Kain microfiber lebih baik dari kanebo
Bersihkan Mobil Jangan Dengan Kanebo

Stop Mengelap Mobil Dengan Kanebo! Yang Benar Itu Dengan Ini..

20 Mar 2019 | 17:00 WIB

Polusi udara membuat debu kerap menempel di permukaan kendaraan bermotor. Sayangnya, tidak semua pemilik punya waktu banyak untuk membersihkannya dengan cara mencuci.

Kebanyakan, pemilik mobil mengakali keterbatasan waktu dengan melakukan sapuan pada bodi menggunakan kain chamois atau kanebo. Bahannya yang terbuat dari material karet, dipercaya dapat menyapu debu di permukaan bodi.

Padahal, cara tersebut bisa dibilang keliru. Struktur kanebo yang tidak menyiapkan ruang untuk menyerap partikel kotoran, membuat permukaan lap mengalami gesekan secara langsung dengan bodi mobil. Hal ini dikhawatirkan, bisa menimbulkan swirlmarks atau goresan samar pada kelir mobil.

Stop Mengelap Mobil Dengan Kanebo! Yang Benar Itu Dengan Ini..

Co-founder Les Elite, Teddy Yunantha mengatakan, bahwa selama ini masih banyak pemahaman yang keliru mengenai penggunaan lap berbahan karet tersebut.

"Biasanya, orang selalu menggunakan kanebo. Alasannya, karena lebih sederhana. Padahal, kan penggunaan itu (kanebo) bisa sebabkan goresan samar di bodi mobil," ujarnya di Jakarta,melansir dari laman viva.co.id Rabu (20/03/2019).

Ketimbang kanebo, pria yang akrab disapa Teddy itu lebih menyarankan pemilik mobil, untuk gunakan kain jenis microfiber.

"Kain microfiber punya daya serap yang bagus, bahannya juga lebih lembut, jadi enggak bikin permukaan mobil lecet," katanya.

Untuk mendapat hasil maksimal, pemilik mobil bisa menambahkan cairan pembersih khusus mobil. Teddy mengatakan, bahwa untuk membersihkan mobil pelanggan, dirinya biasa memakai cairan Nanomax.

Seperti melansir dari laman wikihow.com, Berikut cara membersihkan kaca mobil yang baik dan benar. 

Membersihkan Bagian Luar Kaca Depan Mobil

1. Angkat penyeka (wiper) di kaca depan mobil

Sebelum Sahabat menyemprotkan produk pembersih ke kaca depan mobil, pastikan area di bawah penyeka juga akan turut dibersihkan. Biarkan penyeka tetap terangkat selama proses pembersihan.

2. Semprotkan separuh kaca mobil dengan produk pembersih

Sahabat boleh menyemprotkan kaca di sisi kanan atau kiri terlebih dahulu. Usahakan semprotan Sahabat menyebar seluas mungkin di bagian kaca mobil yang ingin dibersihkan. Biasanya dua atau tiga semprotan sudah cukup, tetapi berikan 4-5 semprotan jika kaca mobil sangat besar.

3. Usap kaca mobil dengan gerakan vertikal lurus

Ambil kain mikrofiber dan letakkan di ujung atas bagian tengah kaca depan mobil. Setelah itu, usap kaca lurus ke bawah sampai mencapai ujung bawahnya. Kemudian, awali kembali di ujung atas kaca, persis di sebelah bagian yang sebelumnya dilap. Usap kembali kaca depan mobil dengan gerakan vertikal lurus ke bawah. Teruskan proses ini sampai Sahabat mencapai ujung kanan atau kiri kaca mobil dan separuh kaca mobil sudah dilap sampai bersih.

Jika Sahabat tidak dapat mencapai area tengah kaca mobil depan, berdirilah di atas bangku pijakan untuk meraihnya.

4. Usap kaca dengan gerakan horizontal lurus

Ketika separuh kaca mobil sudah dilap dengan gerakan vertikal lurus, lanjutkan dengan usapan horizontal. Awali kembali dari pertengahan ujung atas kaca, dan usap dalam gerakan horizontal lurus menuju ujung kaca mobil tempat Sahabat berdiri. Setelah itu, ulangi gerakan yang sama persis di bawah usapan Sahabat sebelumnya. Teruskan proses ini sampai separuh kaca depan mobil Sahabat bersih sepenuhnya.

5. Ulangi proses di atas pada bagian kaca yang tersisa

Setelah separuh kaca mobil Sahabat selesai dibersihkan, lanjutkan ke separuh lainnya. Misalnya, jika Sahabat selesai mengelap kaca mobil di sisi kanan, saatnya meneruskan pekerjaan di sisi kiri. Hal ini memastikan kaca dibersihkan secara menyeluruh.

Jika Sahabat perlu mengelap bagian tertentu beberapa kali, usaplah dengan gerakan bolak-balik.

Jangan bersihkan kaca dengan gerakan melingkar karena dapat meninggalkan corengan.

Nah Sahabat, begitulah alasan kenapa mengelap kaca mobil tidak disarankan menggunakan kanebo. Dan cara mengelap kaca mobil tidak juga bisa sembarangan, semoga cara mengelap mobil yang sudah dijelaskan diatas bisa diterapkan oleh Sahabat semua. Buat Sahabat yang tidak mau ribet, Sahabat juga bisa melakukan perawatan mobil dengan cek Toko Garasi.id. Berbelanja di Toko garasi.id Sahabat bisa membeli semua kebutuhan otomotif Sahabat termasuk perawatan mobil mulai dari bodi, mesin, ban, dan banyak lagi. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 08:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelisuvmpvcitycarbodykacabaretkanebokainmicrofibergarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family