Waspada Jika Gejala Menyentak Mulai Muncul
Waspada Jika Gejala Menyentak Mulai Muncul

Begini Cara Mengatasi Mobil Matic Suka Jedug!

07 Apr 2023 | 11:00 WIB

Cara mengatasi mobil matic suka jedug perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan. Pasalnya, masalah mobil yang jedug atau menyentak saat dinyalakan ternyata tidak hanya terjadi pada kendaraan manual saja. Gejala seperti itu perlu diwaspadai oleh para pengemudi mobil matic. Sebab pasti ada sesuatu yang tidak beres pada sejumlah komponen penting pada mobil. Penyebab umum yang sering terjadi biasanya adalah jarang dilakukannya servis berkala, tidak melakukan perawatan rutin, atau asal-asalan saat melakukan transmisi. Diagnosa teknis awal umumnya adalah terjadinya kerusakan pada solenoid atau hydraulic yang kotor. 


Lakukan Perawatan Rutin Pada Transmisi Matic

Lakukan Perawatan Rutin Pada Transmisi Matic


Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh masalah lain. Dilansir dari sumber otomotif terpercaya, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi mobil matic yang suka jedug.


1. Oli Transmisi Kotor Dan Bocor

Penyebab mobil matic nyentak alias jedug adalah terkadang adalah masalah pada oli transmisi yang sudah kotor. Artinya, oli transmisi tersebut perlu diganti. Untuk diketahui, cara kerja mobil transmisi otomatis adalah dengan menggunakan sistem hidrolik. Sistem tersebut mengandalkan oli matic guna mengontrol transmisi. Oleh sebab itu, jika oli sudah kotor atau bahkan rusak, maka dapat dipastikan sistem kerja transmisi akan terpengaruh. Hal itu bahkan dapat membuat mobil mengalami perpindahan gigi secara otomatis. 


Kebocoran pada bagian oli transmisi juga kemungkinan penyebab mobil matic jedug. Seperti kasus sebelumnya, jika oli sudah terganggu, maka sistem di dalam mesin akan bermasalah. Hal serupa juga akan terjadi jika oli transmisi aus dan kotor. Kondisi itu akan membuat tekanannya tidak akan mampu mengangkat perpindahan gigi dengan sempurna. Masalah tersebut akan membuat dihasilkan oleh mesin pun tidak sesuai dan getaran mobil akan berpindah ke rpm tinggi. Perpindahan yang mendadak inilah yang kemudian menghasilkan hentakan pada mobil dan membuat jedug.


2. AT Solenoid Mengalami Kerusakan

AT solenoid merupakan komponen penting yang membuat mesin mobil bekerja secara optimal. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan clutch dan brake untuk mengatur aliran oli pada mesin. Jika komponen yang bekerja secara elektrik berdasar perintah Transmission Control Module (TCM) ini rusak, maka sudah pasti akan menjadi penyebab mobil matic nyentak karena kerja aliran oli terganggu.


3. Salah Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown

Pada mobil-mobil model lawas, kesalahan pada penyetelan kabel accelerator kickdown dapat menjadi sumber pemicu mobil matic nyentak dan jedug. Sebab, kabel accelerator kickdown terletak pada bagian throttle valve yang tergabung dalam satu bagian dengan accelerator pedal gas. Jika penyetelan atau pemasangannya tidak tepat, maka dapat menyebabkan kendala mobil jedug dengan sendirinya.


Bawa Mobil Ke Bengkel Resmi Agar Pemeriksaan Lebih Teliti

Bawa Mobil Ke Bengkel Resmi Agar Pemeriksaan Lebih Teliti


4. Masalah pada Komponen Elektrik

Jika pada mobil lawas ada kemungkinan masalah pada accelerator kickdown, maka pada mobil keluaran terbaru, pemicunya bisa karena terjadi masalah pada komponen elektrik Transmission Control Module (TCM). Dalam TCM, terdapat banyak komponen komputer transmisi, aktuator, dan sensor yang mengatur sistem kerja AT clutch dan brake dengan bantuan sistem tekanan hidrolik. Jika satu saja dari bagian sistem elektrik ini mengalami masalah, maka mobil matic bisa mengalami jedug.


5. Komponen Brake dan Clutch Aus

Penyebab mobil matic jedug berikutnya adalah aus pada brake dan clutch. Kedua komponen ini adalah bagian paling penting dari mobil matic. Ini terdiri dari susunan plat kopling basah dan keduanya bekerja dengan bergesekan satu sama lain untuk mendukung sistem kerja mesin. Jika brake dan clutch mengalami keausan akibat usia penggunaan, maka kinerja mesin akan terganggu dan menyebabkannya jedug atau nynetak. 


6. Rasio Gigi Mundur

Pada mobil matic konvensional, mesin bisa berfungsi dengan maksimal jika mendapat performa terbaik dari gigi mundur. Komponen ini berpengaruh pada perpindahan transmisi ketika berkendara. Oleh karena itu, jika gigi mundur ini memiliki rasio yang tidak sesuai, maka hal itu dapat menjadi biang kerok penyebab mobil matic nyentak. Satu-satunya solusi mengatasi masalah ini adalah penyetelan ulang pada rasio gigi mundur.


Sekarang Sahabat tahu cara mengatasi mobil matic suka jedug. Hampir semua penyebab mobil matic jedug atau nyentak adalah kerusakan pada komponen di dalam mesin. Oleh karena itu, sudah pasti harus diketahui dulu secara pasti sumber pemicu. Namun bukan berarti transmisi ini tidak bisa diperpanjang usianya. Dengan perawatan dan pemakaian yang benar, matic masih bisa digunakan sampai 10 tahun tanpa ada masalah. Andai harus dibongkar, kerusakan juga tidak akan parah.


Begini Cara Mengatasi Mobil Matic Suka Jedug!


Jika terjadi kerusakan, biaya perbaikan transmisi matic cukup mahal Sahabat. Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas pastikan sudah lulus inspeksi. Sahabat bisa sikat promo INSPEKSI + FREE KONSULTASI dengan harga mulai 249Ribu untuk membantu kamu dalam melakukan pengecekan kendaraan dilakukan lebih dari 170 point mobil secara menyeluruh. Informasi lengkap silahkan hubungi customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 30 Apr 2023 | 21:49 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilmobilmatictransmisimatic
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family