Torsi dan tenaga mobil
Beda Torsi dan Tenaga

Cari Tahu Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

23 Okt 2020 | 15:26 WIB

Setiap kali hendak membeli mobil, Sahabat pasti pernah membaca tentang spesifik produk yang mau dibeli. Baik di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, Sahabat pasti kerap menemukan istilah tenaga (power) dan torsi. Namun, sebenarnya, apa sih maksud kedua kata tersebut? 

Cari Tahu Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan  power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan. Atau bisa dengan mudah diartikan power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak. Kamu juga bisa membaca Sistem Cylinder Deactivation pada Mesin, Kamu Harus Tau.

Rumus pencarian tenaga dan torsi berbeda

Rumus pencarian dalam mencari torsi dan tenaga itu berbeda Sahabat. Rumus untuk mencari torsi pada mobil dihasilkan dari proses perkalian antara gaya dan jarak. Lebih jelasnya adalah sejauh mana jarak yang bisa ditempuh dengan gaya dapat dihasilkan untuk melakukan suatu dorongan. 

Cari Tahu Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Sedangkan rumus untuk mencari sebuah daya atau tenaga didapat dari hasil perkalian antara torsi dengan rpm. Artinya adalah ketika sedang melakukan sebuah gaya, maka akan menghasilkan nilai tertentu. Nilai inilah yang dinamakan sebagai kecepatan, sehingga secara sederhana kedua hal ini sangat berkaitan. Semakin cepat torsi yang dihasilkan dan menggunakan gaya sama, maka besar pula hasil dayanya.

Jadi, apabila Sahabat memiliki mobil dengan kecepatan torsi yang besar, maka ketika melaju di jalanan akan lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan yang lain.

Adanya perbedaan satuan

Perbedaan selanjutnya dari tenaga dan torsi adalah memiliki satuan yang berbeda. Satuan yang menunjukkan torsi menggunakan Newton (N) atau Kilogram meter (Kgm). Sedangkan satuan untuk menunjukkan tenaga atau daya adalah menggunakan satuan Horsepower (HP) atau PS.

Tiap mobil tidak sama besaran torsi dan tenaganya

Perbedaan selanjutnya adalah tidak semua jenis mobil memiliki besaran yang sama pada torsi dan tenaganya. Jika Sahabat ingin membeli sebuah mobil balap, maka kendaraan tersebut sangat membutuhkan tenaga besar agar kecepatan yang dihasilkan juga tinggi.

Cari Tahu Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Apabila Sahabat ingin membeli sebuah mobil komersial, kendaraan tersebut sangat memerlukan torsi yang besar. Hal tersebut dikarenakan mobil komersial pasti akan membawa muatan yang tidak sedikit.

Torsi bisa dimanipulasi sedangkan tenaga tidak

Hal selanjutnya untuk menjelaskan bahwa torsi dan tenaga itu berbeda adalah dari hasil yang didapatkan. Nilai dari sebuah putaran atau torsi itu bisa diubah dengan menggunakan sebuah alat bernama girboks. Jadi, nilai dari torsi bisa semakin naik apabila dipengaruhi dengan gigi rasio.

Cari Tahu Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Akan tetapi tenaga torsi tersebut tidak bisa dimanipulasi oleh apapun. Jadi, kecepatan dari torsi itu sangat bergantung dari dorongan yang dihasilkan oleh mesin. Lebih mudahnya seperti ini, ada sebuah kendaraan memiliki nilai torsi sebesar 50 pound feet dan gigi rasio sebesar 3,0.

Maka torsi yang dihasilkan adalah tinggal dikalikan saja dan hasilnya adalah 150 pound. Akan tetapi angka tersebut masih bisa dimanipulasi, sehingga hasilnya mungkin saja mencapai tiga kali lipat lebih dari semula.

Peran penting torsi dan tenaga di kendaraan 

Masih banyak masyarakat di sekitar yang belum sepenuhnya memahami tentang pengertian torsi dan perbedaannya dengan tenaga. Torsi lebih banyak memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang dalam keadaan diam bisa bergerak.

Cari Tahu Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Torsi ini berawal dari adanya sebuah ledakan tenaga yang terjadi di ruang bakar pada mesin. Setelah itu tenaga yang dihasilkan akan tersalurkan menuju roda gila, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Sehingga lama kelamaan roda tersebut pun akan mulai bergerak.

Secara sederhana, pengertian terkait apa itu torsi sangat mempengaruhi performa dari mesin mobil. Sedangkan untuk tenaga akan memiliki peran ketika mobil tersebut sudah mulai bergerak. Semakin cepat mobil melaju maka tenaga yang dihasilkan pun pasti besar atau tinggi.

Tinggi rendahnya tenaga yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh waktu. Misalnya sebuah roda berputar tiap menit, maka ada sebuah tenaga yang dihasilkan agar kendaraan tersebut bisa berjalan dengan kecepatan tertentu. Jadi torsi dan tenaga tersebut memiliki keterkaitan untuk performa kendaraan.

Torsi dihasilkan lebih dulu dibandingkan dengan tenaga

Pengertian torsi bisa dipahami sebagai sebuah gerakan berupa dorongan yang terjadi di ruang pembakaran pada mesin. Lalu, perbedaan yang paling menonjol dari dua hal tersebut adalah torsi lebih dahulu dihasilkan dibandingkan dengan tenaga.

Ini dikarenakan torsi memiliki peran ketika sebuah mobil masih dalam posisi diam. Dengan adanya ledakan di ruang pembakaran pada mesin, sehingga akan menghasilkan sebuah gaya yang disalurkan ke roda sampai bergerak.

Setelah bergerak pengemudi harus membuat mobil tersebut melaju dengan cepat dan kencang. Dalam hal ini tenagalah yang memiliki peran penting. Jadi jika Sahabat melihat sebuah mobil melaju sangat kencang, itu berarti tenaganya yang diberikan juga besar.

Tanpa torsi besar, tidak akan dihasilkan tenaga yang besar

Penjelasan mengenai apa itu torsi sepertinya masih suka diperbincangkan oleh masyarakat umum. Banyak yang mengira bahwa performa kendaraan itu dihasilkan dari tenaga yang besar. Semakin besar tenaga, maka performa kendaraan juga pasti memiliki nilai lebih di mata masyarakat.

Oleh sebab itu, jika Sahabat menginginkan sebuah kendaraan yang memiliki laju cepat atau besar harus memperhatikan nilai yang dihasilkan dari torsi mobil tersebut. Sebab tanpa pengaruh dari torsi yang dihasilkan, maka sebuah kendaraan tidak akan dapat melaju dengan sempurna.

Nilai dari torsi yang dihasilkan pada ruang pembakaran di mesin memiliki peran paling penting dalam sebuah kendaraan. Jika mobil tidak bisa menghasilkan torsi yang besar, laju kendaraan pun akan menjadi lambat atau tidak cepat.

Nah Sahabat, itulah penjelasan tentang perbedaan torsi dan tenaga di kendaraan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sahabat. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 23 Okt 2020 | 15:26 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilbedatorsidantenagagarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family