Garasi.id
Toko Garasi.id

Begini Cara Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Mobil

07 Jan 2019 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Bau tak sedap yang timbul di dalam mobil tidak bisa hilang begitu saja cuma hanya dengan pewangi mobil. Sisa makanan, rokok, karpet basah karena hujan bisa menimbulkan bau apek. cara menghilangkan bau dalam mobil yang benar adalah dengan membersihkan kotoran yang menjadi sumber bau. 

Bau apek pada mobil biasanya disebabkan 3 hal yaitu kotornya filter AC, kotornya kursi mobil, dan kotornya karpet mobil atau basah karena terkena hujan. Untuk penangan bau pada mobil bisa dimulai dengan cara periksa terlebih dahulu sumber bau atau mengeluarkan semua karpet di dalam mobil dan mejemurnya. Setelah memeriksa sumber bau, baru bisa mulai dibersihkan dengan cara.

Baca juga: Belanja Otomotif di Toko Garasi.id

Begini Cara Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Mobil

1. Membersihkan Filter Ac

Filter ac merupakan sumber utama bau di dalam mobil karena  masuknya udara dari luar yang lewat lubang ac. Untuk membersihkanya cukup dengan mencuci filter. "Sebelum dibersihkan, harus dipastikan ac sudah ada filter atau belum. Kalau belum harus segera di pasang untuk mengurangi kotoran yang masuk dari luar", ucap Ujang, Kepala cabang AutoCar Gallery Polish, Cinere Mall (Cinere), Area parkir utara. Tlp. 021-92926495. 

2. Jok Mobil 

Kursi mobil juga merupakan salah satu sumber bau. Biasanya jok yang berubah warna menjadi kusam menjadi penanda bahwa daerah tersebut kotor. Kotornya kursi sebagian besar disebabkan oleh keringat yang menempel pada pakaian yang kemudian duduk dan menempel pada bagian bawah kursi maupun sandaran kursi, lama-kelamaan keringat akan menimbulkan bau tak sedap pada kursi. "Cara membersihkan kotoran pada jok mobil cukup dilakukan dengan cara mencuci ringan dengan lap untuk jok berbahan kulit", sambung pria berumur 28 tahun ini.

3. Karpet Mobil

Karpet mobil juga bisa menyebabkan bau karena kotoran yang terbawa oleh alas kaki masuk ke mobil, sisa-sisa makanan yang terjatuh ke karpet, abu rokok atau bahkan air hujan yang membasahi sepatu dan menempel pada karpet mobil. "untuk membersihkan karpet bisa dengan cara dicuci karpet karetnya, sedangkan karpet dasar bisa dengan cara di angin-anginkan dengan udara atau pengering rambut". Jelas Denny Andriyanto, Owner Excellent, Jl. Pelita Abdul Majid No. 5A, Cipete Utara, Jakarta Selatan Tlp. 021-7210088, Sabtu (24/1).

Bila cara manual masih kurang ampuh atau masalah bau apek yang ditimbulkan sudah parah karena hal seperti terendam banjir, Sahabat disarankan agar membawa mobil kesalon mobil untuk penanganan interior care. Dan untuk perawatan kendaraan Sahabat bisa cek di Toko Garasi.id, karena di Toko Garasi.id Sahabat bisa membeli paket perawatan kendraan seperti perawatan ban, ganti oli, perawatan mesin, perawatan mobil, inspeksi mobil, dan paket spesial

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Jan 2019 | 17:00 WIB
BAGIKAN