Tidak merokok di dalam mobil dapat mengurangi polusi selain polusi yang dikeluarkan oleh asap knalpot
Merokok sambil menyetir dapat membuat fokus kamu terbagi

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

23 Agt 2019 | 15:01 WIB
BAGIKAN

Sebagian besar pengemudi mobil khususnya pria merupakan perokok aktif, apalagi kalau pekerjaan mereka memang seorang driver atau pengemudi. Tentu untuk menyalakan sebatang rokok Sahabat harus menggunakan sebuah korek, baik korek batang ataupun korek gas yang selalu siap sedia ada di saku atau di mobil.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Namun ketika akan mengemudi, kebanyakan kebiasaan dari driver ataupun kita sendiri yang perokok adalah memindahkan korek dari saku ke dashboard mobil. Hal ini memang terlihat biasa dan sederhana, tetapi ternyata kebiasaan ini sangat berbahaya bagi kita karena berpotensi memicu terjadinya ledakkan. Tentu saja kita jarang menemukan kejadian ini namun bahaya tersebut bisa saja mengintai jika kita menaruh korek gas di dashboard mobil.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Hal ini dapat terjadi karena korek yang diletakkan di dashboard mobil langsung terpapar sinar matahari langsung, apalagi korek tersebut jenis korek api gas. 

Seperti yang dilansir di otomotif gridoto,  Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, meskipun korek api gas memiliki bentuk yang kecil, tapi bisa jadi berbahaya.

"Korek api gas, ditaruh di tempat yang terkena panas matahari. Jika sudah begitu, lama-lama korek gas bisa pecah dan bisa jadi sumber kebakaran," jelasnya.

Ia melanjutkan, tempat yang biasa terkena panas seperti di dekat jendela dan juga di dashboard. "Apalagi korek gas yang jelek, yang tembus pandang. Kalau sudah pecah itu bisa jadi sumber api," ucapnya.

Bisa ditarik kesimpulan kejadian ini terjadi ketika mobil dalam keadaan mati begitupun dengan AC ditambah lagi kaca-kaca mobil tertutup, ini dapat menaikkan suhu didalam kabin. Gas yang sifatnya sensitif terhadap api dan juga suhu yang panas langsung bereaksi, sehingga menimbulkan ledakkan pada korek gas. Selain itu hal yang dikhawatirkan ketika membawa masuk korek khususnya korek gas ke dalam mobil adalah terjadinya kebocoran pada gas.

Hai Perokok, Korek Api Gas Bisa Meledak di Dalam Mobil

Bayangkan ketika semua pintu dan kaca tertutup kemudian terjadi kebocoran pada korek gas, maka gas tersebut akan memenuhi ruangan kabin mobil. Jika sedikit saja ada gesekan ataupun percikan disekitar mobil maka hal terburuk bisa saja terjadi.

Bagi Sahabat yang merokok janganlah meletakkan korek di atas dashboard apalagi kalau sampai kita tinggalkan di dalam mobil demi keamanan. Jikalau memang sudah terbiasa dibawa, pilihlah korek yang memang sudah terpercaya jangan membeli yang abal-abal. Letakkan korek anda ditempat yang aman dan terhindar dari paparan sinar matahari serta jangan meninggalkan korek didalam mobil ketika sedang terparkir. Selain itu kurangi untuk merokok di dalam mobil karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan membahayakan kesehatan.

Foto: Garasi.id



Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 23 Agt 2019 | 15:01 WIB
BAGIKAN