Rem Mobil Bisa Mengalami Masalah Dan Kemampuannya Menurun
Rem Mobil Bisa Mengalami Masalah Dan Kemampuannya Menurun

Catat! Begini Cara Melakukan Servis Rem Mobil

28 Mar 2023 | 09:59 WIB

Menjelang liburan Lebaran dan cuti bersama yang sudah diumumkan oleh pemerintah, yaitu cuti bersama lebaran 2023 dimulai dari tanggal 19-25 April 2023. Yang mana bisa ditarik kesimpulan bahwa Lebaran Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 ini cuti bersama berlaku selama 6 hari. Berita ini tentu sangat menyenangkan, apalagi Sahabat bisa libur panjang dan kumpul kembali bersama keluarga di kampung halaman. Tapi perlu Sahabat perhatikan sebelum pergi liburan, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.


Pada umumnya servis rutin yang dilakukan hanya sebatas ganti oli, filter oli, filter udara, atau tune up dan sebagainya yang berhubungan dengan mesin saja. Padahal ada bagian lain di mobil yang harus mendapat perhatian ekstra, dimana berkaitan dengan keselamatan saat berkendara.


Jangan Sepelekan Perawatan Rem Mobil

Jangan Sepelekan Perawatan Rem Mobil


Yup, bagian tersebut adalah sistem pengereman mobil. Sistem rem di mobil juga sangat dianjurkan dilakukan perawatan berkala, minimal setiap 20.000 kilometer. Jangan sampai liburan Sahabat menjadi tak menyenangkan karena mobil bermasalah di jalan. Nah, salah satu penting persiapan yang wajib dilakukan adalah servis rem. Lantas, apa yang mungkin dilakukan dalam proses servis rem ini? Mari simak dibawah ini.


  • Yang pertama adalah kampas rem. Jika kampas rem sudah tipis (kurang dari 2mm), sebaiknya segera diganti apalagi untuk perjalanan jauh. Jangan sembarangan memilih kampas rem, sebaiknya pakai yang teruji kualitasnya seperti brake parts buatan pabrik asli.


  • Kedua, jika mendapati oli bocor dari master rem, selang rem atau bagian rem lainnya patut waspada. Artinya ada kemungkinan terdapat part yang harus diganti. Bisa saja seal-seal-nya, komponen dalam master rem, atau bahkan selangnya. Maka sebaiknya pastikan dulu bagian mana yang apkir untuk memutuskan penggantiannya.


  • Ketiga, Sahabat mungkin harus bersiap juga untuk membeli oli/minyak rem karena pada umumnya dalam servis rem akan ada minyak yang terbuang. Minyak rem sendiri memiliki beberapa jenis tergantung angka DOT (titik didih). Umumnya mobil-mobil baru memakai minyak rem spesifikasi DOT 4, maka cermati kemasan minyak rem sebelum Sahabat membelinya.


  • Keempat, cermati permukaan cakram. Jika bergelombang ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah membubut permukaannya supaya rata kembali, namun pastikan jangan sampai membuat cakram terlalu tipis. Langkah kedua adalah menggantinya dengan cakram yang baru.


Risiko Jika Daya Cekram Kampas Rem Tidak Maksimal

Risiko Jika Daya Cekram Kampas Rem Tidak Maksimal


Pada sebagian besar kendaraan, jenis rem cakram biasanya diaplikasikan pada roda bagian depan. Pemeriksaan rem diatas tidaklah rumit, apabila disertai dengan ketersediaan peralatan penunjang dan spare part yang memadai.


Untuk menjamin kondisi sistem rem mobil Sahabat tetap optimal, maka wajib dilakukan perawatan dan pemeriksaan kondisi rem secara rutin. Apabila kamu memiliki keterbatasan waktu dan peralatan penunjang untuk melakukan perawatan sendiri, maka Sahabat bisa mengunjungi bengkel-bengkel resmi dan terpercaya.


Bulan yang baik penuh berkah, Garasi.id selalu memperhatikan kebutuhan untuk perawatan mobil kesayangan Sahabat. Melalui bengkel partner terpercaya juga mengutamakan jasa servis rem mobil Sahabat agar bekerja dengan baik dan selalu nyaman saat berkendara.


Catat! Begini Cara Melakukan Servis Rem Mobil


Sahabat bisa sikat Promo Mudik Penuh Berkah yang kasih diskon hingga 88% untuk jasa spooring, balancing, servis AC, servis rem, servis berkala, tune up, ganti oli dan cuci mobil. Sahabat bisa pilih bengkel terbaik sesuai daerah yang diinginkan, salah satunya 






Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi www.Garasi.id dan realisasikan servis mobil Sahabat sekarang juga dan dapatkan kenyamanan berkendara yang optimal! Informasi lengkap hubungi tim customer servis Clara di Whatsapp.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 06 Apr 2023 | 11:14 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalaperawatanberkalaremmobilbrakecleanerperawatanremremmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family