Fitur keselamatan mobil
Fitur keselamatan mobil

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

31 Mar 2020 | 16:17 WIB

Merebaknya Coronavirus (Covid-19) yang sangat cepat membuat aktivitas dan rutinitas kita semua terganggu. Sebagai langkah pencegahan, Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di tempat tinggalnya masing-masing, selalu menjaga kebersihan dan melakukan social distance. Hal tersebut bertujuan untuk memotong rantai penyebaran Covid-19 agar sebarannya tidak meluas.

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Rasa jenuh dan bosan sudah pasti Sahabat rasakan ketika #DiRumahAja. Namun, ada banyak hal yang bisa membuat kalian tidak merasa bosan. Mulai dari membaca buku atau artikel di internet, membersihkan rumah, berolahraga di sekeliling rumah, melakukan perawatan mobil hingga berbelanja online seperti membeli mobil bekas.  Berbicara mengenai membeli mobil bekas, tentu kalian akan mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis mobil, merek mobil, desain, harga hingga fitur-fitur canggih yang ada di dalam mobil tersebut. Dari semua hal tersebut, ketersediaan fitur keselamatan ketika membeli mobil bekas wajib Sahabat periksa.

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Mengapa begitu? Karena, kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa kita ketika berkendara. Apa dengan perawatan mobil rutin kita bisa terhindar dari malapetaka? Jawabannya belum tentu. Bagaimana kondisinya jika ada faktor lain yang menyebabkan timbulnya kecelakaan seperti kelalaian pengendara lainnya? Oleh karena itu, ketika membeli mobil bekas sangatlah penting untuk melihat seberapa lengkap fitur keselamatan yang ada di dalam mobilnya. Apa saja fiturnya? Yuk simak di bawah ini.

Airbags (kantong udara)

Fungsi dari kantong udara (Airbags) ini adalah untuk mengamankan pengemudi dari benturan, entah itu dari depan atau samping. Mobil-mobil sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan kantong udara hingga 7 titik pada mobilnya, jadi baik pengemudi dan penumpang mendapat perlindungan dari ancaman cedera.

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Ketika Sahabat akan membeli mobil bekas, pastikan fitur Airbags tersedia dan jangan sungkan untuk menanyakan catatan riwayat kendaraan tersebut. Karena jika mobil tersebut sudah pernah mengalami kecelakaan, sudah dipastikan Airbags sudah mengembang.

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Mungkin ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa fitur ini dapat menyebabkan cedera setelah mengembang. Ingat, jika kalian mengemudi dengan posisi yang benar, ketika terjadi kecelakaan dan kantung udara mengembang tidak akan membuat kamu cedera.

Sabuk pengaman (Seatbelts)

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Banyak kejadian dimana para pengemudi meninggal dunia saat terlibat kecelakaan dikarenakan tidak menggunakan sabuk pengaman. Padahal fungsi dari sabuk pengaman ini untuk menahan pengemudi mobil dan penumpang agar selalu dalam posisi duduk normal ketika terjadi benturan. Jika kamu tidak menggunakan sabuk pengaman, kamu bisa terpental di dalam mobil hingga keluar mobil dan mengalami cedera yang parah. Pastikan sabuk pengaman berfungsi dengan baik dan lengkap ketika Sahabat ingin membeli mobil bekas. 

Sistem pengereman ABS (Antilock Brakes System)

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Nah, baik Airbags dan sabuk pengaman adalah perangkat keselamatan pasif. Nah, komponen pengereman ABS adalah fitur keselamatan aktif dimana fitur ini akan terus bekerja selama mobil berjalan. ABS yang merupakan singkatan dari Antilock Braking System merupakan sistem pengaturan rem yang aktif untuk menjaga rem dari penguncian roda meskipun pedal rem diinjak hingga penuh. Jadi ketika Sahabat melakukan pengereman mendadak, ban tidak akan terkunci karena komponen ini bekerja melepas dan mengerem secara berkala hingga mobil berhenti.

Membeli Mobil Bekas Wajib Cek Fitur Keselamatan Mobilnya. Berikut Fitur yang Wajib Dicek

Nah itulah 3 fitur keselamatan yang wajib ada ketika Sahabat ingin membeli mobil bekas. Jangan pernah memaksakan untuk membeli mobil dilihat dari bentuk dan harganya saja. Belum tentu mobil yang murah memiliki komponen yang masih layak, begitu juga sebaliknya. Jadi bagaimana dong solusinya? Solusinya adalah membeli mobil bekas di Garasi.id. Kenapa di Garasi.id? 

Pertama: Garasi.id adalah vertikal e-commerce yang bergerak di otomotif dengan membawa konsep one stop shop platform. Dimana semua kebutuhan mengenai otomotif mulai dari jual beli mobil, perawatan mobil, hingga simulasi pembiayaan semua ada di satu tempat dan bisa di akses melalui handphone. 

Kedua: Garasi.id memiliki fitur Mobil Pilihan, dimana mobil yang ada di dalam fitur tersebut sudah melewati inspeksi di 170 titik pengecekan, umur mobilnya masih muda, dan tentunya kilometer mobil masih rendah. 

Ketiga: Di tengah pandemi Covid-19 ini, Garasi.id menawarkan layanan Home Service yang akan sangat memudahkan kalian dalam melakukan perawatan mobil di rumah tanpa harus berpergian. Tenang, teknisi kami sudah dibekali dengan hand sanitizer, masker dan tentunya sudah dinetralisir oleh desinfektan. 

Keempat: Segala kebutuhan perawatan mobil kamu baik interior atau eksterior ada di Garasi.id. Mulai dari ganti oli, ganti ban, coating mobil, cuci mobil, spooring dan balancing, dan masih banyak lagi dengan segudang promo yang menghebohkan. 

Kelima: Jangan bingung untuk membeli mobil bekas di Garasi.id. Dengan fitur Kredit Kilat kamu bisa mendapatkan apakah pengajuan kredit kamu diterima atau tidak hanya dalam waktu kurang lebih 2 menit. Dengan begitu, mewujudkan mobil impianmu bukan lagi angan-angan. 

Bagaimana Sahabat? Itulah mengapa Garasi.id tempat yang PUAS buat memenuhi kebutuhan otomotifmu. Daripada cuma buka media sosial saat #DiRumahAja mending cari kebutuhan otomotifmu di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilbarubekastransmisimanualmaticperawatanrusakmencegahgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family