Mobil Tata Nano
Produksi Mobil Tata Nano Dihentikan

Dijual 40 Jutaan, Mobil Termurah di Dunia Ini Akhirnya Berhenti Produksi

19 Jul 2018 | 20:00 WIB

Mobil yang terkenal paling murah di dunia, Tata Nano, tak bernasib mujur. Kiprahnya harus terhenti setelah pabrikan pembuat Tata Motors memilih menghentikan produksinya.

Seperti dilansir DriveSpark, Selasa (18/07/2018), mobil asal India ini meski 'disuntik mati' dengan sejumlah alasan. Tak lain karena performa penjualan yang surut. Ya, kian kemari Tata Nano makin kehilangan pelanggan.

Dijual 40 Jutaan, Mobil Termurah di Dunia Ini Akhirnya Berhenti Produksi

Baca Juga : Nissan Tak Lagi "Berkembang Biak" di Indonesia

Saat pertama kali dikenalkan, Tata Nano hanya dijual dengan harga 28 jutaan. Harganya kemudian naik pada 2015 menjadi Rp40 jutaan.

Sayang, Tata Nano tak memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Hal ini karena image Tata Nano yang diragukan tingkat keselamatan. Padahal konsumen tidak hanya menginginkan mobil murah, melainkan mobil terbaik untuk dirinya.

"Nano telah menjadi mobil ikonik yang mencerminkan semangat inovatif perusahaan dan para pemimpinnya. Keputusan tentang (penghentian) produksi Nano adalah pandangan holistik yang diambil setelah mempertimbangkan perkembangan pasar, peraturan dan kaca mata kompetitif yang muncul," kata Juru Bicara Tata Motor yang dilansir dari laman Viva.

Berdasarkan data, perusahaan otomotif India tersebut hanya memproduksi satu unit mobil pada Juni 2018, sedangkan periode yang sama tahun lalu Tata berhasil melakukan produksi 275 unit.

Meski demikian, Tata Motors mengaku akan melakukan produksi Nano berdasarkan order-to-order dengan bekerjasama bersama Rubicon Project. Walau disinyalir kerja sama itu tak akan bertahan lama.

Tata Nano saat ini dibanderol dengan harga mulai dari 2,25 lakh atau setara Rp47 juta hingga 3,20 lakh atau Rp67 juta.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:38 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbeliproduksitatamotorsberitanewsotomotifgarasiid