Dashboard Mobil
Merawat Dashboard

Dashboard mobil kusam? Cek 7 Cara Merawatnya

16 Jun 2019 | 23:17 WIB
BAGIKAN

Interior mobil merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Bagi Sahabat yang sudah berkeluarga apalagi masih memiliki balita, tentunya bagian interior mobil wajib sekali untuk dibersihkan agar selalu higienis. Seperti halnya salah satu bagian terpenting di bagian interior mobil yaitu bagian dashboard yang sering digunakan untuk meletakkan berbagai kebutuhan kita. 

Untuk merawat dashboard mobil tidak diperlukan keahlian khusus, hanya dibutuhkan kemauan dan ketekunan dari pemilik mobil itu sendiri. Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada dashboard tidak perlu menunggu hingga kotor.

Dashboard mobil kusam? Cek 7 Cara Merawatnya

Sahabat bisa membersihkannya terlebih dahulu pada saat akan digunakan dan juga setelah digunakan. Dengan cara tersebut debu tidak akan cepat menumpuk dan juga bekas sisa-sisa makanan yang rontok tidak mengundang semut pada bagian dashboard. 

Jika noda atau kotoran di dashboard sudah terlanjur sulit untuk dibersihkan, makan dibutuhkan energi ekstra untuk melakukan proses pembersihan. Jika terlalu keras dalam membersihkan justru akan merusak dashboard itu sendiri. Oleh sebab itu, simak tips berikut agar dashboard mobil Sahabat tetap bersih mengkilap.

Bersihkan Dashboard Dengan Menggunakan Kemoceng

Alat sederhana yang bisa kita dapatkan dimana saja ini ampuh untuk membersihkan debu yang membandel. Selain itu resiko timbulnya goresan-goresan halus pada dashboard sangat minim. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dengan cara menyapu debu ke arah keluar mobil. Jangan lupa untuk membuka pintu mobil agar debu yang berterbangan tidak kembali masuk ke dalam mobil. 

Gunakan Kanebo Basah

Kanebo atau lap mobil sangat efektif digunakan untuk mengangkat kotoran seperti halnya debu di permukaan dashboard mobil Sahabat. Setelah membersihkan dengan kemoceng, debu tidak 100% terangkat jadi untuk menyelesaikan dilanjutkan dengan kanebo basah. Jangan lupa untuk mengulangi pengelapan secara berkala (cuci bilas cuci bilas) dengan kanebo yang sudah dibasahi terlebih dahulu. 

Gunakan Penyedot Debu/Vacuum Cleaner Kecil

Penggunaan vacuum cleaner biasanya untuk membersihkan bagian dalam interior mobil. Namun karena pada dashboard terlalu banyak sudut sempit yang tidak memungkinkan untuk dibersihkan, gunakanlah vacuum cleaner kecil untuk membersihkannya atau bisa menggunakan kuas kecil sambil menyedotnya dengan vacuum cleaner. 

Tutup Kaca Saat Berkendara

Sahabat pasti pernah membuka kaca saat sedang berkendara. Walaupun udara diluar mobil sejuk, namun kita tidak bisa melihat apakah udara tersebut benar-benar bersih. Kebiasaan membuka kaca saat berkendara akan membuat debu dengan mudah masuk ke dalam dan mengendap di seluruh bagian kabin mobil. Memang kenyataanya saat kita hendak bepergian suhu pada kabin cukup sumpek alias panas. Untuk menanggulangi hal tersebut, Sahabat bisa membuka kaca jendela sambil melakukan pemanasan mesin, hal itu dilakukan agar udara panas yang terperangkap di dalam mobil bisa keluar dahulu. Cara ini juga efektif dalam menjaga kebersihan interior mobil, termasuk dashboard agar tetap dalam kondisi bersih. 

Segera Bersihkan Sisa-Sisa Makanan dan Tumpahan Minuman

Dalam perjalanan menggunakan mobil, kamu pasti suka memakan cemilan atau membawa minuman . Perhatikan apakah ada yang berceceran atau tumpah. Jika terlihat sisa makanan dan tumpahan minuman, segera bersihkan dengan tisu basah. Biasakan diri Sahabat untuk melakukan kebersihan seperti itu. Dengan begitu dashboard mobil kamu akan selalu terawat dengan baik. Begitu juga dengan minuman manis yang dapat menimbulkan noda membekas. 

Gunakan Produk Pembersih Khusus Dashboard

Pastikan terlebih dahulu terbuat dari material apa dashboard Sahabat. Pada umumnya dashboard mobil terbuat dari bahan plastik, tapi sebagian mobil ada yang telah dilapisi oleh kulit. Karena beda bahan beda juga perawatannya loh. Untuk membersihkan dashboard berbahan dasar plastik banyak produk yang bisa digunakan seperti dashboard cleaner. Sedangkan jika dashboard kamu dilapisi oleh bahan kulit. Gunakan lotion khusus untuk selalu melembabkan permukaan dashboard, jika dibiarkan tanpa dirawat akan merusak tekstur dari dashboard itu sendiri.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 16 Jun 2019 | 23:17 WIB
BAGIKAN