Pentingnya Perawatan Interior Dan Eksterior
Pentingnya Perawatan Interior Dan Eksterior

Bersihkan Mobil Kamu Dari Sarang Binatang, Begini Langkahnya!

27 Jun 2022 | 10:16 WIB

Kebersihan interior mobil sangat penting untuk kenyamanan berkendara ya, Sahabat Garasi. Untuk itu, diperlukan perawatan maksimal dalam kebersihan interior. Saat dibersihkan tak jarang, mobil Kamu jadi sarang binatang.

Bila dilihat sepintas, mungkin mobil yang diparkir di garasi tidak ada masalah apa-apa. Namun, kita patut waspada bila ruang parkirnya berada di halaman terbuka, sekalipun sudah terpasang atap kanopi. Biasanya, mobil yang lama terparkir menjadi tempat yang nyaman bagi tikus atau kecoa.

Yang namanya binatang pengganggu sudah pasti akan sulit sekali untuk dicegah keberadaannya. Saat binatang-binatang ini sudah masuk dan mulai berulah di mobil kamu, efeknya bisa sangat beragam.


 Rutin Membersihkan Ruang Mesin

Rutin Membersihkan Ruang Mesin


Binatang apa saja yang menjadi pengganggu mobil Kamu:

1.    Semut

Binatang ini kerap muncul apabila Kamu tanpa sengaja meninggalkan sisa makanan dalam mobil. Semut bisa jadi sangat mengganggu, dikarenakan ukurannya yang kecil, berkoloni, dan cepat berkembang biak

Maka jangan heran apabila Kamu meninggalkan makanan di jok belakang mobil, keesokan harinya sudah ada ratusan semut mengerumuni. Selain itu, tempat yang sering dijadikan sasaran semut adalah dasbor, dengan penyebab yang sama, dimana kamu sering lupa meninggalkan sisa makanan di sana.

2.    Tikus

Salah satu binatang dengan tingkat kebandelan yang akut, karena tikus pada dasarnya akan mengerat apa saja. Sehingga mobil bisa jadi sasaran empuk untuk menjaga supaya gigi mereka tetap tajam.

Biasanya saat mobil jadi korban tikus, akan ada kabel, maupun bagian mobil lain yang 'dikerat' oleh tikus. Fatalnya, kalau kamu tidak rajin memeriksanya, baru terasa saat mobil mengalami kendala, terutama di bagian kelistrikan mobil.


Bersihkan Area Mesin Mobil Sepenuhnya Dari Bekas Kotoran Maupun Urin Tikus

Bersihkan Area Mesin Mobil Sepenuhnya Dari Bekas Kotoran Maupun Urin Tikus


3.    Kecoa

Hampir sama dengan semut, kecoa masuk ke dalam mobil karena ada sesuatu yang dicari di dalam mobil. Namun lebih seringnya kecoa masuk karena memang terbawa oleh barang, kotak kardus misalnya.

Kecoa adalah binatang yang akan cukup sukses membuat penghuni kabin heboh jika binatang ini masuk dan berkeliaran. Apalagi jika kondisi kabin lembab karena jarang dibersihkan.

4.    Ular

Meskipun jarang terjadi di kota besar, hewan melata satu ini juga memberikan gangguan pada mobil kamu. Karena tidak mustahil ular akan masuk ke dalam mobil, di beberapa kasus masuk ke kap mesin.

Di kasus lain malah masuk ke dalam kabin tanpa sepengetahuan pemilik mobil. Efeknya juga tidak main-main, apalagi jika ular yang kebetulan mampir ke mobil kamu berbisa dan kemudian merasa terganggu.

5.    Laba-Laba

Binatang ini muncul apabila ada bagian dari mobil yang sudah lama tidak terpakai dan tidak dibersihkan sehingga berlapis debu. Laba-laba mungkin tidak akan mempengaruhi mobil secara langsung dan mengganggu performa, tapi otomatis akan memberikan kesan kumuh sekaligus 'mistis' kepada mobil kamu.


 Bersihkan Area Interior Mobil Agar Mendapat Perawatan Yang Maksimal

Lakukan Perawatan Area Interior Mobil Agar Bersih Maksimal


Perawatan Sederhana Interior Mobil Kamu

Kamu pernah melihat kendaraan yang menawan dari luar, namun ketika masuk ke dalamnya, keadaan dan kondisi interior tak semenawan luarnya. Sebagus dan sebaik apapun fitur pada kendaraan, apalagi jika sudah memodifikasi interior mobil tetapi tidak dibarengi perawatan berkala, kondisi interior mobil akan cepat rusak.

Sudah selayaknya interior mobil dirawat kebersihannya layaknya rumah sendiri. Begini perawatan interior mobil:

·         Perhatikan Kebersihan Dasbor

Tips merawat interior mobil yang pertama adalah merawat dasbor. Bagian dasbor mobil adalah bagian yang paling sering diperhatikan ketika penumpang masuk ke dalam mobil. Perlunya merawat dasbor mobil adalah karena dasbor menjadi sasaran sinar matahari karena posisinya yang ada di depan.

Untuk membuatnya tetap bersih, Kamu bisa menggunakan kuas atau kemoceng yang berguna menyingkirkan debu-debu. Bersihkan hingga ke sudut-sudut dan lubang AC di sekitar dasbor supaya tidak ada debu yang menempel. Kamu juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus setelah membersihkan dasbor untuk menjaga dashboard dari paparan sinar matahari dan membuat dasbor tidak mudah kering dan mengelupas.

·         Bersihkan Karpet Secara Berkala

Seperti yang Kamu ketahui, karpet kendaraan adalah bagian interior yang lumayan sering kotor dikarenakan menjadi alas kaki pengemudi dan penumpang. Bila dibiarkan, karpet kotor yang berisi debu dapat mengganggu kebersihan interior saat AC mobil menyala.

Tidak hanya itu, karpet yang kotor juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk membersihkan karpet, Kamu dapat menggunakan sabun cuci lalu mengeringkannya. Saat membersihkan karpet, pastikan karpet yang Kamu cuci kering agar tidak lembab.

·         Lakukan Perawatan Jok Mobil

Jok mobil juga tak boleh luput dari perawatan. Untuk merawat jok kendaraan tidaklah sulit. Kamu dapat membersihkannya dengan lap kering, sikat gigi bekas, dan penyedot debu. Pastikan membersihkan bagian-bagian jok yang agak sulit dijangkau seperti sudut-sudutnya agar jok bersih tanpa kotoran kecil apapun.

·         Sediakan Pengharum Mobil

Hal ini sering terlupakan, padahal, interior yang wangi membuat penumpang dan Kamu betah dan merasa nyaman selama di perjalanan. Sediakan pengharum mobil di dalam kendaraan. Pastikan Kamu juga mengganti pengharum secara berkala ketika pengharum habis agar interior mobilmu tetap wangi dan segar.

 Bersihkan Mobil Kamu Dari Sarang Binatang, Begini Langkahnya!


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil Kamu, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Juni Servis Hepi dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 1-30 Juni 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 27 Jun 2022 | 10:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilinteriormobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family