Wajib Buat Yang Mudik Harus Cek Kondisi Mobil
Wajib Buat Yang Mudik Harus Cek Kondisi Mobil

Cek Kondisi Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Agar Aman dan Nyaman

13 Apr 2022 | 11:00 WIB

Pergi bersama keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi kalau momentnya adalah mudik lebaran. Nggak terasa ya Sahabat Garasi, sekarang kita sudah memasuki bulan suci ramadhan, ini merupakan waktu yang tepat untuk Sahabat mulai nyicil cek kondisi mobil untuk persiapan mudik di hari lebaran bersama keluarga tercinta. 


Berkendara jauh menggunakan mobil pribadi berarti Sahabat harus memperhatikan banyak hal agar perjalanan Sahabat menjadi nyaman dan aman. Untuk membuat perjalanan mudik Sahabat bersama keluarga aman dan nyaman, Sahabat bisa memulai dengan cek kondisi mobil secara menyeluruh mulai dari bagian mesin hingga kaki-kaki.


Nah untuk tau lebih jelas bagian mana saja yang perlu diperiksa saat cek kondisi mobil, yuk simak informasi berikut ini :


Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F dan seharusnya sedikit di bawah garis level F, jika kurang tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli Sahabat masih cukup untuk jarak yang akan Sahabat tempuh.


Air Radiator

Pastikan air radiator mobil Sahabat dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti guna menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.


Kondisi Filter dan Selang Bensin

Pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Bagi Sahabat yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.


Pengecekan mobil di bagian ban

Pengecekan mobil selanjutnya yang harus Sahabat periksa kondisinya adalah ban. Mengapa? Perjalanan jarak jauh tentunya memaksa ban mobil Sahabat bekerja lebih keras sehingga gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal atau jalanan semakin lama.

Hal tersebut akan menyebabkan ban mobil Sahabat mengalami penipisan karena gesekan tersebut. Oleh karenanya, setelah melakukan perjalanan jauh sahabat perlu banget kembali melakukan pengecekan mobil di bagian ban, apakah masih layak dipakai atau sudah harus diganti. Daripada meledak saat di jalan, lebih baik diperiksa, ya, Sahabat.


Pengecekan mobil di bagian kopling

Selanjutnya, pengecekan mobil harus Sahabat lakukan usai melakukan kegiatan berkendara jarak jauh adalah komponen kopling. Masalah yang satu ini tentunya diperuntukan kepada mobil yang bertransmisi manual, ya. Buat Sahabat pengguna tiga pedal, masalah yang dialami pada mobil yang digunakan jarak jauh adalah pada bagian kopling. Tentunya kopling sangat bekerja keras saat berkendara jarak jauh, apalagi kalau jalan yang ditempuh macet dan menanjak. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa bagian kopling setelah melakukan perjalanan jauh.


Pengecekan mobil di bagian suspensi

Pengecekan mobil selanjutnya yang harus Sahabat periksa kembali setelah melakukan perjalan jarak jauh bersama mobil adalah bagian kaki-kaki atau suspensi. Suspensi adalah bagian yang bekerja ekstra untuk memberikan kenyamanan berkendara pada Sahabat, apalagi di jalanan yang berlubang, bergelombang, atau tidak rata. Sahabat bisa melihat apakah ada kebocoran oli di sekitar suspensi, jika ada segera bawa ke bengkel untuk dilakukan penanganan pertama.


Cek Kondisi Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Agar Aman dan Nyaman

Cek Kondisi Rem


Pengecekan mobil di bagian kampas rem

Bunyi yang keluar dari sistem rem memang bisa mengindikasikan banyak hal. Ada masalah besar, ada pula masalah ringan. Namun kita patut waspada kalau rem mobil berdecit saat diinjak. Debu dan kotoran merupakan sumber utama penyebab rem berbunyi karena kotoran dan debu tersebut menghalangi permukaan kampas ketika melakukan pengereman. Untuk membersihkannya, cobalah untuk mencuci mobil Sahabat, tetapi jika bunyi itu tidak hilang juga, alangkah baiknya Sahabat membawa ke bengkel untuk dicek lebih lanjut.


Itulah bagian-bagian yang perlu diperhatikan saat Sahabat cek kondisi mobil sebelum pergi mudik. Nah untuk cara mudah cek kondisi mobil, solusinya Sahabat bisa cek Garasi.id. Disana Sahabat bisa cek kondisi mobil dengan menggunakan layanan Inspeksi Garasi.id. Dengan layanan tersebut, Sahabat cukup merogoh kocek 199 ribu flat untuk semua jenis mobil untuk area Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung dengan promo Roadtrip Harmoni. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Apr 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmudikcekmobilinspeksi
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family