ban. Karena pabrikan otomotif sudah dihitung ban dengan beban seperti apa yang cocok.

Sahabat tidak bisa memaksakan mengganti dengan ukuran yang lebih dari standar yang sudah ditentukan pabrikan karena akan berdampak negatif.

Apa saja dampak yang ditimbulkan?

1. Mengubah ukuran dan profil ban

Perubahan ukuran pelek pastinya akan berpengaruh terhadap ukuran ban, termasuk profil ban mobil. Jika mobil menggunakan pelek yang lebih besar daripada ukuran standar, maka ada hal yang harus dikorbankan untuk menyesuaikan ukuran pelek, ban, dan juga ruang spakbor. Misalnya, dengan menggunakan ban yang lebih tipis.

Baca juga: Mau Ganti Pelek Mobil? Simak, Ini Diameter Yang Cocok

2. Menimbulkan getaran pada mobil

Penggunaan pelek besar dan ban tipis bisa menimbulkan getaran yang lebih kencang daripada sebelumnya. Ban yang lebih tipis akan menurunkan kemampuan ban dalam menyerap getaran di jalan. Getaran yang dirasakan ini dapat membuat pengemudi dan penumpang menjadi kurang nyaman. Apalagi jika mobil sedang melewati jalanan yang kurang rata atau berlubang, getaran pasti akan lebih terasa. Tenaga yang dihasilkan oleh pelek besar terhadap lubang akan lebih besar dibandingkan dengan pelek standar.

3. Beban putar kemudi lebih berat

Selanjutnya, perubahan diameter pelek dan ban ini juga akan berpengaruh terhadap beban putar kemudi. Semakin besar pelek yang digunakan pada mobil, maka beban putar kemudi akan semakin berat.

Hal ini juga akan berimbas kepada komponen kaki-kaki mobil, seperti bearing roda, tie-rod, roda gigi kemudi, ball-joint, dan sebagainya. Bahkan, penggunaan bahan bakar bisa lebih boros karena bobot mobil bertambah akibat perubahan ban dan pelek.

4. Jarak pengereman lebih panjang

Nah, ini merupakan hal penting yang harus selalu diingat sebelum mengganti pelek dan ban mobil. Ukuran pelek yang lebih besar membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang dari biasanya.

Hal ini terjadi karena rem akan menopang seluruh bobot pelek yang lebih berat dan diameter pelek yang lebih besar daripada sebelumya. Akibatnya, mobil membutuhkan waktu pengereman yang lebih lama serta jarak yang lebih panjang.

5. Akselerasi mobil menurun

Terakhir, perubahan pada pelek dan ban akan berdampak pada akselerasi mobil. Bobot kendaraan yang lebih berat membuat mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk membuat kendaraan bergerak, sehingga akselerasi otomatis menurun.

Untuk itu, ketika ingin mengganti pelek mobil bawaan pabrikan dengan pelek lain yang lebih besar, ada baiknya Sahabat memikirkan dampak dan cara menanganinya terlebih dahulu. Pemilihan ukuran ban, serta bahan dan ukuran pelek sangat mempengaruhi kinerja mobil.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:30 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilbarubekasbanmodifikasiamanpeleklebarracingjakartaviraldepokbekasi