Frit band merupakan cat keramik yang dipanggang saat proses produksi kaca di lini pabrik sehingga tidak mungkin dikelupas atau pecah.
Selain membantu pemerataan pemuaian kaca, frit band juga berfungsi untuk mencegah sinar ultraviolet matahari

‘Bingkai’ Hitam di Kaca Mobil, Ternyata Ini Fungsinya

24 Jul 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN

Pernah memperhatikan kaca mobil? Kalau belum, cobalah amati dengan seksama. Pasti akan terlihat sebuah "bingkai" hitam mengelilingi kaca. "Bingkai" ini menyatu dengan kaca dan tak bisa dikelupas atau dirusak.

Lalu akan muncul pertanyaan, jika semua kaca memilikinya, pasti kegunaan "bingkai" itu sangat penting. Sampai setiap kaca yang mau dipasang di mobil wajib "berbingkai". Apa sih fungsi utamanya ?


Baca juga: Penyebab jamur di kaca mobil kamu


Bingkai tersebut bernama frit band. Ini merupakan cat keramik yang dipanggang saat proses produksi kaca di lini pabrik sehingga tidak mungkin dikelupas. Bila kamu melihat di pinggiran kaca depan, akan langsung terlihat bagian bintik-bintik hitam mengitari kaca. Bintik tersebut bernama frit. Bagian ini bisa dibilang sebagai salah satu komponen yang sering diabaikan dalam sebuah mobil. Padahal, bagian ini merupakan kunci bagaimana menempelkan kaca depan ke bodi.


Frit band baru digunakan secara luas pada pertengahan tahun 70-an. Di mana banyak ditemui pada sedan-sedan Amerika yang telah terlebih dulu mengaplikasi jenis kaca yang ditempel menggunakan lem. Namun, saat itu hanya sebatas untuk memperkuat media perekatnya. Dalam perkembangannya, tebal frit band diperbesar sehingga berfungsi sebagai pelindung lem. 

‘Bingkai’ Hitam di Kaca Mobil, Ternyata Ini Fungsinya

Kaca merupakan bahan yang sulit untuk ditempelkan dengan material lain. Kaca depan sendiri terbuat dari kaca safety berbahan khusus. Permukaannya tidak akan mudah menempel pada lapisan besi pada frame bodi. Untuk itulah diperlukan adanya frit. Jadi apa fungsi bingkai hitam tersebut? Bingkai hitam ini ada tiga fungsi yaitu:

Mencegah Karet Rusak

Fungsi yang paling utama adalah untuk mencegah rusaknya karet urethane penahan kaca akibat sinar ultraviolet matahari. Karet itu selain fungsi untuk mencegah air hujan masuk ke kabin mobil, namun juga menjaga posisi kaca tetap di tempatnya.

Memberikan Permukaan Lebih Kasar untuk Menempel

Frit band juga berfungsi memberikan permukaan yang lebih kasar sehingga perekat bisa menempel. Juga berfungsi untuk penghalang pandangan, mencegah orang melihat lem dari luar sehingga tampilan kaca lebih indah.

‘Bingkai’ Hitam di Kaca Mobil, Ternyata Ini Fungsinya

Penghalang Pandangan

Selain dua fungsi di atas, bingkai hitam tersebut juga berfungsi sebagai untuk penghalang pandangan, mencegah orang melihat lem dari luar. Jadi kenapa manufaktur memilih warna hitam untuk bingkai ini? Alasannya sangat mudah karena warna bingkai hitam bisa menyerap panas kaca lebih baik. Dengan demikian, pemuaian kaca akibat panas matahari terjadi tanpa kendala. Ada juga frit band yang dikombinasikan corak titik-titik pada beberapa mobil.

Foto : Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 24 Jul 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN