Prioritas Berkendara
Berkendara di Jalan Menurun dan Menanjak

Berkendara Bentrok di Tanjakan atau Turunan, Siapa Duluan?

09 Agt 2018 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Penting untuk diketahui, saat kendaraan bentrok di tanjakan atau turunan, pengemudi yang menanjak seharusnya mendapat prioritas. Hal itu bukan hanya direkomendasikan dari kacamata keselamatan berkendara tetapi juga diatur dalam regulasi pemerintah. 

Saat kendaraan menanjak butuh banyak usaha. Pengemudi juga harus konsentrasi memposisikan mobil, menjaga agar mobil tidak mundur karena gravitasi, dan berusaha tetap stabil sebab bisa saja ruang pandang terbatas. 

Berkendara Bentrok di Tanjakan atau Turunan, Siapa Duluan?

Pengemudi yang menghadapi turunan dianggap lebih ringan menghadapi rintangan. Pengemudi cukup menjaga pengereman sambil memposisikan mobil sesuai jalan. 

Baca Juga: Berbahaya, Jangan Injak Rem Terus-menerus di Jalan Menurun

"Saat menanjak dan menurun, kalau pada aturannya selalu memprioritaskan mobil dari bawah karena mobil dari bawah membawa beban dan harus memelihara momentum. Makanya di tanjakan itu biasanya jalur jalan dari bawah lebih lebar dari atas," jelas Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, yang dilansir dari laman Kompas.com, Senin (11/6/2018). 

Aturan prioritas tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Pada Pasal 111 dikatakan, "Pada jalan yang menanjak atau menurun yang tidak memungkinkan bagi Kendaraan untuk saling berpapasan, Pengemudi Kendaraan yang arahnya menurun wajib memberi kesempatan jalan kepada Kendaraan yang mendaki".

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 09 Agt 2018 | 20:00 WIB
BAGIKAN