Garasi.id
Jarak Aman Saat Berkendara

Berkendara di Jalan, Ini Jarak Aman Yang Harus Kamu Ingat

19 Des 2018 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Buat Sahabat yang akan pergi berlibur untuk Natal dan Tahun Baru, ketika berkendara sangat penting untuk menjaga jarak aman untuk menghindari kecelakaan. Kecelakaan di jalanan terkadang terjadi begitu cepat, bahkan kecelakaan bisa terjadi dalam hitungan detik. Namun yang jadi catatan, biasanya kecelakaan itu terjadi akibat kelalaian kita sebagai pengendara lengah menjaga jarak kendaraan kita dengan kendaraan yang berada di depan kita.

Berkendara di Jalan, Ini Jarak Aman Yang Harus Kamu Ingat

Baca juga: Di Garasi.id Dengan 25 Ribu, Libur Natal dan Tahun Baru Jadi Terlindungi

Untuk menghindari hal tersebut, kira-kira berapa jarak yang tepat saat kita berkendara ya? Sebenarnya ada cara sederhana untuk mengetahui apakah kendaraan kita terlalu dekat atau tidak dengan kendaraan lainnya.

Caranya cukup melihat ban belakang kendaraan yang ada di depan kita saat berkendara. Saat ban mobil di depan kita masih terlihat, artinya kita masih berada dalam jarak yang aman. Namun jika ban belakang kendaraan yang berada di depan kita tidak terlihat, maka besar kemungkinan kendaraan kita terlalu dekat dengan kendaraan lainnya.

Selanjutnya, demi menghindari kecelakaan di jalanan kecepatan juga menjadi faktor utamanya. Mengukur kecepatan yang ideal kendaraan kita dengan kendaraan yang berada di depan, minimal harus mencapai tiga detik. Artinya jika ada kendaraan lain melintas di depan kita, hitung 3 detik sebelum kita mulai jalan.

Bisa diartikan juga, saat kecepatan kendaraan kita mencapai 20 km/jam itu bisa memakan jarak hingga 5 meter jika dalam hitungan tiga detik. Tapi kalau kecepatannya 100 km/jam dalam hitungan tiga detik itu tidak mungkin akan memilik jarak 5 meter saja. Bisa saja perbedaan jaraknya mencapai 50 meter.

Meski demikian memang kecepatan ini tidak memiliki angka pasti soal perbedaan jarak. Namun yang pasti saat Sahabat Garasi masih bisa melihat ban kendaraan yang berada di depan kendaraan kita. Bisa dipastikan itu sudah memiliki jarak yang aman, dan pastikan untuk mengatur kecepatan secara konstan.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 19 Des 2018 | 12:00 WIB
BAGIKAN