Ban Saat Genangan Air
Atasi Saat Kondisi Ban Aquaplanning

Hati-Hati! Kondisi Ban Aquaplaning Bisa Berujung Celaka

22 Agt 2019 | 15:01 WIB
BAGIKAN

Saat musim penghujan datang, genangan air di jalan sering terjadi. Namun jangan remehkan genangan air ini Sahabat Garasi. Sebab hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang bisa membahayakan banyak orang.

Maka dari itu diimbau untuk memperlambat laju kendaraan dan berhati-hati agar tidak terjadi aquaplaning.

Apa itu aquaplaning?

Aquaplaning atau yang biasa orang sebut juga dengan Hydroplaning, merupakan kondisi dimana ban mobil mengambang atau tidak benar-benar menyentuh permukaan jalan akibat ban mobil tidak mampu menepis genangan air.

Di ibaratkan seperti ban mobil berjalan di atas permukaan air, sehingga ban mobil kehilangan traksi penuh pada aspal, dan mampu menyebabkan mobil tergelincir.

Hal ini merupakan salah satu dari sekian banyak resiko berkendara pada saat musim hujan.

Hati-Hati! Genangan Bisa Bikin Kondisi Ban Aquaplanning Dan Berujung Celaka

Gerry Rosanto, Instruktur Senior Rifat Drive Labs menjelaskan bahwa aquaplaning adalah kondisi saat keadaan ban seolah mengambang.

"Mengambang karena air yang berada di alur permukaan ban terlalu banyak dan tidak dapat dibuang secara sempurna," kata Gerry melansir dari Otomania.com, beberapa waktu lalu.

Maka ban pun akan kehilangan traksi. Lalu bagaimana cara agar kendaraan tak mengalami aquaplaning?

"Usahakan posisi setir tetap lurus saat dalam pengereman, kalau posisi setir lurus mobil itu akan tetap lurus saat kehilangan traksi," ucap Gerry.

Hati-Hati! Kondisi Ban Aquaplaning Bisa Berujung Celaka

Selain posisi setir tetap lurus, usahakan jangan meng-counter setir secara tiba-tiba. Sebab, jika sudah understeer, apalagi kalau mobil tanpa ABS, maka akan sulit berhenti dan efeknya mobil bisa tergelincir.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 22 Agt 2019 | 15:01 WIB
BAGIKAN