Ganti Air Radiator Secara Berkala
Ganti Air Radiator Secara Berkala

Gara-gara Komponen Ini Rusak, Mobil Kamu Bisa Overheat Lho!

07 Apr 2022 | 15:11 WIB

Radiator sendiri merupakan komponen utama yang memegang peran krusial. Fungsi radiator mobil adalah komponen sistem pendingin mesin mobil. Sistem pendingin berfungsi sebagai penstabil suhu mesin mobil yang melakukan pembakaran agar tidak overheat.

Kamu harus melakukan perawatan radiator secara berkala. Jika tidak, radiator Kamu akan mengalami kerusakan. Mobil yang mengalami kerusakan radiator seringkali terjadi dikarenakan pemiliknya jarang merawat dengan benar. Jika rusak, temperatur mesin bisa jadi overheat dan bisa merusak sistem mesin sehingga performa mobil pun menurun.

Salah satu masalah pada radiator adalah kebocoran. Pada dasarnya, penyebab radiator bocor bisa disebabkan oleh banyak kondisi. Hal ini harus dideteksi secara dini, dan jika terjadi kebocoran harus ditanggulangi langsung.


 Mesin Mobil Overheat  Membuat Perjalananmu Terganggu

Mesin Mobil Overheat Membuat Perjalananmu Terganggu


Resiko lain radiator bocor adalah mesin mobil mengalami panas yang berlebihan atau overheat. Selain itu, mesin kepanasan yang dipaksa jalan bisa menyebabkan kebocoran sistem pendingin sehingga mesin sulit dihidupkan. Biasanya pada kasus ini efek lainnya oli akan bercampur dengan air atau air masuk ke ruang bakar mesin.

Berikut ini beberapa penyebab masalah radiator mobil:

1.    Tutup Radiator Lemah

Salah satu hal yang menjadi penyebab dari masalah radiator adalah bersumber dari tutup yang sudah lemah dalam mengikat. Biasanya hal ini dikarenakan kerusakan yang ada pada karet pada bagian tutup radiator yang dapat membuat air radiator lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

Untuk mengatasinya tentu Kamu harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

2.    Radiator Sudah Tua

Penyebab radiator mobil bermasalah berikutnya adalah usia yang sudah tua. Karena setiap komponen pada mobil memang memiliki usia pemakaiannya masing-masing, termasuk radiator.

Umumnya untuk radiator cukup lama usianya. Bahkan kalau dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun. Tapi tidak sedikit juga yang menginjak usia 5 tahun mulai bermasalah.

3.    Saluran Radiator Mampet

Penyebap radiator mobil bermasalah berikutnya adalah saluran radiator mampet. Hal ini bisa terjadi jika kamu sering menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator, lama kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator.

Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator. Jika hal ini terjadi sebaiknya dicek kondisinya tiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

4.    Terbentur Benda Asing

Penyebab kebocoran radiator mobil berikutnya adalah karena terbentur benda asing. Untuk itu, supaya radiator bisa menangkap udara segar, komponen ini diposisikan di depan mesin dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka.

Namun, hal tersebut membuat radiator berisiko terkena batuan kerikil atau hewan-hewan yang terbang. Saat radiator bertabrakan dengan benda-benda tersebut, bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

5.    Karet Dan Plastik Yang Getas

Penyebab radiator mobil bocor lainnya adalah karet-karet yang sudah mulai getas. Karena fungsi dan letak radiator yang selalu berdekatan dengan panas mesin membuat komponen pendukung lainnya juga bisa mengalami kegetasan.

Misalnya seperti selang radiator yang terbuat dari karet, serta tabung reservoir yang terbuat dari plastik. Tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

6.    Kualitas Air Radiator

Air radiator dengan kualitas buruk perlahan-lahan bisa merusak radiator sehingga membuatnya mudah bocor. Penyebab radiator mobil rusak lainnya adalah kualitas air radiator yang buruk. Contohnya saja, ketika kamu pakai air dengan tingkat keasaman tinggi.

Hal tersebut dapat berakibat buruk dalam jangka panjang karena membuat rata-rata usia pemakaian radiator lebih pendek. Untuk itu, pakailah air radiator yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

 

Begini Cara Perawatan Radiator Secara Sederhana

Jika mesin mobil Kamu sering mengalami masalah overheat saat sedang dikendarai, berarti ada masalah pada sistem radiator mobil. Fungsi radiator ini nyatanya masih sering terabaikan oleh sebagian pemilik mobil. Padahal, jika radiator tidak terawat dengan baik, kualitas mesin mobil Kamu akan lebih rentan rusak.


