Kaca mobil berjamur
Kaca mobil berjamur

10 Tips Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur

01 Jun 2020 | 14:25 WIB

Musim hujan yang tidak bisa diprediksi membuat orang menjadi malas untuk membersihkan mobil. Bagaimana tidak, di Jakarta misalnya, saat pergi kerja cuaca sangat cerah sedangkan saat jam pulang kerja hujan mengguyur dengan derasnya. Belum lagi jalanan yang macet ditambah dengan genangan air kotor dimana-mana. 

Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Saat mobil terkena hujan, mau tidak mau pemilik mobil harus lebih rajin untuk merawat dan mencuci kendaraannya tersebut. Sebab bila tidak, air hujan yang menempel di mobil berpotensi membuat cat mobil jadi lebih cepat kusam serta mobil jadi lebih mudah berkarat. Apalagi air hujan yang bisa menyebabkan kaca mobil berjamur karena air tidak tersapu bersih oleh komponen wiper.

10 Tips Berkendara Irit BBM yang Perlu Diketahui


Berkendara dengan baik dan benar bisa membuat mobilmu irit BBM lho. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di artikel berikut.

Kondisi kaca yang kotor akan membuat Sahabat tidak nyaman saat berkendara. Selain tentunya mengganggu visibilitas keluar. Apalagi saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Kaca mobil yang tidak berfungsi dengan baik akan menyulitkan Sahabat ketika menyetir mobil. Seperti kaca berembun atau butiran air hujan tidak tersapu dengan baik oleh wiper.

Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Kaca mobil berjamur juga membuat pandangan buram dan memantulkan cahaya sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Ini jelas sangat berbahaya, terutama ketika hujan deras dengan daya pandang rendah. Oleh karena itu, selagi hujan belum rutin turun setiap hari, Sahabat bisa memulai perawatan kaca mobil seperti di bawah ini.

Bersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel


Langkah pertama yang wajib kamu lakukan agar terhindar kaca mobil berjamur adalah segera bersihkan jika ada kotoran menempel di kaca mobil, seperti debu. Jangan pakai kemoceng bulu ayam karena berisiko membuat baret di kaca. Sahabat bisa menggunakan kemoceng yang menggunakan bahan kain microfiber atau lap lainnya.

Ingat selalu gunakan lap basah untuk membersihkan noda yang menempel pada kaca mobil. Jika membandel, Sahabat bisa memanfaatkan cairan glass cleaner yang banyak dijual di toko aksesoris mobil.

Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Meski efektif, jangan pakai pembersih kaca rumah lantaran kandungan amoniak bisa membuat kaca mobil berkabut. Pastikan noda terangkat dan kaca mobil kering sempurna sehingga tidak menimbulkan bercak yang dalam jangka panjang berpotensi menjadi jamur kaca.

Air hujan memiliki kandungan asam yang kuat dan dalam jangka waktu lama bisa merusak struktur kaca mobil. Segera siram dengan air bersih saat tiba di rumah dan keringkan. Upaya ini juga sebagai bagian dari cara terhindar dari kaca mobil berjamur.

Jangan mencuci kaca dengan deterjen


cara bersihkan jamur

Merawat kaca mobil salah satunya dengan membersihkannya secara rutin. Untuk itu kamu bisa menggunakan air atau sabun mandi. Jangan gunakan deterjen ya, karena kandungan pada deterjen justru bisa merusak lapisan kaca mobilmu.

Rajin cuci mobil


Rutin mencuci mobil menjadi solusi terbaik untuk menjaga kondisi mobil dan kaca mobil tetap prima. Minimal 1 minggu sekali, tapi kalau intensitas hujan tinggi, Sahabat bisa mempercepat hingga 2 hari sekali tergantung kondisi mobil.

Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Bersihkan bagian fender mobil, atap dan pastikan bagian kaca mendapatkan prioritas utama dibersihkan. Semprot dengan air tekanan supaya kotoran rontok dan turun ke bawah. Pastikan pula kaca mobil kering sempurna untuk mengurangi risiko tumbuhnya jamur kaca.

Jangan biarkan air mengering di kaca mobil


cara bersihkan kaca

Jika mobilmu habis tersiram hujan, sebisa mungkin kaca langsung dilap. Jangan biarkan air hujan mengering di kaca mobilmu, karena itu akan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan dan berpotensi membuat kaca mobil berjamur.

Gunakan cairan pelindung kaca mobil


Sahabat bisa melapisi kaca mobil dengan cairan pelindung yang banyak dijual di pasaran. Namun sebelumnya, bersihkan kaca dengan glass cleaner untuk memastikan tidak ada lagi kotoran hinggap di atas kaca. Cairan glass protectant biasanya juga memiliki bahan yang menjadikan kaca memiliki sifat yang membuat air seperti di daun talas. Ini tentunya sangat membantu saat menghadapi hujan deras dan menghindari kaca mobil berjamur karena air yang menempel.

Jangan gunakan anti jamur kaca sembarangan


10 Tips Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur

Saat ini memang banyak obat antijamur kaca di pasaran. Namun pastikan kamu membeli produk yang tepat. Sebab, salah memilih produk, bisa-bisa bukan jamurnya yang hilang, melainkan kaca mobil depanmu yang menjadi buram.

Jangan terlalu sering dijemur


Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Untuk menghindari kaca mobil berjamur, hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung saat diparkir. Selain bisa membuat kaca menjadi buram, panas sinar matahari juga bisa menyebabkan karet-karet jendela mobil menjadi rusak. 

Periksa wiper mobil


Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Wiper mobil berfungsi untuk menyapu air yang ada pada kaca depan mobil. Memang terkadang fungsi wiper terlihat sepele. Namun bila peranti ini rusak akan memicu risiko keamanan dan kenyamanan, terutama pandangan pengemudi akan terganggu karena hujan yang mengenai kaca depan. Selain itu, wiper mobil yang rusak juga bisa menyebabkan kaca mobil tergores sehingga menyebabkan baretan halus. Jadi wiper mobil bisa disebut sebagai piranti penting apalagi di musim hujan seperti saat ini.

Gunakan cairan wiper khusus kaca mobil


Pemakaian air untuk wiper reservoir sebenarnya sudah cukup  Dengan catatan udara di jalanan bersih, tidak mengandung minyak atau polusi lain. Tapi kondisi sekarang sangat banyak polusi, sehingga begitu wiper disapukan masih tersisa lapisan minyak tipis.

Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Campuran shampo cukup ampuh di awal. Namun ternyata bisa mengandung jamur dalam waktu cepat hingga noda putih jika terkena paparan panas matahari. Apalagi jika shampoonya tidak PH balance bahkan ada yang pakai shampoo untuk manusia. Kalaupun mau, bisa saja aplikasi cairan khusus wiper fluid yang beraneka merek ada dipasaran agar menjaga kaca mobil tidak timbul jamur.

Coating kaca mobil


Saat ini ada banyak coating yang dapat dilakukan pada sebuah mobil. Coating tak hanya bisa dilakukan pada body saja, tapi kaca juga bisa. Perlindungan melalui coating pada bagian kaca dan body sangat memberikan banyak keuntungan pada mobil tersebut.

Hujan Bikin Jamur Kaca Muncul? Begini 10 Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Coating kaca sendiri adalah proses perlindungan pada kaca mobil yang mempunyai sifat tahan lama maupun permanen. Terlebih jika coating menggunakan nano ceramic pada kaca mobil. Coating kaca tersebut dapat membuat kaca terlindung dari kotoran yang menempel dan terhindar dari kaca mobil berjamur.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 15 Des 2020 | 14:49 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiidsolusipuasperawatangarasiidkacamobilberjamur
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family