Korek api
Korek api

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

02 Des 2020 | 13:58 WIB

Sebagian besar pengemudi mobil khususnya pria merupakan perokok aktif, apalagi kalau pekerjaan mereka memang seorang driver atau pengemudi. Tentu untuk menyalakan sebatang rokok Sahabat harus menggunakan sebuah korek, baik korek batang ataupun korek gas yang selalu siap sedia ada di saku atau di mobil.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Namun ketika akan mengemudi, kebanyakan kebiasaan dari driver ataupun kita sendiri yang perokok adalah memindahkan korek dari saku ke dashboard mobil. Hal ini memang terlihat biasa dan sederhana, tetapi ternyata kebiasaan ini sangat berbahaya bagi kita karena berpotensi memicu terjadinya ledakkan. Tentu saja kita jarang menemukan kejadian ini namun bahaya tersebut bisa saja mengintai jika kita menaruh korek gas di dashboard mobil. Hal ini dapat terjadi karena korek yang diletakkan di dashboard mobil langsung terpapar sinar matahari langsung, apalagi korek tersebut jenis korek api gas. 

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Seperti yang dilansir di otomotif gridoto,  Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, meskipun korek api gas memiliki bentuk yang kecil, tapi bisa jadi berbahaya.

"Korek api gas, ditaruh di tempat yang terkena panas matahari. Jika sudah begitu, lama-lama korek gas bisa pecah dan bisa jadi sumber kebakaran," jelasnya.

Ia melanjutkan, tempat yang biasa terkena panas seperti di dekat jendela dan juga di dashboard. "Apalagi korek gas yang jelek, yang tembus pandang. Kalau sudah pecah itu bisa jadi sumber api," ucapnya.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Bisa ditarik kesimpulan kejadian ini terjadi ketika mobil dalam keadaan mati begitupun dengan AC ditambah lagi kaca-kaca mobil tertutup, ini dapat menaikkan suhu didalam kabin. Gas yang sifatnya sensitif terhadap api dan juga suhu yang panas langsung bereaksi, sehingga menimbulkan ledakkan pada korek gas. Selain itu hal yang dikhawatirkan ketika membawa masuk korek khususnya korek gas ke dalam mobil adalah terjadinya kebocoran pada gas. Bayangkan ketika semua pintu dan kaca tertutup kemudian terjadi kebocoran pada korek gas, maka gas tersebut akan memenuhi ruangan kabin mobil. Jika sedikit saja ada gesekan ataupun percikan disekitar mobil maka hal terburuk bisa saja terjadi.

Bahaya merokok di dalam mobil

Kebiasaan menghisap rokok di dalam kabin mobil sambil berkendara bisa dapat membahayakan orang lain serta mencemari kabin mobil dari zat-zat negatif yang dihasilkan oleh asap rokok. Apalagi jika pemilik mobil tidak membersihkan kabin dengan perawatan intensif secara rutin atau menghentikan perilaku merokok di dalam mobil tersebut.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Walaupun kamu merokok dengan membuka kaca jendela, asap rokok tetap masuk dan mencemari kabin loh. Artinya aktivitas merokok di dalam mobil sudah pasti menyisakan bekas zat-zat yang dikandung dari asap rokok seperti menempel di area area seperti jok, tuas persneling dan tentunya membuat kotor seluruh interior kabin mobil.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Zat beracun itu rentan masuk ke dalam tubuh penumpang mobil lewat saluran pernapasan, atau menempel di kulit. Volume polutan akan terakumulasi setiap pengendara dan penumpang merokok di dalam mobil. Semakin sering mobil dijadikan tempat merokok, semakin cemar udara dan komponen di kabin mobil.

Aturan merokok di dalam mobil

Tahukah kalian bahwa selain pemotor, pengendara mobil juga bisa ditindak bila melakukan hal-hal yang mengganggu konsentrasi berkendara seperti merokok. Hal tersebut tertuang di Pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Namun memang, larangan pengendara mobil untuk tak merokok saat mengoperasikan kendaraan tidak dipertegas sebagaimana pemotor dalam Permenhub No 12 Tahun 2019. Tetapi untuk menjaga konsentrasi kita alangkah baiknya kita tidak merokok di dalam mobil karena bisa menggangu konsentrasi mengemudi apabila bara rokok jatuh atau hal-hal lainnya. Selain itu, merokok di dalam mobil juga bisa menyebabkan filter AC dan kabin bau lho. Jadi yuk kita jaga kebersihan mobil kita agar selalu aman dan nyaman saat digunakan.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Des 2020 | 13:58 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil