Asap rokok dapat membahayakan orang sekitar kita
Biasakan untuk tidak merokok di dalam kabin mobil

Bahaya Merokok di Dalam Mobil

21 Jun 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN

Kebiasaan menghisap rokok di dalam kabin mobil sambil berkendara bisa dapat membahayakan orang lain serta mencemari kabin mobil dari zat-zat negatif yang dihasilkan oleh asap rokok. Apalagi jika pemilik mobil tidak membersihkan kabin dengan perawatan intensif secara rutin atau menghentikan perilaku merokok di dalam mobil tersebut.

Bahaya Merokok di Dalam Mobil

Walaupun kamu merokok dengan membuka kaca jendela, asap rokok tetap masuk dan mencemari kabin loh. Artinya aktivitas merokok di dalam mobil sudah pasti menyisakan bekas zat-zat yang dikandung dari asap rokok seperti menempel di area area seperti jok, tuas persneling dan tentunya membuat kotor seluruh interior kabin mobil.

Zat beracun itu rentan masuk ke dalam tubuh penumpang mobil lewat saluran pernapasan, atau menempel di kulit. Volume polutan akan terakumulasi setiap pengendara dan penumpang merokok di dalam mobil. Semakin sering mobil dijadikan tempat merokok, semakin cemar udara dan komponen di kabin mobil.

Seperti dilansir di kompas health, Sejak 1 Oktober 2015, Inggris telah memberlakukan larangan merokok dalam mobil yang membawa penumpang anak-anak atau di bawah usia 18 tahun. Aturan tersebut tentunya dibuat bukan tanpa alasan. Direktur Kebijakan Action on Smoking & Health, Hazel Cheeseman, mengatakan, aturan perundang-undangan tersebut dibuat untuk melindungi anak-anak sebagai perokok pasif di mobil yang bisa terkena dampak buruk asap rokok. Dibuatnya peraturan ini didukung oleh sejumlah penelitian yang menunjukkan bahaya paparan asap rokok ketika anak-anak berada dalam satu mobil dengan orang yang merokok, bahkan meskipun jendela mobil dibuka saat merokok.

Keadaan interior yang dipenuhi polusi dari asap rokok akan sangat sulit dibersihkan. Ketidaknyamanan dan bahaya dari zat beracun akan terus mengintai penumpang mobil secara perlahan dari seringnya aktivitas berkendara. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi pembeli mobil bekas yang sebelumnya digunakan oleh perokok berat. Oleh karena itu, bagi para perokok yang mencintai keluarga, sahabat, anak, cucu berhentilah merokok di dalam mobil, selain baunya susah dihilangkan bisa jadi sarang penyakit juga loh.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 21 Jun 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN