Ganjil Genap
Perluasan Ganjil-Genap

Ganjil-Genap Makin Luas, Perbanyak Rute Jalan Alternatif

20 Jul 2018 | 14:00 WIB
BAGIKAN

Lebih kurang sebulan lagi pesta olahraga akbar Asian Games digelar di Indonesia. Suatu kehormatan sekaligus tantangan untuk menunjukkan eksistensi negara terbesar ke-4 di dunia ini. 

Pada ajang empat tahunan itu, Jakarta dan Palembang bersiap menjadi tuan rumah bersama. 

Mengantisipasi terganggunya Asian Games akibat kemacetan, pemerintah menerapkan regulasi tambahan di Jakarta. 

Aturan pembatasan ganjil-genap pada 3 ruas jalan yang telah bergulir sejak 2016 diperluas hingga 10 ruas jalan. 

Tak hanya jumlah ruas jalan, durasi penerapannya pun jauh lebih panjang. Ganjil-genap dilaksanakan pukul 06.00-21.00 alias 15 jam tanpa henti, Senin sampai Minggu. 

Ganjil-Genap Makin Luas, Perbanyak Rute Jalan Alternatif

Aturan ini berlaku mulai 1 Agustus 2018 sampai gelaran Asian Games berakhir. 

Adapun perluasan ganjil-genap itu berlaku di Jalan Benyamin Sueb, Jalan MT Haryono-DI Panjaitan, simpang Cawang-simpang Tomang, dan simpang Kartini-simpang Pondok Indah. 

Sebagai catatan yang dilansir dari laman Kompas, kebijakan perluasan ganjil-genap di atas hanya berlaku untuk mobil pribadi. Sementara itu, sepeda motor masih diperbolehkan melintas. 

Dengan bertambahnya durasi dan ruas yang terdampak, pengendara mobil mesti cermat mengatur perjalanan. 

Biar tak kebingungan arah atau terjebak kemacetan, baiknya lakukanlah survei jalur alternatif. 

Sahabat bisa pula memanfaatkan sejumlah aplikasi untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini di suatu titik serta perkiraan waktu tempuhnya. 

Selain pintar mencari jalur alternatif, hal krusial lain bagi pengemudi mobil adalah membuat kendaraan senantiasa dalam kondisi prima. 

Mengapa penting? Sebab, bukan mustahil kemacetan pada ruas protokol menjalar atau berpindah ke jalur-jalur alternatif yang tidak terdampak kebijakan ganjil-genap.

Baca Juga : Ganjil Genap Mulai Berlaku, Simak Jadwal dan Rute Alternatifnya

Dalam kondisi seperti itu, bukan cuma mesin, bagian transmisi mobil sahabat juga bekerja lebih keras. Itu dimungkinkan oleh seringnya pergantian gigi selama perjalanan. 

Jika kondisi transmisi mobil tidak prima, bukan tidak mungkin Sahabat mengalami gangguan selama mengemudi. 

Karenanya, sangat penting untuk memastikan kondisi mobil terawat secara menyeluruh. Mulai dari mengganti oli mesin hingga menggunakan oli transmisi yang mampu melindungi bagian transmisi dengan optimal. 

Perlu diingat, pakailah selalu jenis oli sesuai peruntukannya. Dan untuk kebutuhan oli mobil, Sahabat bisa beli di Toko Garasi.id. Tidak hanya Oli, kebutuhan Sahabat seputar otomotif juga bisa dicari di Toko Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 20 Jul 2018 | 14:00 WIB
BAGIKAN