Lakukan Pengecekan Serta Perawatan Secara Berkala Dengan Baik
Lakukan Pengecekan Serta Perawatan Secara Berkala Dengan Baik

Cara Perawatan Pintu Geser Agar Tidak Cepat Rusak

22 Agt 2022 | 10:00 WIB

Mobil dengan pintu geser atau sliding door saat ini sudah menjadi perhatian keluarga. Selain bermuatan banyak, mobil dengan pintu geser juga membuat akses keluar masuk menjadi lebih mudah.

Meski demikian, electric sliding door butuh perawatan agar dapat bekerja optimal. Apalagi mekanisme penggeraknya lebih rumit ketimbang pintu biasa. Cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu biasa yang hanya bermodalkan engsel.

Ada banyak tambahan komponen yang diterapkan, mulai dari roller, rel, pengunci, dan juga motor penggerak pintu. Layaknya mekanisme elektronik lainnya, Sahabat Garasi bisa saja menemui masalah pada pintu geser elektrik.

 Tutuplah Pintu Geser Mobil Dengan Perlahan Dan Dengan Tenaga Yang Wajar

Tutuplah Pintu Geser Mobil Dengan Perlahan Dan Dengan Tenaga Yang Wajar


Sliding door atau pintu geser mobil ternyata juga butuh perhatian. Untungnya, cara merawatnya tidak ribet dan susah. Ini caranya:

1.    Perhatikan Kebersihannya

Tips pertama serta paling mudah adalah memastikan kebersihan di sekitar area kerja sliding door, apalagi pada bagian rel serta bantalan pemutar. Debu atau kotoran pada rel serta roller bisa mengakibatkan sliding door susah menutup atau bahkan rusak jika dibiarkan terus-menerus.

2.    Hati-hati Dengan Air

Sliding door dengan mekanisme elektrik mempunyai beragam komponen. Ada, misalnya, roller, rel, pengunci, hingga motor penggerak.

Untuk itu, musuh alami sliding door listrik selain debu dan kotoran ialah air. Bersihkan sliding door dari debu maupun air setidaknya seminggu sekali, apalagi saat musim hujan.

Dalam jangka panjang, air hujan yang terus melekat pada bagian ini bisa memicu karat, kemudian merusak mekanisme penggeraknya. Hindari pula menyemprot langsung mekanisme sliding door saat sedang mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi agar tidak masuk ke rel pintu dan menyapu pelumas.

3.    Jangan Nekat Lewati Genangan Tinggi

Dengan air sebagai musuh utama, tentu saja banjir atau pun genangan yang tinggi juga berisiko merusak sliding door. Hindari melewati jalan dengan kondisi tersebut, agar air tidak masuk ke dalam mekanisme penggerak sliding door dan merusaknya.

4.    Beri Pelumas Pada Komponen Penggerak

Berikan pelumasan pada komponen penggerak sliding door secara rutin, menggunakan cairan penetran. Ini berguna mencegah karat sekaligus memperlancar kerja roller.

5.    Jangan Memaksa Kerja Pintu Geser

Beberapa perlakuan kasar dari penumpang kendaraan dapat merusak sliding door. Misalnya menghentikan laju pintu saat bekerja, mendorong pintu supaya membuka/menutup lebih cepat.

Soalnya, perlakuan-perlakuan seperti itu dapat membuat motor elektrik rusak. Kalau mau cepat, matikan terlebih dahulu model otomatis pada sliding door dan lakukan buka-tutup manual.

Hindari pula membuka-tutup sliding door pada jalan menanjak terlalu sering. Soalnya, beban kerja motor akan semakin berat.

6.    Cek Rutin Kondisi Aki

Kinerja sliding door elektrik ketika mesin mobil mati disokong oleh aki. Oleh karena itu, pastikan aki serta sistem kelistrikan lain (kabel, konektor, alternator) selalu dalam kondisi bagus agar performa sliding door tidak bermasalah


Lakukan Pengecekan Serta Perawatan Secara Berkala Dengan Baik

Mobil Menggunakan Pintu Geser Elektrik Lebih Menarik Dan Menambah Kesan Mewah

 

Tanda-Tanda Sliding Door Bermasalah atau Macet

Untuk mendeteksi masalah pada pintu geser elektrik, ini tanda-tandanya:

·         Berdebu Di Engsel Pintu

Meski penggunaan pelumas jadi solusi tepat untuk melancarkan gerak pintu geser elektrik, pelumas yang salah malah akan merusak sistem pintu geser elektrik.

Gunakanlah pelumas yang berbeda untuk bahan plastik ataupun bahan besi. Selain itu, penggunaan pelumas yang terlalu banyak malah membuat debu menempel di engsel dan rel pintu sehingga bikin macet.

·         Air Masuk Lewat Celah Pintu

Bila air hujan bisa masuk ke dalam mobil melalui celah pada pintu, itu artinya pintu geser elektrik bermasalah. Hal ini umumnya bisa terjadi karena sobeknya karet pintu sehingga menghasilkan lubang maupun celah pada engsel pintu.

Kamu perlu memperhatikan kondisi karet pintu dan mengganti karetnya jika sudah tidak layak pakai. Jika kondisi ini dibiarkan, air hujan yang mengendap dapat menimbulkan karat dan menyebabkan kerusakan permanen pintu mobil.

·         Ada Suara Berdecit

Jika pintu geser elektrik di mobil Kamu sering mengeluarkan bunyi berdecit, artinya ada masalah pada rel maupun bantalan pintu. Kedua faktor tersebut biasanya disebabkan mulai aus akibat usia pemakaian. Cara mengatasi hal tersebut cukup dengan pelumasan pada bagian rel pintu geser.

·         Lambatnya Gerakan Buka Tutup Pintu

Pintu geser elektrik digerakkan tenaga mesin yang berasal dari aki mobil, jadi sangat wajar bila gerak tenaga pintu mengikuti daya aki mobil Kamu. Nah, kalau pintu geser elektrik mulai terasa seret, biasanya hal ini disebabkan pintu yang terlalu sering Anda buka dalam keadaan mobil mati.

·         Pintu Sulit Mengunci

Masalah tersebut umumnya disebabkan kebiasaan menutup pintu terlalu keras. Masalah ini juga bisa terjadi jika Kamu sering membuka pintu dengan kasar.

Entakan atau benturan yang keras dan berulang berpotensi membuat kunci dan pengait pintu kendor. Membuka pintu mobil dengan hati-hati merupakan cara yang tepat agar pintu geser elektrik mobilmu lebih awet.

 Cara Perawatan Pintu Geser Agar Tidak Cepat Rusak


Nah, Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan pintu geser, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Merdeka Servis Mobil dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 1-31 Agustus 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 22 Agt 2022 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilpintugeserservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family