 Ketahui Tanda Air Radiator Mobil Berkurang

Ketahui Tanda Air Radiator Mobil Berkurang

Lalu, bagaimana cara merawat radiator dengan benar? Ini caranya:

·         Perhatikan Volume Air

Masalah yang terjadi pada setiap mobil adalah seringnya temperatur mesin meningkat drastis atau yang familiar dengan istilah overheat. Hal ini dikarenakan kurangnya volume air pada radiator mobil Kamu. Kurangnya volume air, berdampak pada tekanan pada per tutup radiator dan memberikan tekanan yang disalurkan pada tabung cadangan air pada radiator. Dengan tekanan tersebut, sistem radiator akan menimbulkan terjadinya vakum.

Sebaliknya, jika tekanan atau temperatur mesin menurun, maka vakum tersebut akan menghisap air radiator kembali. Jadi, Kamu tidak perlu panik saat volume air pada radiator berkurang. Perlu diketahui bahwa batas aman volume air pada radiator adalah pada kondisi di tengah-tengah indikator full dan low. Jadi, lakukan pengecekan volume air pada radiator secara rutin agar temperatur mesin mobil Kamu tidak terjadi overheat.

·         Kuras Tangki Radiator

Salah satu cara perawatan radiator agar selalu dalam keadaan bersih adalah dengan cara menguras atau membersihkan tangki radiator mobil Kamu secara rutin. Menguras tangki radiator bertujuan agar tangki terhindar dari korosi pada komponen-komponen yang berasal dari bahan logam.

Hal ini biasanya terjadi karena korosi yang mengalir melalui lubang-lubang khusus pada silinder head (tempat yang berfungsi untuk menjaga temperatur mesin). Untuk menguras tangki radiator mobil, Kamu dapat melakukannya–minimal–dalam interval dua minggu sekali. Dengan membersihkan tangki radiator secara rutin, temperatur mobil Kamu akan bisa terjaga dengan baik dan terhindar dari masalah yang umumnya terjadi yaitu overheat pada temperatur mesin.

·         Hindari Pakai Air Keran

Poin di atas sejatinya sudah menjelaskan alasan Sahabat Garasi harus menghindari pemakaian air keran pada radiator mobil. Air keran memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat berdampak pada terjadinya korosi pada tangki radiator mobil. Tentu saja hal ini cukup beresiko tinggi untuk menjada kualitas radiator mobil Kamu.

Air radiator tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin, namun juga sebagai pencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Maka dari itu, hindari pemakaian air keran.

·         Gunakan Air Radiator

Jika harus menghindari pemakaian air keran, maka solusi utama dalam menjaga radiator mobil adalah dengan menggunakan radiator coolant. Selain memang dikhususkan untuk menjaga temperatur mesin mobil, radiator coolant berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangki radiator. Biasanya, penggunaan radiator coolant harus disesuaikan dengan jenis mesin mobil Kamu.

Untuk itu, beberapa produsen mobil memberikan rekomendasi radiator coolant yang cocok untuk mobil Kamu.

·         Jangan Lupa Tutup Radiator

Inilah gunanya setelah melakukan pengecekan radiator, pembersihan tangki radiator, dan pengisian radiator coolant, jangan sampai lupa bahwa tutup radiator adalah komponen penting untuk menjaga sistem kerja yang baik pada radiator. Pastikan tutup radiator tertutup dengan rapat sehingga cairan radiator coolant tidak bocor saat menahan temperatur mesin yang panas.

Selain tutup radiator, beberapa hal penting juga harus dilakukan pengecekan terakhir untuk memastikan sistem radiator mobil Kamu telah terjaga dengan baik. Sebut saja, saluran air radiator dan reservoir atau tabung cadangan air pada radiator. Karena hal-hal kecil seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang.

Karena pentingnya fungsi dari radiator mobil, maka sudah sepatutnya Kamu melakukan perawatan secara baik.

 Gara-gara Komponen Ini Rusak, Mobil Kamu Bisa Overheat Lho!


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil yang terdampak banjir, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Roadtrip Harmoni dengan diskon jasa servis hingga 50%. Promo ini berlaku mulai 1 April 2022 hingga 16 Mei 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 07 Apr 2022 | 15:11 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilotomotifservisberkalaperawatanmobil