Merawat AC Mobil
AC mobil

Hati-hati, AC Mobil Kotor Bisa Bikin Pengendara Keracunan

24 Jul 2020 | 11:34 WIB

Filter udara dan AC menjadi salah satu komponen mobil yang harus diperhatikan. Filter udara yang kotor bisa membuat udara yang keluar juga kotor sehingga meracuni pengendara dan penumpang mobil.

Diberitakan The Sun yang dilansir dari laman Detik.com, beberapa mobil yang beredar di Inggris seperti Ford Fiesta, Volkswagen Polo, dan Toyota C-HR berpotensi untuk meracuni pengendara akibat partikel beracun dari filter udara yang kotor. Kamu juga bisa membaca Agar Debu Tidak Masuk Dalam Kabin Mobil

Hati-hati, AC Mobil Kotor Bisa Bikin Pengendara Keracunan

Racun tersebut cukup berbahaya karena pengendara bisa terkena asma dan masalah kesehatan lain. Dalam sebuah penelitian, Toyota C-HR misalnya hanya bisa mengusir 1 persen partikel beracun dalam filter udara sementara VW Polo 35 persen.

Mercedes-Benz bisa menyaring 90 persen udara kotor bahkan di kemacetan sekalipun. CEO Emission Analytics Nick Molden menyebut perusahaannya menemukan 57.000 partikel beracun di setiap 1 cm kubik udara di pinggir jalan. Itu berarti pengendara menghirup 28 juta partikel di setiap nafasnya kalau filter tak rajin dibersihkan. Kamu juga perlu membaca Matikan AC Sebelum Start Mesin, Perlukah?

"Hanya sedikit data yang diberikan ke konsumen soal barang yang mereka beli terutama soal mobil. Maka kalau kalian memiliki anak berpenyakit asma, kalian tidak bisa memastikan mobil yang kaliana beli bisa melindungi mereka," tutur Nick.

Tetapi agar hal di atas tidak terjadi, Sahabat bisa mencegah dengan melakukan perawatan AC ala pakar dan Garasi.id.

Merawat AC Ala Pakar

Setiap mobil memiliki set up yang berbeda-beda untuk melakukan perawatan terhadap AC. Rifat Sungkar membagikan sedikit tips simpel untuk merawat AC mobil agar tetap bekerja dengan baik dan memberikan kenyamanan kepada Sahabat, khususnya saat berkendara di bawah terik matahari.

"Satu hal yang pasti, jangan menyemprotkan minyak wangi ke AC. Oke untuk saat itu jadi harum, tapi setelahnya akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan jamur itulah yang justru akan menimbulkan bau tidak sedap di kabin mobil Anda," terang Rifat Sungkar yang dilansir dari laman detikOto.

Hati-hati, AC Mobil Kotor Bisa Bikin Pengendara Keracunan

Kemudian, satu tips lagi yang dapat Sahabat lakukan adalah untuk selalu memperhatikan evaporator AC pada saat mencuci mobil. 

"Ingat untuk selalu memperhatikan evaporator AC kendaraan Anda yang bentuknya mirip seperti radiator. Ini perlu dibersihkan secara menyeluruh, karena semakin bersih, udara yang disaring akan menyebabkan kabin menjadi semakin dingin dan tentu saja kenyamanan akan Anda dapatkan," ujarnya.

Namun jika hal tersebut sudah Sahabat lakukan namun AC terasa belum bekerja secara maksimal, jangan mencoba-coba dan melakukan kesalahan fatal. 

"Lebih baik Anda langsung bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan terhadap sistem AC kendaraan tersebut," pungkas Rifat.

Nah soal perawatan AC agar terhindar dari virus dan performa AC kendaraan tetap maksimal, Sahabat bisa mempercayakannya kepada Garasi.id. Di Garasi.id merawat AC dan perawatan mobil lainya bisa dengan layanan Home Service. 

Merawat AC Ala Garasi.id

Dengan membeli voucher Jasa dan Servis di Garasi.id, khusus Sahabat yang berada di daerah Surabaya dan sekitar, bisa mempercayakan perawatan AC mobil ke JDM Cleaning Surabaya dengan layanan Home Service dan dapatkan promonya. 

Segarkan udara dan hilangkan virus dengan JDM Cleaning Surabaya

Hati-hati, AC Mobil Kotor Bisa Bikin Pengendara Keracunan

Promo Interior Fogging untuk Surabaya dan sekitarnya:

  • Fogging Disinfectan: 150.000 menjadi 100.000
  • Fogging Disinfectan + Steam Sanitizer; 250.000 menjadi 150.000
  • Fogging Disinfectan + Premium Car Wash; mulai 400.000
  • Harga sudah termasuk layanan Home Service

Cleaner mengikuti SOP berikut :

  • Kondisi badan sehat dan fit, akan disterilkan terlebih dahulu sebelum bekerja
  • Menggunakan masker
  • Physical distancing
  • Menggunakan Handsanitizer/ hand wash.

Jadi nggak pakai report kan soal perawatan AC lewat Garasi.id. Buat Sahabat yang tertarik dengan layanan diatas, bisa langsung cek Promo Interior Fogging atau Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak promo lain yang menanti kamu di Garasi.id, buruan cek sebelum kehabisan!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 24 Jul 2020 | 11:34 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsandtrikmerawatacmobilhomeserviceJasadanServisPilihanAmanGarasiid